Sat. Jun 25th, 2022

8 Cara Mudah Menghafal Asmaul Husna, Pertama Harus Bertahap

            Tentunya umat muslim sudah tidak asing jika mendengar kata Asmaul Husna. Ya, Asmaul Husna ini bahkan juga sudah mulai diperkenalkan kepada anak sejak mulai masuk sekolah. Tetapi sayangnya belum banyak yang memahami bahwa jika kita memahami kandungan Asmaul Husna dan artinya tersebut itu bisa kita gunakan sebagai cara agar doa kita lebih cepat dikabul oleh Allah SWT.

            Didalam Alquran pun sudah dijelaskan bahwa barangsiapa yang meyakini kekuatan doanya kepada Allah maka Allah akan memprioritaskan doa tersebut. Belum lagi ditambah jika saat berdoa kita memuji dan memanggil Allah dengan nama – nama baiknya didalam Asmaul Husna.

            Jika saat berdoa kita memohon dengan menggunakan nama – nama dan sifat baik Allah dalam Asmaul Husna maka itu artinya kita memang meyakini bahwa Allah memiliki sifat baik tersebut dan kita sebagai hambaNya yakin bahwa memang dengan segala sifat baik yang dimiliki oleh Allah maka tidak ada yang tidak bisa dikabulkan oleh Allah. Jika hal itu memang baik untuk kita maka pasti akan Allah berikan.

            Karena biar bagaimanapun Allah itu sangat suka jika hambaNya sedang berdoa dan memohon kepadaNya. Allah sangat menunggu momen – momen dimana hambaNya duduk dan memanggil dengan nama – nama baik Allah yang ada didalam Asmaul Husna. Itulah salah satu keadaan terdekat yang terjadi antara Allah dan hambaNya.

            Selain itu dengan memahami arti dari nama – nama baik Allah yang ada didalam Asmaul Husna ini juga membuat kita sebagai manusia yakin bahwa memang hanya Allah lah yang paling layak untuk disembah dengan segala sifat yang dimilikiNya. Dalam alquran pun menjelaskan bahwa :

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ       
Artinya : “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (mahlukNya)”

Dari potongan ayat alquran tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa memang Allah lah satu – satunya Zat yang Maha segalanya dan yang paling layak untuk disembah dan dijadikan tempat menggantungkan seluruh asa dan harapan kita. Di dunia ini bahkan di seluruh semesta Allah lah yang telah mengatur dengan sedemikian rupa agar kehidupan hambaNya tetap dapat berjalan.

Jadi sudah semestinya kita sebagai manusia lebih sadar bahwa ketika sedang mengalami hal yang dirasa sulit dalam hidup maka berdoalah dan memohon kepada Allah SWT, karena sesungguhnya Allah selalu menunggu hambaNya untuk datang dan memohon kepada Allah dengan segala kerendahan hatinya.

Salah satu contoh yang bisa anda lakukan ketika anda sedang mengalami kesulitan tentang memahami sesuatu yang baru, maka anda bisa berdoa sambil menyebut Allah dengan sebutan “Ya Aliim” yang artinya Yang Maha Mengetahui. Dengan panggilan tersebut kita memohon kepada Allah yang Maha Mengetahui dan Memahami segala hal untuk menolong kita memahami hal tersebut.

Hal – hal seperti itu yang mungkin terlihat sederhana dan mungkin kita sebagai umatNya juga lupa bahwa Allah memiliki sifat – sifat baik tersebut, padahal jika kita memanggil Allah dengan sebutan yang sesuai kebutuhan kita maka Insya Allah do akita akan lebih cepat dikobul.

Semoga kedepannya kita sebagai umat muslim sudah bisa lebih mengerti tentang apa yang terkandung didalam Asmaul Husna dan juga kekuatan yang ada didalam setiap sifat baik Allah tersebut.

 

 

By sartika