Tue. Dec 6th, 2022

Deterjen merupakan produk sabun cuci pakaian yang sudah umum digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari hari. Bahkan saat ini sabun cuci tersebut mempunyai beragam jenis dengan plus minusnya masing masing. Jika anda masih sering bertanya tanya mana jenis detergen yang sebaiknya paling tepat dipilih, maka anda berada di halaman yang tepat. Yuk kenali jenisnya untuk mengetahui hal tersebut.

Mengenal Jenis Jenis Sabun Cuci Pakaian

1. Detergen Bubuk

Detergen bubuk merupakan salah satu jenis sabun cuci pakaian yang sudah ada sejak lama. Bahkan jenis ini adalah andalan bagi para ibu di Indonesia sebelum detergen cair menjadi tren seperti sekarang. Dan kini pun masih banyak orang, baik di Indonesia maupun di luar negeri, yang menggunakan model sabun cuci seperti ini.

Sebab busanya yang melimpah dirasa sangat efektif dalam membersihkan pakaian dengan lebih optimal. Adapun beberapa kelebihan yang ditawarkan antara lain harganya lebih murah dibandingkan jenis cair, usia penyimpanannya lebih lama, kemasan lebih ramah lingkungan dari kotak yang terbuat dari kertas atau plastik daur ulang.

2. Detergen Cair

Deterjen cair muncul setelah bentuk bubuk, dan dengan cepat disukai oleh masyarakat Indonesia. Itu karena bentuknya yang cair dianggap lebih praktis ketika digunakan untuk mencuci. Teksturnya yang cair membuat detergen bisa dengan mudah larut dan masuk ke serat serat pakaian, sehingga kotoran dan noda yang menempel pun dapat terangkat.

Jika anda ingin membersihkan noda lemak dan minyak yang menempel pada pakaian, sabun cuci berbentuk cair seperti ini adalah pilihan bagus. Pasalnya detergen cair secara umum dibuat mengandung alkohol etoksilat, yang memang sangat ideal untuk membersihkan noda lemak dan minyak.

3. Detergen Krim

Berikutnya ada juga detergen krim yang sudah lama digunakan oleh masyarakat. Kesannya memang kuno, tapi sampai sekarang masih ada beberapa orang yang menggunakannya. Jumlah pemakainya yang semakin berkurang dipengaruhi oleh karakter dari detergen ini sendiri, yang hanya bisa dipakai untuk mencuci pakaian secara manual.

Karena jika digunakan di dalam mesin cuci, detergen tidak akan dapat bekerja. Hal tersebut membuat banyak orang beralih menggunakan jenis lain alih alih detergen krim. Namun apabila anda terbiasa mencuci dengan cara manual, tentu tidak ada salahnya apabila ingin mencoba kinerjanya.

4. Detergen Kapsul

Detergen kapsul adalah salah satu inovasi deterjen untuk cuci pakaian. Bentuknya menyerupai kapsul kecil yang mudah larut dengan air. Kinerja detergen ini sama efektifnya dengan bentuk cair dan bubuk, bahkan lebih minim residu. Akan tetapi di Indonesia masih sangat jarang ditemukan sabun cuci pakaian jenis tersebut.

Jadi, mana yang lebih baik dipilih ? Karena detergen kapsul masih jarang dan detergen krim tidak cocok untuk mesin cuci, maka pilihan paling tepat tentu jatuh kepada detergen bubuk dan cair. Keduanya memang yang paling banyak digunakan di dalam negeri. Dalam hal ini, produk detergen Olaif tersedia dalam bentuk cair dan bubuk dengan kinerja optimal yang bisa dipesan secara praktis melalui layanan daring.

 

By roket