Sat. Oct 1st, 2022

Siapakah yang tidak tergoda dengan usaha rumah kontrakan? Usaha ini dapat memberi penghasilan pasif pada pemiliknya. Disamping itu, proses balik modal dari usaha ini cukup cepat.

Sebelum kita lanjut artikel tentang Tips Memulai Bisnis Kos-Kosan Agar Sukses & Untung, Sekedar kami info:

Bila anda berminat mendapatkan konsultasi gratis lebih lanjut mengenai optimasi digital marketing kunjungi website Jasa SEO

Kost sering diperlukan oleh pegawai dan mahasiswa yang jauh dari rumah. Penghasilan kost ialah ongkos sewa penghuni. Mereka dapat bayar dengan mekanisme bulanan, per semester, sampai /tahun. Jumlah penghuni yang dapat Anda tampung tergantung pada besarnya bangunan.

Selainnya penghasilan, kost pasti juga memerlukan ongkos operasional. Misalkan listrik, pajak, hal pemberian izin, sampai keamanan . Maka, mengurus usaha ini perlu penghitungan yang masak. Biaya sewa /bulan bergantung lokasi dan faktor ongkos di atas.

Apa Anda pun berminat untuk memulai usaha ini? Sesaat akan keluarkan biaya, sebaiknya Anda memerhatikan panduan mengawali usaha kost-kosan yang akurat. Janganlah sampai Anda lakukan beberapa kekeliruan fatal yang malah bikin rugi.

1. Lokasi yang Strategis

Bila Anda punya niat membuat sendiri rumah kontrakan, karena itu cari di lokasi yang vital. Misalkan dekat sama universitas, sekolah, lembaga pemerintah, atau perkantoran. Lokasi tanah yang ramai dan vital memang punyai harga yang mahal, tetapi harga sewa kosnya juga mahal.

Bila dana kurang cukup untuk beli tanah di lokasi benar-benar vital, Anda dapat berubah sedikit. Tetapkan radius dari sarana khalayak yang gampang dicapai oleh penyewa, misalkan jarak 2-3 km dari universitas. Karena sekarang ini telah ada ojek online, kost sedikit jauh juga tidak jadi masalah.

2. Proses Hal pemberian izin

Rumah kontrakan sekarang ini telah mempunyai peraturan khusus. Ketentuannya berlainan dengan tempat tinggal biasa. Anda harus bayar pajak setiap tahunnya. Disamping itu, rumah kontrakan harus juga didaftarkan ijinnya kepada pihak berkaitan. Anda harus juga pikirkan sekitar lingkungan.

Publikasikan gagasan pembangunan kost ke warga sekitaran. Janganlah sampai mereka terasa terusik dengan peralihan yang tiba-tiba. Bila Anda dapat minta ijin dan membangun jalinan baik, karena itu kehadiran kost akan makin nyaman.

3. Proses Pembangunan/Jual Membeli

Bila tanah telah didapatkan, karena itu Anda dapat lakukan proses pembangunan kost. Tetapi, yakinkan hal pemberian izin telah komplet. Anda dapat membuat rumah sama sesuai RAB. Bila tidak mungkin, minta kontribusi arsitek atau kontraktor untuk hitung RAB dan kerjakan prosesnya.

Bila Anda akan beli rumah kontrakan yang telah ada, yakinkan surat-suratnya terang. Janganlah sampai beli rumah kontrakan yang tidak terang bukti SHM-nya, selanjutnya kerjakan proses jual-beli dan balik nama di muka notaris. Ini dapat meminimalkan rugi Anda di masa datang.

4. Kerjakan Penelitian Harga Sewa

Bila rumah kontrakan siap huni, kerjakan penelitian harga sewa. Anda dapat memeriksa berapakah harga sewa kost di wilayah itu. Biasanya setiap kost menetapkan biaya yang lain bergantung lokasi dan sarananya. Makin bagus bangunan dan sarana, karena itu harga dapat makin mahal.

Untuk kelas kost yang serupa, tidak boleh pasang harga yang terlampau tinggi. Upayakan untuk memasangkan biaya rerata di wilayah itu. Masalahnya semua pencarian kost pasti menimbang banyak lokasi dahulu saat sebelum putuskan akan pilih kost yang mana.

5. Tetapkan Sasaran Pasar

Rumah kontrakan mempunyai sasaran pasarnya sendiri. Ada kost murah untuk kelompok masyarakat kelas menengah ke bawah. Ada kost keluarga atau pasutri dan kost eksklusif yang ditarget untuk warga kelas tinggi. Semua kelas tentu mengarah sasaran yang lain.

Maka tetapkan ini sejak dari awalnya, karena sasaran pasar Anda pun terkait dengan beberapa poin bangunan. Misalkan letak kamar mandi, luas kamar, perlengkapan, alat electronic, sarana, sampai service kebersihan. Makin tinggi kelas kosnya, karena itu sarana yang didapat makin eksklusif.

Jumlah kost kelas biasa biasanya semakin banyak dibandingkan kost terbatas. Kost ini umumnya punyai lokasi cukup jauh dari sarana khalayak. Tetapi lokasinya berada di lingkungan perumahan yang elit, sedikit tenang, dan punyai akses mencukupi untuk mobil.

6. Denah dan Topik Kamar yang Unik

Rupanya denah dan topik kamar yang Anda rancang adalah panduan mengawali usaha kost-kosan yang perlu. Warga tentu pilih rumah kontrakan dengan design kamar unik. Apa lagi bila bentuknya berpenampilan minimalis dan instagramable. Anda dapat tarik ketertarikan mahasiswa dan karyawan.

Bikinlah design kamar yang memungkinkannya penghuninya bisa bebas bergerak. Janganlah sampai jalan penyambung/lorong kamar demikian sempit dan membuat penghuni tidak nyaman. Tetapkan di mana lokasi garasi/parkir motor penghuni.

7. Tersedianya Air

Air ialah keperluan harus untuk penghuni kost. Tersedianya air yang berlimpah dapat membuat penghuni kost nyaman dan tidak gampang berpindah. Berlainan bila Anda batasi akses airnya. Bila memungkinkannya, bikinlah sumur bor untuk penuhi keperluan kost.

8. Tersedianya Listrik

Jaman saat ini sebagian besar penghuni kost bawa barang electronic . Maka, Anda harus sediakan listrik dengan daya yang memenuhi. Minimal beberapa penghuni tidak alami kesusahan saat harus bekerja dengan alat electronic, seperti netbook dan handphone.

9. Sarana Simpatisan

Berikan sarana simpatisan untuk memancing ketertarikan calon penghuni. Misalkan seperti tv, service kebersihan kamar, laundry, catering makanan, minuman gratis, WiFi, dan lain-lain. Service tambahan berikut sebagai magnet saat Anda promo kost.

10. Kerjakan Promo/Iklan

Saat ini banyak warga yang manfaatkan internet untuk cari kost. Mereka tak lagi berkeliling-keliling hanya karena akan buang tenaga dan waktu. Program pencarian kost juga telah banyak. Anda harus juga bereksperimen memakai media digital itu.

11. Sarana Keamanan

Tingkat kriminalitas yang tinggi di kota besar membuat beberapa orang cari kost yang aman. Ada beberapa barang bernilai yang perlu ditangkap dalam kost . Maka, Anda juga harus mempersiapkannya. Misalkan dengan memasangkan pagar yang tinggi, duplikat kunci, kunci gembok, teralis kaca, dan sebagainya.

Kost terbatas umumnya mengaryakan perawat kost. Pegawai ini bekerja untuk jaga sekalian menjaga kost Anda. Jad, penghuni dapat berasa tenang karena ada orang yang bertanggungjawab saat mereka keluar untuk kerja/sekolah.

apakah anda ingin meningkatkan omset bisnis melalui internet Nasya digital ialah jasa digital marketing terbaik siap bantu dalam pengelolaan digital marketing bisnis anda.

By nasya