Sat. Dec 3rd, 2022

Untuk cuma mengukur tekanan statis di dalam pipa, lubang aliran tidak boleh terkena komponen kecepatan aliran. Biasanya pengukur tekanan dipasang di lubang yang dibor melalui dinding, rata bersama dengan dinding. Di dinding anggota di dalam pipa kecepatannya dapat menjadi nol dan cuma dapat ada tekanan statis.

Lempengan Orifice flow meter manfaatkan titik aliran statis yang terdapat di kedua segi orifice. Pada dasarnya, ukuran anggota hulu statis adalah satu diameter pipa ke atas dari lubang aliran dan anggota hilir adalah 1/2 diameter pipa dari lubang aliran di wilayah ‘vena contracta’ di mana garis aliran paling sempit bersama dengan kecepatan fluida paling maksimum.

Perbedaan tekanan antara dua titik seimbang bersama dengan aliran yang ada, sesudah perbedaan tekanan diketahui, ukuran dimasukkan ke di dalam persamaan untuk menemukan kecepatan. Dari kecepatan aliran dan luas penampang pipa dan pengukur orifice, mampu dihitung volume produk yang mengalir.

 

Bagaimana Cara Kerjanya?

Saat cairan mendekati pengukur orifice, tekanan meningkat sedikit dan sesudah itu turun tiba-tiba sementara orifice udah dilewatkan. tekanan konsisten turun sampai “vena-contracta” tercapai dan sesudah itu secara bertahap meningkat sampai kurang lebih 5 sampai 8 diameter di anggota hilir sampai dicapai titik tekanan maksimum yang dapat lebih rendah dari tekanan di lubang anggota hulu.

Penurunan tekanan sementara cairan melewati orifice adalah hasil dari peningkatan kecepatan saat melewati area yang menyempit di orifice. Ketika kecepatan berkurang sementara cairan terlihat dari orifice, tekanan meningkat dan condong lagi ke tingkat semula. Semua tekanan yang hilang tidak mampu dipulihkan gara-gara gesekan dan gara-gara kehilangan turbulensi di aliran dengan menggunakan Flow Meter Tokico.

Penurunan tekanan di orifice ( ΔP di Gambar.) meningkat saat laju aliran meningkat. Ketika tidak ada aliran, tidak ada diferensial aliran. Perlu dikateahui bahwa tekanan diferensial seimbang bersama dengan kuadrat kecepatan, oleh gara-gara itu jika semua segi lain selamanya konstan, maka diferensial seimbang bersama dengan kuadrat laju aliran.

By Drajad