Sat. Oct 1st, 2022

Garut sebagai salah satunya kabupaten di Jawa Barat yang berada di selatan Jawa. Garut juga dikenal sebagai lokasi yang mempunyai teritori pesisir pada bagian selatan yang bersebelahan dengan Samudra Hindia.

Oleh karenanya, Garut mempunyai beberapa Pantai yang memikat buat didatangi. Satu diantaranya ialah Pantai Pucuk Guha.
Pantai yang berada di Dusun Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini, bersisihan dengan Pantai Rancabuaya yang mempunyai jarak lebih kurang 3 km.

Pantai Pucuk Guha Garut

Pantai Pucuk Guha sebagai semenanjung kecil berbentuk tebing. Pantai ini disebutkan Guha karena di bawahnya ada gua kelelawar yang ditempati oleh beberapa kelelawar menghadap ke Samudera Hindia.

Pantai Pucuk Guha berlainan dari Pantai secara umum, karena Pantai ini berbentuk tebing yang berdiri tinggi membubung yang langsung bersebelahan dengan lautan terlepas.

Tetapi itu kekhasan yang dipunyai Pantai ini, karena Anda bisa nikmati panorama lepas pantai dengan capaian pandang yang luas. Tentu saja didampingi dengan suara deru ombak yang silih ganti dan bentrokan ombak dengan bebatuan tebing membuat situasi jadi lebih nyaman.

Pantai ini dapat menjadi lokasi yang pas untuk cari ide karena situasi-nya yang sunyi. Pantai ini bahkan juga pernah tertera dalam novel Perahu Kertas kreasi Dee atau Dewi Lestari, di mana figur Keenan berjumpa dengan figur Kugy.

Sebaiknya anda berkunjung Pantai ini ketika pagi atau mendekati sore, ini karena cahaya matahari akan memberi panorama yang cantik menarik.

Bentangan rumput hijau yang berada di Pantai Pucuk Guha membuat tempat ini benar-benar Instagramable dan pas sekali untuk habiskan waktu dengan nikmati embusan angin, panorama, dan situasi yang membuat anda nyaman.

Harga Ticket Masuk Pantai Pucuk Guha

Untuk harga ticket masuk Pantai Pucuk Guha, anda akan dikenai biaya Rp 5.000 per-orang. Pada harga ticket masuk yang lumayan murah, Anda bisa nikmati keelokan dari rekreasi Pantai di Garut ini.

Object Rekreasi Pantai di wilayah Garut Selatan memang lokasi yang paling pas untuk dapat berlibur dengan ongkos yang sedikit. Pantai ini dibuka tiap hari mulai pagi sampai mendekati malam, hingga Anda dapat bertandang ke sana kapan pun. Anda dapat bertandang ke sana baik pada pagi atau sore hari. Karena waktu itu yang terbaik untuk nikmati keelokan dari Pantai Pucuk Guha Garut Jawa Barat.

Jalur Ke arah Pantai Pucuk Guha

Perjalanan untuk ke arah Pantai ini dari kota Bandung atau Garut memang memerlukan perjuangan yang lumayan keras, dari kota Garut anda memerlukan waktu lebih kurang 3 sampai 4 jam perjalanan untuk dapat sampai di lokasi.

Pantai ini memiliki jarak lebih kurang 130 km dari Garut lewat Cikajang, dan memiliki jarak 90 km dari kota Garut lewat Bumbulang. Tentu saja anda dapat nikmati panorama pesisir Pantai selatan yang cantik melalui lajur ini.

Jalur ke arah Pantai Pucuk Guha yang pertama diawali dari kota Bandung, lalu ke arah Pangalengan. selanjutnya teruskan kea rah Rancabuaya sampai pada akhirnya di Pucuk Guha, lajur ini lebih direferensikan karena keadaannya telah bagus.

Bila Anda lewat lajur ini kemungkinan anda dapat berkunjung rekreasi lain didaerah Pangalengan seperti Situ Cileunca Pangalengan dan yang lain karena satu lajur.

Disamping itu, Anda bisa juga memakai jalur lewat kota Garut, ke arah kota Cikajang. Setelah tiba, lanjut ke arah Pamengpeuk. Selanjutnya, datang di Rancabuaya, sekitaran 2 km kembali anda selekasnya datang di Pantai Pucuk Guha.

Lajur ini direferensikan buat anda yang lebih dekat sama arah Garut atau Tasikmalaya. Disamping itu banyak juga ada lajur alternative, tetapi umumnya dengan keadaan jalan yang buruk.

Object Rekreasi di Pantai Pucuk Guha

Untuk anda yang merencanakan berekreasi ke Pantai Pucuk Guha, berikut beberapa hal yang bisa Anda dapatkan dan melakukan:

1. Goa Kelelawar

Sesuai namanya, pada Pantai Pucuk Guha ada Gua Kelelawar yang bisa disaksikan langsung salah satunya pintu masuknya. Di sore hari, anda akan melihat panorama kelelawar yang keluar Goa.

Hal inilah sebagai daya magnet tertentu dari tujuan rekreasi ini. Berbau dari kotoran kelelawar langsung akan menegur indra penciuman anda cuman dalam jarak 20 mtr. . Maka, dianjurkan buat anda bawa masker ya!

2. Gazebo

Di Pantai Pucuk Guha, anda bisa juga mendapati 2 gazebo yang menyengaja dibuat oleh pengurusnya. Anda dapat manfaatkan gazebo itu untuk istirahat dan santai nikmati embusan angin yang sejuk. Tetapi sayang gazebo itu cukup hancur, karena kurang jadi perhatian pengendaliannya.

3. Hunting Photo

Pantai Pucuk Guha benar-benar pas didatangi untuk anda yang hoby photografi. Bentangan rumput hijau dan tebing tinggi membubung membuat tempat ini menyuguhkan panorama yang paling cantik.

Spot terbaik bisa diambil di atas tebing batu langsung menjuru ke laut. Disitu ialah tempat terbaik untuk berpose atau foto selfie. Saat sore atau pagi hari, cahaya matahari akan memberi sinar dengan formasi yang cocok dan membuat panorama alam disekitaran Pantai ini lebih cantik. Pantai Pucuk Guha menjadi lokasi yang pas untuk menyaksikan sunrise dan sunset untuk Anda yang menyenanginya.

4. Tempat Camping

Bentangan rumput hijau yang luas kerap digunakan oleh pelancong yang tiba untuk kemping. Pantai ini sebagai lokasi camping yang bisa disebut benar-benar unik. Angin terhembus ciri khas Pantai akan temani anda bila lakukan aktivitas perkemahan di sini.

Menyaksikan sunset dan sunrise dari Pantai ini sebagai pengalaman yang patut untuk didapat. Bahkan juga pada malam hari saat cuaca ceria, anda bisa menyaksikan rangkaian bintang yang tentu saja bisa menjadi panorama yang paling cantik yang bisa anda cicipi.

5. Turing

Bila Anda memiliki perkumpulan/barisan dan merencanakan untuk melangsungkan turing, Pantai Pucuk Guha bisa menjadi satu diantara arah berkunjung anda. Aktivitas turing ke arah Pantai Pucuk Guha kerap dilaksanakan.

Beberapa dari barisan turing dari bermacam wilayah menarget Pantai ini sebagai salah satunya tempat berkunjung. Bisa menjadi pengalaman yang terkesan, dengan lakukan turing melalui bermacam tempat seperti Pangalengan, Cidaun, Rancabuaya, Pameungpeuk, Kaligua, Hira dan lain-lain.

6. Memancing

Untuk Anda yang suka memancing, Pantai Pucuk Guha mempunyai spot untuk lakukan aktivitas itu. Tetapi diperlukan usaha lebih buat ke arah spot itu.

Untuk rasakan pengalaman memancing di spot ini, anda harus mencapai spot yang lokasinya ada di bawah tebing. Anda harus juga waspada dan mengawasi kondisi ombak di Pantai ini, ingat Pantai di samping selatan Garut populer dengan ombak-nya yang kurang berteman
Itu pembahasan berkenaan rekreasi pantai Pucuk Guha Garut, Jawa Barat.

Jika kamu ingin bepergian bersama keluarga, kamu bisa menggunakan layanan sewa bus Jogja milik genjos holiday.com Sehingga kamu tidak perlu repot lagi memikirkan rute, harga tiket, dan lain-lain.

Pantai ini demikian memikat buat didatangi. Dengan keelokan dan kekhasan Pantai, karena itu lokasi ini pantas Anda untuk jadikan tujuan rekreasi selanjutnya.