Mon. Oct 3rd, 2022

IDN App - Berita & Hiburan Unduh Apk versi terbaru 6.28.1- com.idntimes. idntimes

Resep masakan khas Indonesia kali ini dikhususkan untuk lauk dengan prosedur masak termudah. Hanya membutuhkan bahan-bahan yang sederhana untuk menyulapnya menjadi pendamping makan siang sampai makan malam yang nikmat.

  1. Bergedel Tempe

Potong-potong dua papan tempe, kemudian haluskan, bisa dengan blender atau diulek. Iris tiga siung bawang putih dan dua batang daun bawang. Masukkan tempe halus dan bumbu pada wadah, lalu aduk dengan campuran penyedap rasa.

 

Tambahkan telur dan garam secukupnya. Bentuk bulat-bulat, lalu pipihkan atau sesuaikan dengan bentuk yang diinginkan. Kocok rata satu butir telur. Celupkan tempe ke dalamnya, kemudian goreng satu per satu sampai matang.

 

  1. Sarden Tongkol

Iris tipis dua siung bawang merah dan satu siung bawang putih. Potong kecil-kecil tujuh buah cabai rawit dan satu buah tomat. Panaskan sedikit minyak, lalu masukkan irisan bawang dan cabai.

 

Tambahkan potongan tomat dan tumis sampai layu. Masukkan dua lembar daun salam, seruas lengkuas, dan jahe. Tumis sebentar, kemudian tambahkan 500 ml air, beserta setengah sendok teh garam, empat sendok makan saus tomat, gula, setengah sendok makan kecap manis, dan kaldu jamur bubuk.

 

Masukkan lima potong ikan tongkol yang sudah direbus. Masak dengan api sedang sampai air meresap dan bumbu berkurang.

 

  1. Ayam Goreng

Siapkan satu batang serai yang telah dipotong menjadi tiga bagian, dua lembar daun salam, dan satu kilogram paha ayam. Masak dengan bumbu halus dan air 500 ml. Bumbui lagi dengan satu sendok makan garam dan penyedap rasa.

 

Dengan resep masakan khas Indonesia pada menu ini, ayam yang sudah matang bisa digoreng atau disimpan untuk persediaan lauk. Masukkan ke dalam wadah sebelum disimpan di kulkas.

 

  1. Tumis Buncis Wortel

Potong-potong 250 gram buncis dan satu buah wortel. Iris tipis satu siung bawang putih, dua siung bawang merah, dan cabai rawit. Siapkan sedikit udang rebon atau ebi yang dicincang halus.

 

Tumis bawang sampai harum, kemudian masukkan irisan cabai dan rebon. Potongan buncis dan wortel dimasukkan, bersama satu sendok teh garam, gula, dan penyedap rasa. Aduk rata dan masak dengan tingkat kematangan yang disesuaikan pada selera masing-masing.

 

  1. Sup Tahu Pedas

Blender satu buah tomat dan lima cabai merah keriting. Sembari menunggu, iris tipis dua siung bawang merah dan bawang putih. Potong satu bungkus tahu putih dengan bentuk sesuai selera.

 

Tumis bawang merah dan bawang putih sampai warnanya berubah keemasan. Masukkan tomat dan cabai, kemudian aduk sebentar. Masak sampai mendidih, lalu tambahkan 350 ml air.

 

Tambahkan setengah sendok teh kaldu bubuk, garam, dan gula. Masukkan tahu putih, lalu aduk sebentar sampai mendidih kembali. Potong tipis satu batang daun bawang untuk penyajian menu dari resep masakan Indonesia untuk lauk sederhana.

 

  1. Telur Orak-Arik Saus Tomat

Iris tipis satu batang daun bawang dan potong-potong dua buah tomat. Kocok dua butir telur dengan setengah sendok teh garam dan lada bubuk. Di wadah yang lain, campur satu sendok makan tepung maizena dan empat sendok makan air.

 

Panaskan minyak dan orak-arik telur, kemudian sisihkan sementara. Tumis potongan daun bawang dan tomat. Aduk sampai agak layu, lalu tambahkan garam, dua sendok makan saus tomat, dan adonan maizena. Masukkan telur orak-arik dan masak sebentar.

 

  1. Sup Tomat dan Telur

Iris tipis dan cincang kasar dua siung bawang putih dan potong memanjang satu batang daun bawang. Potong satu buah tomat dengan bentuk sesuai selera. Kocok lepas dua butir telur.

 

Tumis bawang putih sampai harum, lalu masukkan 300 ml air dan biarkan hingga mendidih. Tambahkan potongan tomat, daun bawang, penyedap rasa, lada bubuk, dan gula. Matikan api untuk sesaat dan masukkan kocokan telur.

 

Aduk perlahan dan angkat jika dirasa sudah matang. Berikan daun bawang dan taburan bawang goreng supaya terasa lebih nikmat.

 

Beberapa orang, bahkan berpendapat bahwa makan nasi dengan sambal hangat saja sudah nikmat, apalagi didampingi lauk dari protein yang diolah dengan baik dari resep masakan khas Indonesia kali ini. Jangan lupa selalu olah sajian terbaik untuk keluarga.

 

Referensi : IDN App

By sartika