MENGHITUNG PENGELUARAN LISTRIK BULANAN

MENGHITUNG PENGELUARAN LISTRIK BULANAN

Pernah bayar tagiha listrik lalu terkejut dengan tagihan yang harus dibayarkan? Tentunya hal ni akan membuat pengeluarran bulanan anda membengkak, ada banyak hal yang mempengaruhi tagihan listrik bulanan dirumah anda diantaranya adalah banyaknya penggunaan barang elektronik yang tidak terkendali, kurang melakukan Gerakan hemat energi seperti mematikan lampu disiang hari, mencabut socket listrik jika tidak digunkan dll.

TAHUKAH KAMU?

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menetapkan harga listrik per kWh atau tarif dasar listrik 2021 untuk periode 1 April 2021 – 30 Juni 2021. Informasi tarif listrik terbaru tersebut disampaikan dalam siaran pers tertanggal 8 Maret 2021.

Dalam siaran pers tersebut, Kementerian ESDM menetapkan tarif listrik 2021 bagi 13 pelanggan nonsubsidi dari 1 April – 30 Juni 2021 tidak mengalami perubahan atau tetap besarannya.

Tidak berubahnya tarif listrik tersebut juga berlaku buat 25 golongan pelanggan bersubsidi lainnya. Pelanggan bersubsidi lainnya ini termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), bisnis kecil, industri kecil, dan kegiatan sosial.

Berikut dibawah ini bbeberpa barang elektronik dirumah anda yang memakan energi listrik terlalu banyak dan juga tips menghemat listrik dirumah anda.

Baca Juga Handal Water Heater

 

  1. Televisi

Televisi adalah salah satu barang elektronik yang pengunaanya paling banyak, bayangkan saja saat ini banyak sekali orang orang yang diharuskan bekerja dari rumah, mengurangi mobilitas juga menghindari pertemuan tertentu tentunya hal ini akan membuat orang orang cepat bosan dan rentan terkena stress hal ini menjadi salah satu factor yang sangat berpengaruh karena bisa saja ada orang yang setiap harinya mencari hiburan melalui tontonan televisi, namun sekarang juga sudah terdapat banyak sekali jenis televisi dengan teknologi hemat energi.

Sebagai ilustrasi, daya yang digunakan TV LCD biasanya berada di angka 100 watt. Di sisi lain, TV LED hanya memiliki daya sebesar 50watt.

MENGHITUNG PENGELUARAN LISTRIK BULANAN

Berikut beberapa televisi dengan teknologi hemat listrik

  • TV Low Watt Samsung 4K UDH 7 Series

·        TV LED SHARP 43″ Class

·        TV LED LG 32LH510D

·        TV LG LH4830 24 Inci

·        TV Low Watt Samsung K5100

·        TV Toshiba LF621U19 Fire Smart

·        TV SONY Master Series A9F OLED

·        TV LED Changhong 40In 1080p

·        Philips 40PFT5063S 70 Ultra Slim TV LED

·        TV LED Panasonic 720p Hospitality

 

2.      Kulkas Hemat Energi

Penggunaan kulkas semakin hari juga semakin beragam, juga semakin meningkat tidak seperti zaman dulu yang hanya golongan orang tertentu saja yang menggunakan kulkas dirumahnya namun kini rasanya siapapun pasti memiliki kulkas dirumah. Dilihat dari fungsinya yang sangat multifungsi memang barang yang satu ini sangat worth it to buy artinya memang sangat akan berguna karena dapat membantu kegiatan rumah tangga anda denganbbaik, missal untuk menyimpan makanan agar tidak basi, membuat ice / ice cubes maupun sekedar untuk menyimpan bahan makanan agar tidak busuk atau layu. Pengggunaan kulkas ini biasanya sangat mempengarruhi tagihan listrik apa laggi penggunakan kulkas yang bisa dibilang non stop dan terus menyala sepanjang hari tentunya akan menggunakan banyak energi listrik hal ini dapat di siasati dengan menggunakan kulkas hemat energi.

MENGHITUNG PENGELUARAN LISTRIK BULANAN

Dibawah ni bebapa kulkas hemat energi yang dapat kamu gunakan.

·        Kulkas 2 Pintu LG GN-B185SQBB Silver (Rp2,8 Juta)

·        Sharp SJ-M165F FW Kirei Flower (Rp1,6 Juta)

·        Sharp SJ-X185M-SR (Rp1,7 Juta)

·        Kulkas Polytron PR16BGR (Rp1,8 Juta)
Panasonic NR-BN20AN-SS Kulkas 2 Pintu (Rp2,2 Juta)

·        Kulkas LG GNY201SL (Rp2,3 Juta)

·        Polytron Belleza 2 PRO15KTR (Rp2,6 Juta)

·        Sharp Shine Double Freezer Series SJ-X195W-FH (Rp1,9 Juta)

·        Sanken SK-V191A-CBG (Rp2,5 Juta)

·        Aqua Japan AQR-D190 (S) (Rp1,8 Juta)

·        Sanyo SRD259AQ (Rp2,9 Juta)
Sharp SJ-F236G (Rp3 Juta)

·        Toshiba GRY255E (Rp2,4 Juta)

 

3.      Lampu ruangan

Penggunaan lampu tuangan yang bnayak juga sangat mempengaruhi, apa lagi jika rumah kamu berukuran luas tentunya akan menggunakan banyak lampu ruangan, hal ini yang daoat mempengarui pemakaian listrik dirumah kamu.

MENGHITUNG PENGELUARAN LISTRIK BULANAN

Rekomendasi Lampu LED hemat listrik.

·        Philips MyCare LED Bulb

·        Hannochs Lampu LED Infinity

·        Panasonic Lampu LED Neo

·        Osram Lampu Bohlam LED

·        Xiaomi Mi YeeLight Smart Bulb LED

·        Ikea Ledare

  1. Dispenser Low Watt

Dispenser merupakan salah satu benda elektronik yang dibutuhkan oleh banyak orang saat ini. Apalagi jika dilihat dari fungsi dan kelebihannya. Salah satu fungsi dari dispenser ini adalah menyediakan air hangat/dingin, sehingga lebih memudahkan. Kini, telah hadir inovasi baru dari dispenser yaitu dispenser galon bawah yang lebih canggih.

Dispenser ini merupakan jenis dispenser, yang dimana cara penyimpanan galonnya tak harus diangkat ke atas tapi cukup disimpan di bawah saja. Karena mengangkat galon dengan berat kira-kira 19 Lt itu, bagi sebagian orang tidaklah mudah. Sehingga penyimpanan galon di bawah ini, menjadi solusi tepat bagi orang-orang yang tak sanggup menyimpan galon seberat itu di bagian atas dispenser.

MENGHITUNG PENGELUARAN LISTRIK BULANAN

Rekomendasi dispenser low watt

 Alkali Gesundheit (Deluxe)

 Denpoo DDB-39

Miyako WDP-200

Cosmos CWD-7890

Changhong CMD-X3

Electrolux EQAXF01BXSI

GEA Halley

 

5.      Mesin Cuci Low Watt

Penggunaan mesin cuci tentunya juga berpengaruh meskipun mesin cuci bukan alat yang system pemakaiannya tidak seperti kulkas maupun dispenser tpi penggunaan mesin cuci yang cukup lama tentu juga menggunakan energi listrik yang besar.

MENGHITUNG PENGELUARAN LISTRIK BULANAN

Untuk itu kamu dapat menggunakan mesin cuci dengan teknologi low watt.

Rekomendasi

Panasonic NA-W87FC1-BC1

Samsung WT853210MG-TC

Sanken TW-7730

Denpoo DWF-093

 

6.      Water heater listrik & AC/ kipas Angin Low Watt

AC

MENGHITUNG PENGELUARAN LISTRIK BULANAN

Cuaca yang panas terkadang membuat kita tidak nyaman, penggunaan AC maupun Kipas angin tentu akan sangat membantu kamu untuk lebih dapat berasa nyaman didalam rumah, namun dngan penggunaan kipas angin maupun ac akan menambah biaya listrik yang dikeluarkan. Solusinya kamu dapat menggunakan ac/ kipas angn dengan teknologi low watt.

rekomendasi

Akari 05D3 LW

Sharp Sayonara Panas J60 Series, AH-A5UDL

Midea Forest 5 MSFO-05CRLN2

 

Water heater listrik

MENGHITUNG PENGELUARAN LISTRIK BULANAN

Ini adalah salah satu barang yang bisa dibilang tidak serring dipakai namun akan terpakai setiap harinya, alat ini bisa kamu pasangkan atau sambungkan ke sakelar listrik jika kamu membutuhkannya saja setelah tidak digunakan kamu bisa mencabutnya Kembali untuk menghemat listrik.

Rekomendasi water heater listrik low watt

Shu Zhiyuan Tankless Electric Faucet Water Heater with Display

Water Heater Listrik Ariston Instan AURES EASY M

Pemanas Air Ariston Andris2 B 10 Liter

Shimizu SEH-115 Kapasitas 15 Liter

Midea D10-02YA2 Pemanas Air Kapasitas 10 Liter 

 

Tips Menghemat Listrik

1.      Matikan elektronik Salah satu cara menghemat listrik yang benar-benar bisa mengurangi jumlah tagihan secara signifikan adalah membiasakan mematikan total perangkat elektronik di rumah. Jika memang elektronik sudah tidak digunakan dalam waktu lama, hendaknya Anda mencabut kabel daya.

2. Cairkan es yang membeku di freezer Tak banyak yang menyangka jika mencairkan es yang membeku di freezer secara rutin jadi cara menghemat listrik yang efekftif.

3. Keringkan pakaian secara alami Beberapa mesin cuci memang dilengkapi dengan pengering pakaian. Namun sebaiknya fitur tersebut tak harus selalu digunakan

4. Gunakan perangkat hemat energi Beberapa produsen elektronik kini sudah banyak yang memperbaharui produk-produk mereka seperti kulkas, mesin cuci, AC, penanak nasi, dan sebagainya.

5. Pasang lampu hemat energi Cara menghemat listrik yang cukup ampuh adalah dengan mengganti lampu pijar dengan lampu LED. Tidak hanya hemat, lampu LED juga memberikan cahaya yang lebih terang dan relatif bisa tahan lama.

6. Turunkan suhu kulkas Sebagian besar dari kita tidak terlalu memperhatikan suhu pengoperasian lemari es kita. Sebagai cara menghemat listrik di rumah, sebaiknya turunkan suhu kulkas saat tidak banyak isi di dalamnya atau saat suhu dirasa terlalu dingin.

  1. Maksimalkan pintu dan gorden Semakin banyak ventilasi udara dan cahaya tentu akan membuat penggunaan energi listrik semakin menurun. Biarkan udara bebas keluar masuk melalui pintu. Anda juga bisa menambahkan gorden untuk menghalau sinar matahari yang terlampau panas.