Thu. Feb 9th, 2023

Sama seperti daerah lainnya di Jawa Tengah, daerah Muntilan, Magelang, juga menyimpan banyak destinasi wisata. Anda bisa menikmati destinasi wisata alam, sejarah, religi, dan budaya saat berkunjung ke daerah Muntilan, Magelang.

Agar tidak bingung, berikut rekomendasi destinasi wisata yang patut dikunjungi di daerah sekitar Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.

Museum Misi Muntilan

Museum Misi Muntilan Pusat Animasi Misioner (MMM PAM) atau lebih dikenal dengan Museum Misi Muntilan dibangun untuk mengenang perjuangan para tokoh Katolik Jawa.

Muntilan sendiri dikenal dengan julukan “Betlehem van Java” atau tempat kelahiran Tuhan di tanah Jawa. Kompleks yang terdiri dari gereja, sekolah katolik, hingga kesusteran masih bisa dijumpai di Jalan Kartini, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang.

Untuk menambah pengetahuan mengenai sejarah penyebaran agama Katolik melalui berbagai peninggalan di dalam Museum Misi Muntilan, Anda tidak akan dipungut biaya karcis.

Candi Ngawen

Destinasi wisata bersejarah yang wajib dikunjungi saat ke Muntilan adalah Candi Ngawen. Candi Ngawen merupakan candi bercorak agama Buddha. Candi ini  mempunyai bangunan candi kecil yang terdiri dari dua candi induk dan tiga candi apit.

Tidak hanya keindahan candi yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke sana. Anda juga disuguhkan keindahan persawahan dan pohon rindang yang ada di sekitar lokasi. Sehingga, udara di sekitar tempat wisata terasa begitu sejuk.

Objek wisata ini berada di Desa Gunung Pring, Kecamatan Muntilan. Anda bisa berkunjung mulai pukul 08.00 hingga 16.30 WIB. Harga tiket masuk ke lokasi wisata Candi Ngawen sebesar Rp. 3.000 per orang.

Makam Gunung Pring

Beralih ke destinasi wisata religi, terdapat Makam Gunung Pring yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Muntilan. Tempat wisata ini memiliki keindahan alam yang menarik. Sehingga, suasana wisata religi ini tampak begitu asri dan alami.

Di puncak gunung terdapat sebuah komplek makam milik Kraton Yogyakarta. Di sana, ada makam seorang wali dari tanah Jawa, Raden Santri, seorang putra dari Ki Ageng Pemanahan, dan masih banyak tokoh penting agama Islam lainnya.

Untuk memasuki wilayah komplek Makam Gunung Pring, Anda tidak akan dipungut biaya karcis. Anda hanya akan diwajibkan membayar biaya retribusi parkir untuk kendaraan.

Taman Seribu Cinta Muntilan

Taman Seribu Cinta Muntilan adalah salah satu destinasi wisata kekinian dengan spot foto yang instagramable. Anda bisa mengabadikan momen kebersamaan dengan teman, pasangan, maupun keluarga di spot-spot foto yang tersedia.

Tempat wisata ini mengusung konsep sederhana yakni panorama taman cantik berbentuk lambang cinta (love). Nuansa alam sekitar dengan pemandangan aliran air sungai membuat suasana menjadi begitu romantis.

Tempat wisata ini beralamat di Dangean, Gulon, Kec. Salam, Magelang, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuknya terbilang cukup ekonomis, yakni Rp. 5.000 per orang.

Javanica Park

Javanica Park merupakan destinasi wisata Muntilan yang menawarkan suasana khas Pulau Dewata. Hal ini bisa terlihat dari konsep bangunan yang menyerupai rumah pedesaan Bali.

Saat berkunjung ke Javanica Park, Anda bisa berfoto di spot foto yang tersedia. Anda juga bisa berenang dan bersantai layaknya di ‘Bali’.

Tempat wisata mirip Pulau Dewata ini beralamat di Jalan Javanica Nomor 8, Sabrangs, Kecamatan Muntilan. Harga untuk bermain air di tempat wisata ini adalah Rp. 3.000 per orang.

Berkeliling Muntilan menggunakan jasa travel menjadi salah satu alternatif pilihan bagi Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Jasa travel Semarang Muntilan akan memudahkan perjalanan wisata Anda berkeliling kota Muntilan.

Jasa travel Muntilan Semarang juga bisa Anda manfaatkan jika Anda berencana berwisata ke kota Semarang dari Muntilan.