Mon. Oct 3rd, 2022

Urutan Surat dalam Alquran Juz 30 Lengkap dan Keutamaannya

Al Quran adalah kitab sucinya umat Islam yang selalu terjaga keasliannya hingga akhir jaman. Ada banyak sekali keutamaan membaca Al Quran.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al Quran.”

Seperti yang diketahui Al Quran terdiri dari beberapa surat, salah satunya adalah surat Al Waqiah. Surat Al Waqiah termasuk golongan surat Makkiyah yang terdiri dari 96 ayat. Selain mendapatkan pahala, membaca surat Al Waqiah juga memiliki keutamaan yang bisa didapatkan bagi pembacanya.

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang manfaat membaca surat Al Waqiah dan doa setelah membaca surat Al Waqiah sebagai berikut.

Manfaat Membaca Surat Al Waqiah

  1. Dijauhkan Dari Kemiskinan

Manfaat atau keutamaan membaca surat Al Waqiah yang pertama adalah dijauhkan dari kemiskinan.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka tidak akan tertimpa oleh kefakirannya selamanya.” (HR. Imam Baihaqi).

 

Dari hadits di atas dijelaskan bahwa dengan membaca surat Al Waqiah secara rutin setiap malamnya, maka akan membuat orang yang membacanya dijauhkan dari kemiskinan. Selain itu, ia juga akan mendapatkan banyak pahala dan rezeki yang berlimpah.

 

  1. Surat Kekayaan

Keutamaan surat Al Waqiah lainnya yang bisa didapatkan bagi orang yang rutin membacanya adalah merupakan surat kekayaan.

 

Dari Imam Ja’far Ash-Shadiq berkata:

“Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukminin yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

 

Nah, dengan membaca surat Al Waqiah secara rutin setiap harinya, maka dapat memudahkan orang membacanya mendapatkan rezeki halal yang berlimpah, serta nikmat Allah yang terus mengalir.

 

  1. Dikabulkannya Seluruh Keinginan yang Berhubungan dengan Rezeki

Ada sebagian ulama yang berpendapat bahwa dengan membaca surat Al Waqiah sebanyak 41 kali dalam satu majelis, maka hal ini akan membuat seluruh keinginan yang berhubungan rezeki akan terkabul.

Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah

Allahumma shun waujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqikaqa wa nasta’thifa syiroro kholqika wa nasytaghhila bihami man a’thona wa nubtala bi zammi man mana’ana wa anta min wara-i zalika ahlul ‘atho-i wal man-i.

Allahumma kama shunta wujuhana ‘anis sujudi illa laka fa shunna ‘anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamar rohimin (3x) wa sholallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa’ala alihi wa shohbihi wa salllam.

Artinya: “Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rezeki dari para pencari rezeki-Mu dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami.”

“Padahal, Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.”

“Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang.”

“Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapa pun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnyanya, juga semoga Allah memberi keselamatan.”

By sartika