Sat. Jun 25th, 2022
Tips Jogging yang Tepat Untuk Mendapatkan Manfaat Optimal

Ketika Anda ingin membangun dan memulai gaya hidup sehat sebagai bagian dari aktivitas, olahraga tentu menjadi salah satu bagian yang tidak boleh dilupakan. Ya, dengan berolahraga, maka metabolisme tubuh cenderung akan membaik dan kesehatan tubuh Anda pun secara tidak langsung akan lebih terjaga.

Nah, berbincang tentang olahraga, Anda bisa memilih jogging sebagai opsi olahraga yang dilakukan setiap hari. Dikenal sebagai olahraga gratis dan mudah dilakukan, jogging memiliki manfaat yang tentu tidak bisa dianggap sebelah mata.

Pasalnya, gerakan jogging yang dilakukan bisa menjaga kesehatan jantung dengan lebih baik. Tidak hanya itu, jogging pun bisa diandalkan untuk memperbaiki postur tubuh hingga mencegah stress berkepanjangan.

Untuk Anda yang ingin melakukan olahraga ini, ada beberapa tips mendasar yang perlu diperhatikan agar jogging yang Anda lakukan bisa berjalan dengan baik dan mendapatkan manfaat yang optimal.

Apa saja tips yang perlu diperhatikan terkait jogging? Simak ulasannya!

  • Pemanasan

Meskipun jogging tidak masuk dalam kategori olahraga yang berat dan susah dilakukan, namun pemanasan adalah hal yang tetap penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan pemanasan merupakan langkah awal dari jogging yang benar.

Secara umum, tujuan dari pemanasan adalah mempersiapkan otot untuk melakukan aktivitas. Tentu, dengan melakukan pemanasan sebelum jogging, maka artinya Anda juga mempersiapkan otot untuk melakukan aktivitas jogging tersebut. Hal ini penting agar risiko cedera yang mengintai karena jogging cenderung lebih minimal.

  • Menggunakan sepatu lari

Tidak dimungkiri bahwa jogging bisa dilakukan dengan sepatu apapun bahkan tanpa sepatu sekalipun. Namun, untuk alasan kenyamanan, ada baiknya jika Anda mengenakan sepatu yang didesain khusus untuk lari.

Mengenakan sepatu lari adalah opsi yang tepat. Pasalnya, secara umum, sepatu lari memiliki berat yang cukup ringan sehingga tidak akan membebani kaki ketika digerakkan untuk jogging. Selain itu, sepatu jogging juga dirancang secara khusus sehingga mampu memberikan perlindungan terutama pada bagian sendi agar tidak cedera saat berlari.

  • Melonggarkan badan

Ketika berlari jogging, hal yang perlu dilakukan adalah melonggarkan badan. Artinya, beberapa bagian badan seperti bahu, leher, kaki ataupun tangan harus dibuat rileks sedemikian rupa. Tentu saja, Anda harus mengatur kekuatan agar badan cenderung lebih stabil.

Ini adalah poin yang cukup penting untuk diperhatikan. Dengan badan yang cenderung longgar, maka tidak ada tekanan berlebih pada anggota badan. Nantinya, tentu, Anda akan mendapatkan kemudahan saat melakukan jogging dan juga terhindar dari risiko cedera.

Beberapa hal di atas adalah ragam tips yang perlu Anda perhatikan ketika hendak melakukan jogging. Sebagai tambahan, ada baiknya jika Anda tidak membungkuk selama jogging karena akan berpengaruh pada kondisi tulang belakang.

Nah, lakukan jogging dengan tepat sesuai dengan teknik yang disarankan untuk mendapatkan manfaat jogging yang lebih maksimal. Semoga bermanfaat.

By hary