Wed. May 18th, 2022

Benar memang perlengkapan sound system ruangan yang ditawarkan Soundlab di atas untuk kebutuhan meeting dengan kemampuan audio yang menguatkan suara agar bisa lebih kencang. Namun tidak semua ruangan meeting bisa dipasangan perangkat Harga paket sound system ruangan rapat tersebut. Simulasi yang diterangkan diatas tidak bisa langsung diimplementasi karena banyak faktor.

 

Kondisi ruang

Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan memasang sound system ruang rapat adalah kondisi ruangan yang digunakan. Ini sangat berpengaruh penting dalam pemasangan kabel speaker. Perhatikan bentuk ruangan yang digunakan sebagai ruang rapat, apakah itu oval, bulat, atau kotak. Bentuk ruangan akan memengaruhi suara pantul yang akan didengar. Jika ruangan memungkinkan untuk suara terdengar, maka sound system ruangan tidak perlu yang memiliki daya besar.

Selain bentuk, luas ruangan juga menjadi pertimbangan saat akan melakukan pemasangan sound system ruang. Semakin besar dan luas ruangan rapat, maka suara yang terdengar semakin minimal atau kecil. Ruangan dengan atap yang tinggi juga memungkinkan timbulnya gema dari suara yang dihasilkan.

Pemasangan kabel pada perlengkapan sound system ruangan juga harus ditata sedemikian rupa agar tidak terjadi korsleting atau terlilit di kaki peserta rapat. Penempatan kabel harus rapi dan buat agar tidak terlihat.

Sebagai contoh, apabila operator mixer berada di depan meja utama dengan jarak kurang lebih lima belas meter atau lebih, bisa menggunakan snake cable untuk menghubungkan posisi microphone yang ada di meja serta menyambungkan mixer dengan masing-masing sound system. Dengan demikian, jumlah connector, jumlah input, jumlah speaker, daya dari amplifier, area jangkauan suara yang rata pada seluruh sisi ruangan dapat ditentukan dan dipasang.

 

Peralatan input dan jumlahnya

Setelah melihat kondisi ruang, selanjutnya adalah menentukan peralatan input dan jumlah yang dibutuhkan. Peralatan input untuk sound system ruangan biasanya berupa conference system, microphone wireless, DVD player, notebook, dan CD player. Peralatan ini bergantung kebutuhan saat rapat.

Jika memilih untuk menggunakan microphone conference pada setiap meja peserta, pastikan berapa jumlah yang dibutuhkan dan dipasang. Salah satu jenis microphone yang bisa digunakan adalah MC810&MC811 dari Soundlab Indonesia. Pemasangan sound system ruangan dari Soundlab sangatlah mudah karena hanya tinggal pasang dan gunakan.

Dengan kondisi ruangan yang sudah dipertimbangkan saat akan melakukan pemasangan sound system, selanjutnya bisa digunakan untuk menentukan letak speaker di ruangan rapat dan jenisnya yang cocok. Jenis dan letak speaker sangatlah menentukan pada hasil suara. Minimal, peserta harus ada pada jangkauan frekuensi 400Hz~4000Hz agar bisa mendengar suara dengan jelas.

 

Pastikan membeli sound system yang berkualitas

Distributor resmi yang melayani jual sound system ruangan adalah PT Soundlab Indonesia. Tak hanya sound system ruangan saja, namun juga untuk keperluan karaoke dan pro audio. PT. Soundlab Indonesia juga bukan sekadar jual sound system, tapi sekaligus melayani instalasi audio untuk klub, café, hall, hotel, restoran, kantor, dan tempat ibadah. Instalasi juga dilakukan oleh teknisi berpengalaman dan bersertifikat, sehingga dijamin aman.

By toha