Tue. Dec 6th, 2022

Maag bisa kambuh kapan saja dan di mana saja. Sehingga apabila hal tersebut terjadi maka membuat tidak nyaman yang perlu untuk diatasi dengan segera. Maag sendiri dapat dipicu tanpa disadari yaitu karena mengonsumsi makanan yang pedas, rasanya yang terlalu asam, minum minuman bersoda, dan juga yang menyebabkan lambung mengalami asam lambung yang naik. Sehingga hal tersebut bisa dihindari terlebih dahulu agar maag tidak kambuh.

Apabila maag kambuh ditandai dengan beberapa gejala yang dipunyai. Seperti akan mengalami sakit di bagian perut utamanya di bagian atas perut atau di bagian lambung. Selain itu juga nyeri tersebut akan dirasakan setelah mengonsumsi makanan yang telah disebutkan atau juga ketika mengalami kenyang yang berlebihan setelah makan. Sehingga sebaiknya kontrol porsi makan yang akan dikonsumsi sewajarnya dan tidak berlebihan. Maag tersebut juga bisa mengalami gejala seperti kembung, mual, muntah, perih di perut, dan juga sering sendawa.

Ketika maag tersebut kambuh, beberapa pertolongan pertama mengatasi maag yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang dirasakan adalah dengan:

Pertama adalah bisa untuk mengonsumsi obat-obatan yang digunakan untuk menetralkan asam lambung. Pastikan untuk membawa obat yang bisa digunakan untuk mengobati gejala maag seperti antasida. Sehingga hal ini akan dapat menurunkan refluks asam lambung dan menyembuhkan maag yang kambuh.

Selanjutnya bisa untuk melonggarkan pakaian yang sedang dikenakan. Asam lambung yang naik juga bisa disebabkan karena pakaian yang terlalu ketat sehingga membuat perut yang tertekan.

Selanjutnya bisa untuk berdiri tegak sehingga membuat maag yang kambuh bisa lebih baikan. Posisi yang salah juga bisa membuat heartburn, sehingga bisa untuk mencoba posisi yang lebih tegak. Seperti ketika berbaring maka coba duduk atau bahkan berdiri sehingga bisa untuk membuat tekanan di sfingter esofagus dapat berkurang.

Terakhir dapat untuk minum campuran air dan baking soda untuk menetralkan asam lambung.

Selain pertolongan pertama mengatasi maag tersebut, cegah juga maag agar tidak sering kambuh dengan mengontrol berat badan tetap ideal, jangan tidur atau berbaring setelah makan, hindari minuman beralkohol, rokok, dan kafein, dan juga hindari makanan berlemak dan perbanyak makan buah dan sayur.

By roket