Mon. Oct 3rd, 2022

Pernikahan adalah hal sakral yang penyelenggaraannya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Berbagai persiapan perlu dilakukan sebelum melaksanakan acara besar tersebut, salah satu yang tidak boleh ketinggalan adalah undangan.

Sebelum masa pandemi, sudah menjadi hal yang lumrah jika orang memilih untuk mencetak undangan kemudian membagikannya secara langsung. Namun, tren kemudian berubah semenjak pandemi menyerang.

Orang-orang kemudian mulai beralih ke undangan digital karena dinilai lebih efektif dan efisien dibanding dengan undangan cetak atau konvensional. Tren ini juga didukung oleh mulai bermunculannya aplikasi undangan digital yang bisa diakses dengan sangat mudah. Lantas, apa saja kelebihan serta kekurangan dari undangan digital ini?

Kelebihan Undangan Digital

Sebuah tren memang akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Begitu pula dengan tren membuat undangan online atau undangan digital di masa sekarang ini.

Jika Anda masih bingung apa saja kelebihan dari undangan digital ini, berikut beberapa diantaranya:

1.      Lebih Simpel

Tidak bisa dipungkiri jika undangan digital memiliki kelebihan yakni lebih simpel jika dibanding dengan undangan konvensional. Anda tidak perlu repot mendatangi rumah tamu undangan satu persatu untuk mengirimkan undangan.

Undangan digital hanya perlu dikirim melalui WhatsApp atau sosial media mereka saja.

2.      Wadah Kreativitas

Jika Anda orang yang termasuk dalam kategori kreatif, maka menggunakan aplikasi undangan digital adalah pilihan yang tepat. Kenapa tidak, Anda bisa menggunakan imajinasi dan kreativitas yang Anda miliki untuk membuat sebuah undangan digital yang menarik. Bisa melalui permainan warna, desain, kata, hingga video yang sekarang memang sedang nge-trend.

3.      Hemat Budget

Kenapa dikategorikan hemat? Karena dengan membuat atau membayar satu desain saja, Anda bisa membagikan ke semua undangan melalui sosial media mereka.

Tentu sangat berbeda jika menggunakan undangan cetak yang harga ditentukan dari per satu cetakannya.

Kelemahan Undangan Digital

Selain kelebihan, undangan digital tentu juga memiliki kelemahan jika dibandingkan dengan undangan cetak atau konvensional.

1.      Dirasa Kurang Menghargai Tamu

Disadari atau tidak, menggunakan e-invitation memang dirasa kurang menghargai tamu. Sebagian orang akan berpikir jika Anda kurang ‘berjuang’ untuk meminta tamu undangan hadir dalam acaramu.

2.      Mudah Terlupakan

Jika pengiriman undangan melalui pesan singkat atau sosial media, tentu kecenderungan untuk terlupakan akan semakin besar. Kenapa? Karena pesan singkat kemungkinan akan ‘tergeser’ dengan pesan lainnya.

Tentu akan berbeda jika Anda mengirimkan undangan cetak, karena undangan tersebut nyata ada.

Baik undangan cetak atau e-invitation yang dibuat melalui aplikasi undangan digital memang memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Tergantung Anda mau memilih cara yang mana.

https://wedew.id/ merupakan sebuah jasa pembuatan undangan digital yang saat ini sedang naik daun. Jasa ini mampu melayani pembuatan undangan untuk ke berbagai macam keperluan mulai dari pernikahan dan pesta lainnya.

Harganya pun sangat murah terjangkau sehingga siapa saja dapat menggunakannya.