Tue. Dec 6th, 2022

Tahukah Anda, penggunaan masker bedah dalam menghalau virus bisa jadi tidak efektif jika dipakai dalam kondisi rusak dan tidak higienis? Untuk menjaga fungsi, manfaat, dan efektivitasnya.

Sebaiknya surgical mask yang dibeli dari pabrik masker medis diganti secara berkala. Sayangnya, tidak semua orang memahami waktu terbaik untuk mengganti masker bedah yang dikenakan.

Sehingga masih ada beberapa pihak yang bahkan menggunakan surgical mask secara berulang-ulang. Padahal, ada risiko juga masker tersebut telah terpapar virus dan bakteri.

Kapan Harus Mengganti Masker Bedah?

Selama pandemi Covid-19, menggunakan masker khususnya masker bedah memang menjadi suatu hal yang wajib dilakukan dengan tujuan mencegah penyebaran virus. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat masker tidak layak untuk digunakan, sehingga perlu diganti dengan masker baru.

Apalagi, mengingat masker bedah bersifat disposable (sekali pakai). Meskipun masker yang digunakan adalah varian 3 lapisan, saat masker sudah dalam keadaan tidak bagus tetap harus diganti.

Dengan begitu, fungsinya dalam mencegah keluar dan masuknya virus semakin optimal.

Lantas, kapan waktu paling efektif untuk mengganti masker bedah? Temukan jawabannya di bawah ini!

1.   Telah Digunakan Lebih dari 4 Jam

Meskipun membeli surgical mask dari pabrik masker terbaik, namun produk tersebut tidak layak digunakan setelah dipakai lebih dari 4 jam.

2.   Terasa Lembab / Basah / Kotor

Saat melakukan aktivitas padat, terlebih lagi di luar ruangan, maka berpotensi membuat masker lembab dan basah karena keringat. Jika Anda mulai merasakan masker tidak nyaman digunakan karena hal tersebut atau surgical mask kotor terkena sesuatu, sebaiknya langsung diganti.

3.   Bagian Depan Masker Robek atau Talinya Longgar

 Jika tali masker mulai terasa longgar sehingga membuatnya sering melorot, itu merupakan tanda bahwa Anda harus segera mengganti masker.

4.   Masker Dibuka Ketika Minum dan Makan

Apabila masker terlalu sering dibuka saat melakukan aktivitas minum dan makan, dianjurkan agar diganti dengan produk masker baru.

Setelah mengetahui kapan waktu terbaik mengganti surgical mask, pastikan Anda hanya belanja di pabrik masker bedah berkualitas. Bagi Anda yang sedang mencari Pabrik masker bedah bandung dan sekitarnya, maka Medika Maesindo Global (MMG) bisa menjadi pilihan terbaik.

By roket