Sun. Jun 26th, 2022

Sebagai seseorang yang berkecimpung dalam dunia konstruksi bangunan, tak ada salah untuk mengetahui proses pembuatan beton ready mix. Terlebih jika memang Anda tertarik terjun ke industri Batching plant atau pengelolaan beton. Berikut ulasan lengkapnya.

Proses Pembuatan Beton Ready Mix

Beberapa Proses Pembuatan Beton Ready Mix Untuk Proyek Besar

Salah satu alasan yang membuat harga ready mix tergolong mahal yaitu karena pengolahannya dilakukan secara profesional. Mulai dari penggunaan mesin canggih hingga para pekerja yang berpengalaman. Berikut beberapa proses pembuatan beton ready mix.

  1. Menyiapkan Bahan Material

Langkah pertama yang dilakukan dalam proses pembuatan beton ready mix sudah tentu menyiapkan semua keperluan bahan material. Mulai dari semen, pasir, krikil, abu batu hingga agregat dan lainnya. Pastikan bahwa masing-masing ya disiapkan sesuai kebutuhan.

Dalam memilih bahan material tentu tak bisa dilakukan secara sembarang. Diperlukan pemahaman khusus seperti mencari yang sudah berlabel SNI. Hal tersebut dilakukan guna menjamin kualitasnya. Terlebih, pahami juga mutu beton yang akan dibuat.

  1. Menaikkan Ke Pompa Beton

Sebelum Anda menaikkannya ke pompa beton atau Screw Pump, jangan lupa untuk menambahkan bahan pendukung lainnya. Seperti halnya FlyAsh ataupun Non FlyAsh. Sesuaikan jenis yang nantinya akan dibuat.

Jika sudah disiapkan semuanya, naikkan semen ke atas timbangan yaitu memakai screw Pump. Pada tahap ini, hitungan semen disesuaikan Design atau kebutuhan. Kemudian campurkan air berdasarkan takarannya, jangan sampai kurang ataupun lebih.

  1. Campurkan Agregat

Pada tahap terakhir setelah semen ditimbang dan ditambahkan air sesuai ketentuan, campurkan juga bahan agregat lainnya. Sesuaikan setiap material dengan takarannya masing-masing. Lalu barulah dipindahkan ke tempat lainnya menggunakan alat bantu.

Setelah dimasukkan ke dalam mixer, maka barulah air dimasukkan kembali lalu diaduk hingga merata. Pastikan bahwa takaran air sesuai dengan ketentuan kebutuhannya. Jika sudah, maka beton pun siap diantar ke lokasi proyek.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa proses pembuatan beton ready mix untuk proyek besar. Dengan Anda memahaminya tentu bisa menjadi lebih paham terkait industri Batching plant. Baik sebagai pekerja konstruksi bangunan ataupun ingin terjun ke bidang tersebut.

By doni