Mon. Oct 3rd, 2022

Pakai Water Heater, Memanaskan Air Jadi Mudah

Water Heater atau biasa disebut dengan pemanas air merupakan alat untuk memanaskan air yang menggunakan termodinamika di atas suhu awal. Simple-nya, water heater adalah alat untuk memanaskan air.

Biasanya untuk mendapatkan air panas kita memasak sendiri menggunakan kompor atau  memanfaatkan air panas dari alam, kini tidak lagi seiiring berjalannya era modernisasi para pencipta alat alat canggih  membuatkan alat pemanas air atau water heater untuk memudahkan kita mendapatkan air panas yang diinginkan.

Umumnya water heater ini digunakan di tempat-tempat penginapan misalnya Hotel. Namun, sekarang rumah rumah biasa pun banyak yang menggunakan water heater untuk keperluan mereka sendiri.

Elemen water heater menggunakan macam macam sumber energi panas seperti water heater yang menggunakan listrik disebut water heater listrik, water heater menggunakan gas disebut water heater gas, water heater menggunakan panas dari Freon AC yang dibuang dan yang terakhir ada water heater yang menggunakan panas dari sinar mahahari disebut solar water heater.

Penggunaan water heater yang umum saat ini adalah water heater yang bersumber dari panas gas dan listrik yaitu Water Heater Gas dan Water Heater Listrik. Jadi kita tidak perlu lagi menggunakan kompor gas untuk mendapatkan air panas atau hangat untuk kebutuhan kita sendiri, disamping itu kita juga bisa menghemat gas dari kompor dan jauh lebih praktis dalam penggunaan dibanding dengan memasak air menggunakan kompor.

 

Fungsi dan Manfaat Water Heater

Siapa disini yang belum tahu fungsi dan manfaat  dari Water Heater? Baiklah untuk mengetahui fungsi dari water heater sendii mari kita ulas berikut ini.

Water Heater berfungsi mengubah air yang memiliki suhu normal menjadi panas atau hangat karena suhunya naik. Pada hotel water heater digunakan untuk mandi air hangat, sekarang tak hanya hotel namun rumah rumah kalangan menengah ke atas banyak yang menggunakan  water heater.

Tak hanya untuk mandi, water heater juga bisa digunakan untuk membuat minuman seperti kopi, teh, dan minuman hangat lainnya yang membutuhkan air panas.

Manfaat yang dirasakan ketika kita mengunakan water heater adalah :

1. Lebih hemat

Kalian pasti mengira bahwa menggunakan water heater akan menghabiskan biaya listrik yang cukup banyak. Padahal tergantung kapasitas tanki yang menampung semakin besar kapasitasnya maka semakin besar juga biaya yang dikeluarkan. Ada beberapa mesin water heater yang mempunyai kapasitas 30 liter sehingga lebih ideal untuk kebutuhan dirumah. 

Pada dasarnya water heater listrik tidak akan membuat tagihan listrik membengkak jika digunakan dengan baik dan efisien.

2. Aman untuk Bayi

Air hangat yang dihasilkan oleh water heater cenderung lebih aman dibandingkan air hangat yang menggunakan kompor gas. Water heater ini memiliki pelapis anti bocor serta keamanan yang berlapis untuk melidungi ketika pemanasan, sedangkan ketika kita menggunakan kompor gas, kompor sendiri tidak mempunyai pelindung anti bocor dan keamanan lainnya. 

3. Lebih Praktis untuk Persediaan Air Panas

Saat tubuh terasa penat dan pikiran sedang kusut mandi dengan air panas sangat terasa menyenangkan dan membuat badan terasa relax. Dengan adanya alat pemanas air membuat ketersediaan air menjadi mudah dan praktis. 

4. Meningkatkan Kualitas Hidup

Menggunakan air panas untuk mandi, maka kamu sudah melakukan satu langkah untuk hidup sehat, awet muda, dan terhindar dari penyakit. Menggunakan water heater lebih praktis dibandingan kamu memasak air menggunakan kompor.

Cara Menyalakan Water Heater 

  1. Cara utama ketika menggunakan water heater adalah dengan menyalakan dan mematikan water heater itu sendiri
  2. ketika water heater dalam keadaan baru sebaiknya ketika akan menggunakan bilas atau cuci dulu sebelum digunakan.
  3. Ketika sudah dibilas, selanjutnya tutup katup pembuangan dan isi tangki water heater. Ketika ingin menyalakan water heater pastikan sudah diisi penuh oleh air. 4.kemudian putar keran tempat air water heater berasal
  4. Tunggu hingga water heater stabil
  5. Lalu putar kearah tulisan ON untuk menyalakan dan pilih suhu yang diinginkan, tunggu beberapa saat hingga air sudah cukup hangat sebelum digunakan untuk kebutuhan.
  6. untuk mematikan water heater cukup dengan putar ke arah tulisan OFF. Pada water heater gas cukup tutup katup gas dan jika water heater listrik bisa dicabut stop kontaknya.

 

Berapa Lama Water Heater Panas ? 

Pada umumnya water heater ketika sedang dilakukan untuk memanaskan air berkisar antara 3 sampai 5 menit setelah dinyalakan.

Itulah Pengertian, Manfaat dan Fungsi, Cara Penggunaan, dan Informasi lainnya tentang Water Heater. Semoga artikel ini membantu kamu. Jika kamu ingin memasang water heater dirumah, kamu dapat menggunakan produk water heater dari Handal Water Heater.