Mon. Oct 3rd, 2022

Ketika pipa itu di bentangkan, kita bakal membutuhkan support untuk menghambat si pipa. si pipa yang digunakan untuk mengalirkan fluida, tentu bakal miliki berat, berat itu yang kudu di topang oleh support. Tujuannya, supaya berat yang berasal dari pipa tidak ditempakan atau di tumpu terhadap nozzle, sambungan las, ataupun tempat tempat kritikal lainya.

Nozzel dan sambungan las berikut tidak di desain untuk menghambat berat. Beban yang terlampau berat yang di tumpu terhadap sebuah nozzle, bakal berakibat terhadap lepasnya nozzle dari vessel atau anggota ekuipment.
tipe restraint guide

Pertanyaan selanjutnya, apakah support cuma di pertuntukan untuk menghambat berat dari si pipa Flow Meter Tokico? tidak juga ternyata. Seperti yang pernah di pelajari di dalam model beban di dalam sistem pemipaan, maka berat berikut dikategorikan sebagai beban sustain. Padahal, masih tersedia beban lain seperti expansion atau occasional yang kudu untuk di topang, untuk itulah kita butuh yang namanya pipe support.

 

Pembagian Type Pipe Support

Kalau berbicara kasus pembagian, tentu terkait siapa yang membagi. Lain orang lain pula pembagiannya, lain pula klasifikasinya. Dan saya bakal membagian model support ini menurut materi yang pernah saya menerima dari instrukur india.

Bahwasannya support itu di bedakan jadi 3 jenis, yakni seperti di bawah ini

g waktu kita sering tertukang mengatakan support sama bersama restrain, padahal memang itu terminology yang berbeda. support lebih ke menghambat deadweigh, atau sustain loadnya. Sedarangkan restrain, menghambat expansion dari pipa.

 

Pipe Support/hanger

Untuk model support ini, ialah model yang menghambat berat dari si pipa juga fluida yang bekerja di dalamnya. Pembukaan di dalam artikel ini, adalah model dari pipe support. Pipe support ini berfungsi untuk meneruskan beban (load) yang di terima pipa ke struktur atau pondasi yang lebih kuat.

support terhadap pipa yang menunjang deadweighFungsinya, seperti yang sebelumnya disebutkan, supaya si pipa tidak tertahan sepenuhnya oleh ekuipment. Dapat pula support ini berfungsi untuk menjauhkan sagging, yakni pipa melendut ke bawah sebab kuranya penopangan yang berakibat fluida bakal tertahan dan tidak mengalir.

Tipe support ini, tersedia yang langsung ke struktur atau pipa, tersedia pula yang mengunakan shoe. Shoe digunakan manakala pipa terdapat insulasi dimana kecuali pipa itu langsung di letakan di supportnya, insulasinya bakal penyok atau rusak.

Untuk model hanger, sudah pernah saya singgung di materi pemanfaatan hanger plus spring hanger model support ini, juga di dalamnya adalah trunion maupun dummy.

 

Pipe Restraint

trunion dan shoe supportUntuk pipe restrain, lebih di khususkan untuk menghambat beban sebab pergerakan pipa, atau lebih khusus ke expansion load. Pergerakan pipa disini, tidak cuma di sebebakan oleh perubahan tempratur pipa yang tinggi atau rendah, pergerakan pipa disini dapa pula disebabkan oleh external force seperti angin. Namun, untuk pipe restrain lebih di khususkan untuk menunjang pergerakan oleh termal ataupun dinamik sipipa.

Jenis dari pipe restain itu bakal ditahan oleh anchors. Anchor sendiri di bedakan jadi dua bagian, fixed ancror dan directional ancor. Untuk fixed anchor, sipipa berikut dilas langsung ke struktru. Sehingga menyebabkan pipa tidak dapat bergerak kesegala arah, juga pula dikala pipa di sambungkan ke ekuipment, maka pipa teresut diangap di anchor.

fix anchorTipe ke-2 dari anchor ini adalah directional ancor, yakni penahan yang menghambat sisi ataru arah khusus dari pipa. biasanya arah aksial. Apa itu arah aksial? Anda kudu membaca artikel nama dan arah tegangan di dalam pipa directional ancor sering disebut juga bersama limit, atau stopper.

Satu model ulang restrain, yakni yang menghambat arah lateral, kita mengenalnya bersama guide. Untuk menyaksikan gambar guide, gambar pertama kali dari artikel ini, adalah model dari guide, sebab ia menghambat si pipa supaya tidak ke samping. Guide pula biasanya di gunakan terhadap pipa lurus, bersama konfigurasi selang seling, guide-non guide-guide ulang dan begitu seterusnya. Lihat gambar kedua, bersama support yang berwaran kuning.

Disamping itu, tak hanya arah yang sudah disebutkan, restrain juga juga yang menghambat ke arah semuanya, biasanya bersama mengunakan uclamp.

Vibration absorbers
Untuk model penopang ini, terhadap dasarnya adalah support yang digunakan untuk menghambat vibrasi yang di menyebabkan oleh angin, gempa atau aliran fluida. untuk penjelasannya, lain waktu kita bakal memperdalam pembahasan berkenaan model support pipa model ini.

By toha