Tue. Dec 6th, 2022

jin Qorin adalah makhluk gaib ciptaan Allah SWT yang bertugas untuk mendampingi setiap manusia sejak dilahirkan. Dalam Islam, jin Qorin dipercaya sebagai sosok jin yang memiliki tugas untuk menjerumuskan manusia berbuat jahat.

Mengutip dari buku berjudul Islam Faktual karya Dr. H. A. Zaki Mubarak, iblis dan jin pada dasarnya berasal dari satu rumpun yang sama. Jin Qorin pun disebutkan sebagai keturunan Iblis yang disebut sebagai abal jin (leluhur jin).

Jin sendiri terbagi menjadi beberapa golongan yaitu Jin Ifrit, Jin Qorin, dan jenis jin lainnya. Mereka yang baik dan taat kepada Allah SWT disebut jin Islam, sementara jin yang suka berbuat jahat disebut jin kafir.

Untuk mengenal lebih lagi tentang jin Qorin, simak penjelasan berikut ini !

1. Apa Itu Jin Qorin?

berdasarkan tulisan dalam bulu berjudul Kisah Tanah Jawa terbitan Gagas Media, jin Qorin merupakan makhluk gaib yang diciptakan untuk menyertai seseorang sejak lahir. Jin Qorin memiliki sifat maupun kebiasaan yang sama persis dengan manusia yang didampinginya.

Sementara menurut Syaikh Ibnu Utsaimin, tugan jin Qorin adalah untuk menyesatkan manusia. Mereka selalu membisikkan manusia agar tidak beribadah dan melakukan kebaikan. Untuk mengimbangi sosok jin Qorin yang jahat, Allah SWT sudah mengutus malaikat Qorin yang bertugas untuk selalu mengajak manusia pada kebaikan.

Jin Qorin tidak akan mengikuti manusia selamanya. Saat seseorang yang didapampinginya meninggal, maka jin Qorin tersebut juga akan pergi meninggalkannya karena tugasnya memang sudah selesai.

2. Dalil Mengenai Jin Qorin Dalam Al-Quran Dan Hadist

Dalil tentang jin Qorin yang akan mengajak manusia untuk berbuat jahat ini sudah disebutkan dalam berbagai Hadits dan Al-Quran, seperti salah satunya dalam surat Al-Baqarah ayat 268, yang artinya :

“Syaitan menjanjikan (menakuti – nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah [2] : 268).

Selain itu, penjelasan tentang jin Qorin ini pun disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam hadist riwayat Muslim. Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Setiap orang diantara kalian telah diutus untuknya seorang Qorin (pendamping) dari golongan jin. Para sahabat bertanya, ‘Termasuk Anda, wahai Rasulullah?’ Beliau menjawab, ‘Termasuk saya, hanya saja Allah membantuku untuk menundukkannya, sehingga dia masuk Islam. Karena itu, dia tidak memerintahkan kepadaku kecuali yang baik’.” (HR. Muslim).

Imam An-Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim menegaskan bahwa hadits diatas merupakan perintah kepada manusia agar berhati – hati terhadap godaan dan bisikan jahat Jin Qorin.

3. Cara Melindungi Diri Dari Godaan Dan Bisikan Jahat Jin Qorin

Nabi Muhammad SAW juga semasa hidupnya didampingi oleh jin Qorin. Namun, Allah SWT memberikan karunia pada Rasulullah SAW sehingga mampu menaklukan jin jahat tersebut. Kemudian jin Qorin yang mendampinginya memeluk Islam dan hanya memerintahkan Rasulullah SAW untuk berbuat baik saja.

Namun manusia biasa tidak seperti Rasulullah SAW. Manusia tidak akan mampu menaklukan jin Qorin. Kekuatan jin Qorin hanya mampu dikalahkan dengan keimanan dalam diri manusia masing – masing.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh manusia untuk mempertebal iman adalah dengan berdzikir dan berdoa. Allah SWT berfirman dalam Surat Al-A’raf ayat 200, yang artinya :

“Apabila setan menggodamu, maka mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-A’raf : 200).