Thu. Feb 9th, 2023

Bagi Anda yang baru ingin memulai usaha dan membutuhkan lokasi usaha yang strategis, tentu cukup pusing akan hal itu. Bila membangun kantor tentu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Lalu apa alternatifnya?

Anda bisa coba memilih virtual office Jakarta Barat yang menjamin pengeluaran lebih hemat dan legalitasnya resmi juga diakui. Seperti apakah virtual office Jakarta Barat yang akan direkomendasikan untuk Anda?

Virtual Office

Virtual office adalah layanan sewa perkantoran virtual atau non fisik yang menawarkan harga jauh lebih murah, fleksibel, dan alamat domisili yang legal serta strategis. 

Walaupun bersifat virtual, namun layanan kantor ini memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan kantor pada umumnya. Seperti adanya nomor telepon untuk kebutuhan bisnis, email bisnis, fasilitas untuk melakukan meeting, hingga pengurusan perizinan.

Perbedaan Virtual Office dengan Kantor Biasa

1.    Ruang kerja

Perbedaan yang paling signifikan antara Virtual Office dengan kantor konvensional adalah ruang kerjanya. Bila pada kantor konvensional anda akan memiliki ruangan dan terpaku pada satu tempat ketika bekerja, maka berbeda dengan virtual office. 

Sesuai dengan namanya, pada Virtual Office anda tidak memiliki ruang kerja nyata. Anda akan bekerja melalui komputer dan sejenisnya, sehingga memungkinkan anda mengerjakan pekerjaan dari manapun anda berada. 

2.    Biaya Pendirian

Dalam hal biaya pendirian, sudah jelas Virtual office menawarkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan kantor konvensional. Oleh karena itu, virtual office sangat diminati oleh perusahaan start-up hingga menengah. 

Sedangkan kantor konvensional membutuhkan biaya yang cukup tinggi karena ada banyak hal yang perlu dipenuhi. Seperti membeli atau menyewa tanah, membuat bangunan yang luas, hingga mengisi perabotan untuk kebutuhan kantor.

3.    Efisiensi Kerja

Efisiensi kerja antara virtual office dengan kantor konvensional juga berbeda. Virtual office tidak memiliki ruang kerja dan kantor untuk didatangi, sehingga karyawannya dapat bekerja dari mana saja dan kapan saja.  Dengan sistem kerja seperti ini, karyawan virtual office bisa melakukan berbagai aktifitas lainnya. 

Sedangkan di kantor konvensional, karyawan dituntut untuk mengikuti jam kerja yang telah ditetapkan dan datang ke ruang kerja yang telah disediakan. Hal ini membuat orang membutuhkan waktu lebih untuk perjalanan dan lain sebagainya.

4.    Kreativitas Kerja

Produktivitas karyawan meningkat saat menggunakan virtual office karena waktu uang fleksibel menjadikan seseorang dapat menelurkan ide-ide kreatifnya.

5.    Fasilitas

Pada kantor konvensional biasanya dilakukan penyesuaian antara fasilitas dan kebutuhan. Fasilitas yang tersedia juga dibatasi oleh anggaran, sehingga tidak jarang fasilitas kurang bagus atau bahkan tidak tersedia.

Virtual office mengedepankan pelayanan dan kepuasan pengguna. Fasilitas yang disediakan sangat lengkap dan sangat mendukung kegiatan perkantoran perusahaan dengan baik. Selain itu kualitasnya juga terjaga dan selalu dirawat dan diperiksa secara berkala, seperti di virtual office Jakarta Barat

By roket