Thu. Mar 4th, 2021
Menjelajah Wisata Kuliner Surabaya yang Legendaris

Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan dan termasuk salah satu kota terbesar kedua. Sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia tidak bisa luput dari kota Surabaya. Nah tahukah Kamu bahwa selain wisata sejarah, juga bisa wisata kuliner Surabaya yang oke punya.

Jika Kamu berkunjung ke Surabaya, hampir setiap sudutnya terdapat jejak sejarah tempo dulu sebagai warisan para pejuang kita. Dengan semakin majunya peradaban, membuat Surabaya semakin banyak dikunjungi. Hal ini juga membawa dampak terutama pada kulinernya.

Tempat Wisata Kuliner di Surabaya

1. Sate Klopo Ondomohen

    Hidangan sate mungkin sudah terlalu biasa untuk disantap, namun bagaimana dengan sate klopo ini. Sate ini terbuat dari pilihan daging ayam, sapi, udah, usus, hingga sumsum yang dibakar seperti sate pada umumnya.

    Keunikannya adalah sebelum dibakar, sate ini diberikan bumbu dari kelapa sangrai. Irisan dagingnya cukup besar dan citarasanya lebih gurih. Satu porsi sate dibandrol dengan harga sekitar Rp 20.000. Penasaran, datanglah ke Sate Klopo Ondomohen di Jl Walikota Mustajab no 36 Ketabang.

2. Soto Lamongan Cak Har

    Soto yang satu ini sangat populer di Surabaya. Terletak di dekat kampus ITS, soto ini menjadi tujuan para penikmat kuliner. Kuah sotonya kuning segar dan aroma kaldu yang menggoda selera. Ciri khas soto ini adalah tambahan koya yang membuat rasa gurihnya semakin muncul.

3. Depot BU Rudy

    Indonesia memang kaya akan kulinernya. Contohnya adalah aneka masakan di depot bu Rudy ini. Menu andalan di tempat ini adalah nasi udang empal. Jika Kamu mencicipinya, pasti akan ketagihan karena nasinya yang pulen, empal yang empuk, serta udang goreng yang renyah.

    Jangan lupa untuk mencicipi sambal bawangnya. Jika Kamu pecinta pedas, cocok sekali bersantap di tempat ini. Selain menyajikan hidangan makan di tempat, Kamu juga bisa membeli aneka sambal kemasan yang bisa dijadikan oleh-oleh.

4. Es Krim Zangrandi

    Cuaca Surabaya yang cukup panas di siang hari, pasti membutuhkan asupan yang dingin agar hati juga tidak ikut panas. Kudapan yang pas Kamu nikmati adalah es krim. Surabaya memiliki kedai es krim yang legendaris. Namanya adalah Es Krim Zangrandi. Kedai ini telah buka dari tahun 1930.

5. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

    Lontong balap adalah kuliner khas Surabaya. Isiannya adalah tahu goreng, tauge, lontong, yang diberi bawang goreng, sambal, kecap, dan kuah yang segar. Jika Kamu suka bisa ditambah dengan sate kerang untuk menambah citarasa.

    Kuliner ini telah turun temurun dengan resep dan olahan yang sangat terjaga. Harganya pun sangat terjangkau dan porsinya cukup membuat perut kenyang. Lokasinya berada di Jl Kranggan no.60 Sawahan, Surabaya. 

6. Rawon Setan Mbak Endang

    Wisata kuliner selanjutnya adalah rawon. Siapa yang tidak kenal rawon. Hidangan dari campuran tauge dan daging sapi yang dimasak dengan bumbu hitamnya. Walaupun namanya rawon setan, namun rawon ini sama sekali tidak memiliki rasa pedas. 

    Dinamakan setan karena depot makan ini buka hanya pada malam hari hingga menjelang pagi hari. Kelezatan rawon ini semakin berpadu sempurna dengan aneka lauk seperti telur asin, tempe, perkedel kentang, atau empal. 

7. Bebek Sinjay

    Menu ini sebenarnya bukan asli dari Surabaya, namun berasal dari Madura. Namun masakan bebek ini sangat populer di Surabaya. Olahan bebek yang digoreng garing dengan tepung krispi sangat menggoda selera. Ditambah lagi sambal mangga muda yang pas di lidah.

8. Nasi Cumi Waspada

    Kamu bisa makan enak dan murah di Nasi Cumi Waspada ini. Lokasinya persis di belakang Pasar Atom. Nasi cumi disini dimasak sekaligus dengan tintanya sehingga berwarna hitam.Di warung ini Kamu bisa memilih varian menu cumi yang disajikan. 

  • Nasi biasa adalah nasi, cumi, dan peyek udang.
  • Nasi campur berisi nasi, cumi, telur, empal, dan peyek udang.
  • Nasi komplit yang berisi nasi, cumi, usus, paru, mie goreng, babat, dan peyek udang.
  • Nasi rawon cumi

Surabaya menjadi kota legendaris dengan kawasan wisata yang sangat populer. Dibalik gemerlapnya kota, terdapat pula destinasi wisata kuliner Surabaya yang sayang jika dilewatkan. Pastikan Kamu mampir di depot atau rumah makan tersebut ketika rasa lapar melanda.