Thu. Mar 4th, 2021
permainan bekel

Permainan bekel merupakan permainan kuno yang pernah populer pada masanya. Permainan anak-anak ini umumnya dimainkan oleh anak perempuan daripada anak laki-laki. Bekel sendiri terdiri dari sebuah bola dan “cacah” atau anak bekel. Jumlah dari anak bekel itu sendiri sangat beragam, ada yang lima ada yang sepuluh biji.

Permainan bola bekel ini terkenal di kalangan anak usia Sekolah Dasar. Saat ini mungkin permainan bekel sudah jarang ditemukan. Karena kecanggihan teknologi yang berkembang amat pesat. Anak-anak yang dulunya bermain bekel, saat ini sudah beralih ke permainan online yang tersedia di gadget mereka masing-masing. Padahal, permainan bekel ini merupakan permainan tradisional yang juga perlu untuk kita lestarikan.

Sejarah Permainan Bekel

Sejarah permainan bekel belum diketahui pasti adanya. Namun, banyak orang mempercayai baha permainan ini sudah ada sejak dahulu kala. Namun, bedanya terletak pada alat yang digunakan. Pada zaman dahulu anak-anak hanya menggunakan material batu sedangkan sekarang sudah menggunakan bola dan biji cacah.

Manfaat Permainan Bekel

Manfaat dari bermain permainan bekel yaitu dapat melatih kecerdasan dalam menghitung, melatih kesabarananak, melatih saraf-saraf untuk bergerak lebih cepat, melatih kecepatan anak untuk berfikir, dan tentunya melatih perkembangan saraf motoric pada anak. Sangat beragam, bukan?

Pelaksanaan Permainan Bekel

Tata cara pelaksanaan permainan bekel sangatlah mudah. Selain itu, untuk mendapatkan alat-alat permainan bekel juga sangat mudah. Biasanya, toko mainan menjual bekel satu set lengkap dengan sebuah bola dan cacahnya, tetapi ada juga yang tidak demikian. Mereka menjualnya secara terpisah.

Langkah pertama adalah menentukan siapa yang akan bermain lebih dulu, biasanya akan dilakukan sebuah penyeleksian yang terkenal di kalangan anak-anak dengan nama “hompimpa”. Dari seleksi tersebut akan didapatkan pemenang dan dia yang akan bermain lebih dahulu.

Pemain yang mendapat giliran akan mulai melempar bola sambil tetap memegang cacah. Ketika bola melambung di udara, cacah akan disebar atau dilepaskan. Kemudian bola bekel yang memantul akan diambil dan pada lemparan kedua, pemain mengambil cacah satu per satu. Pemain dinyatakan gugur apabila bola tidak dapat digapai, cacah gagal diambil, dan apabila cacah bergeser dari tempat semula.