Peran Striker Dalam Sebuah Tim Sepak Bola

Sepak bola ialah tipe olahraga yang membutuhkan kolaborasi team agar bisa mencetak kemenangan. Kesempatan kemenangan akan makin besar bila team dapat bermain solid di tiap kompetisinya.

Menariknya, di sepakbola ada banyak status yang bisa dimainkan, seperti penjaga gawang, bek, pemain tengah bertahan, pemain tengah sayap, pemain sayap, serangan dan ada banyak kembali. Tetapi ini kali silahkan kita mengulas apa sich penyerang itu? Bagaimana pekerjaan penyerang atau striker itu perannya buat apa pada sebuah laga sepakbola?

Sama sesuai namanya, striker ialah status yang bekerja untuk serang gawang team musuh. Jika di dunia sepakbola, karena itu striker tengah bisa juga disebutkan penyerang. Striker adalah posisi pemain sepak bola yang sangat penting dan kerap kali menjadi sorotan. 

Pekerjaan khusus seorang striker terang untuk membobol gawang musuh. Karena sepakbola dimenangi dengan team yang cetak gol semakin banyak yang menang, karena itu terang pekerjaan seorang penyerang sangat penting.

Karena itu penyerang umumnya selalu di status kan paling depan atau terdekat dengan gawang musuh. Hal tersebut supaya gerakan mereka dapat  lebih dekat ke arah gawang lawan dan makin gampang untuk cetak gol.

Dengan tanggung jawab yang besar, karena itu striker harus mempunyai banyak hal untuk dapat tingkatkan permainan supaya lebih gampang cetak gol. Tiga hal tersebut kecepatan, tehnik, dan talenta. Tentu saja dua hal seperti kecepatan dan tehnik dapat dilatih, tetapi talenta ialah sebuah hal yang susah untuk diperkembangkan.

Jika striker dapat mempunyai tiga factor itu, karena itu dia menjadi striker hebat. Seperti yang kelihatan di diri Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, yang sekarang dapat disebutkan pemain depan terbaik sekarang ini, kemungkinan dalam riwayat sepakbola.

Walau demikian, status penyerang juga dapat terdiri berbagai macam. Seakan ada yang bernama striker tengah, semestinya Luis Suarez, Robert Lewandowski, Karim Benzema, Alvaro Morata, Olivier Giroud, Ronaldo Nazario, dan ada banyak kembali.

Pekerjaan striker tengah pasti sama juga, yaitu cetak gol. Tetapi, striker tengah atau yang dekat dipanggil penyerang itu juga bisa malah memberinya ruangan untuk pemain lain di teamnya. Dia menjadi pemicu supaya bek musuh cuman konsentrasi padanya.

Karena seringkali bermain dalam kotak penalti musuh, mak penyerang harus berkekuatan fisik yang kuat dan pintar dalam cari sela untuk menyepak bola. Ketepatan juga jadi hal yang perlu dipunyai oleh penyerang.

Lalu, selainnya penyerang ada pula pemain sayap atau wing-forward. Sama dengan namanya, striker di status itu bekerja jadi sayap yang bisa serang dari segi kanan atau kiri team musuh. Seorang wing-forward menjadi pembuat gol khusus, tetapi bisa juga sebagai pemberi umpan untuk penyerang khusus team.

Maka sebetulnya pekerjaan khusus penyerang untuk cetak gol. Tetapi, seorang mengembangnya sepakbola kekinian, penyerang dan pemain sayap juga juga bisa jadi dukungan supaya pemain lain dapat cetak gol.