Thu. Feb 9th, 2023

Sebagai seseorang pebisnis, melakukan studi kelayakan merupakan poin yg sangat penting. Dimana salah  satu baku bisnis yg layak beroperasi merupakan telah memenuhi kajian studi kelayakan bisnis.

 

Studi kelayakan merupakan sebuah planning terstruktur bagaimana kamu akan memulai suatu bisnis. Biasanya pebisnis akan menggunakan jasa pembuatan studi kelayakan untuk melakukan studi ini dengan mengumpulkan semua keterangan akurat menurut banyak sekali asal.

 

Sebelum menulis planning bisnis, krusial bagi engkau  buat terlebih dahulu mengidentifikasikan bagaimana, dimana, & kepada siapa engkau  berniat menjual produk atau jasa dari perusahaanmu.

 

Selain itu, nilailah pesaing & taktik pemasaran yang tepat. Jasa studi kelayakan ini juga akan membahas dimana bisnis kamu ini beroperasi. Untuk mengetahui lebih pada mengenai proses studi ini, ketahuilah langkah-langkah yg dilakukan oleh para jasa pembuatan studi kelayakan bisnis :

 

 

 

 

 

1. Penemuan dan Penentuan Ide

 

 

Tahap pertama yang dilakukan pada studi kelayakan adalah penemuan inspirasi usaha yang harus dimulai menggunakan memilih satu atau beberapa ilham bisnis yang mempunyai prospektif. Jika memiliki lebih dari satu ilham, maka pandangan baru usaha yg dipilih harus melewati pertimbangan menurut pandangan baru lainnya.

 

Hal-hal yang dipertimbangkan misalnya teknis yg harus ditempuh, potensi laba yg akan dicapai di masa depan, serta hal lain yg sekiranya lebih menguntungkan dari ilham yg akan dieksekusi.

 

 

 

 

 

Dua. Melakukan Analisis Awal

 

 

Selanjutnya adalah melakukan analisis awal. Pada tahap ini jasa pembuatan studi kelayakan akan mulai menguraikan rencana dari pandangan baru yang telah dipengaruhi. Setelah itu, planning yang akan dilakukan jua dibarengi menggunakan mengumpulkan analisis atau berita dari berbagai asal.

 

Pada tahap ini jua, akan dilakukan pengolahan data atas teori yg relevan, menganalisis dan mengintrepetasikan hasil olahan, menyimpulkan hasil, hingga menciptakan laporan berdasarkan analisis yang telah dibentuk.

 

 

Tiga. Mempersiapkan Laporan Laba Rugi

 

 

Pada tahap ini, jasa pembuatan studi kelayakan beserta pebisnis akan mengembangkan pembahasan terkait pendapatan perusahaan pada masa depan. Mulai menurut menginvestasikan jumlah pendapatan yang ingin didapatkan menurut sebuah usaha.

 

Hal ini merupakan dasar laporan keuntungan rugi. Perlu pula dipertimbangkan termasuk layanan apa yg akan diperlukan di perusahaan & menggunakan modal berapa. Sesuaikan juga apapun terkait pendapatan, seperti cara lain  atau pengganti alat & lain-lain.

 

 

4. Melakukan Survey atau Riset Pasar

 

 

Riset pasar akan memberi citra paling jelas mengenai pendapatan yang diperlukan pebisnis pada perusahaan. Tahap ini adalah termin yang paling penting dalam pembahasan aspek pasar dan pemasaran.

 

Beberapa hal yg perlu dipertimbangkan adalah impak letak pasar, menganalisis pesaing, nilai pasar, bagian pasar yang akan sebagai jenis bisnis kamu, dan mengecek apakah pasar tadi terbuka dengan perusahaan yang akan engkau  dirikan.

 

 

5. Merencanakan Organisasi & Operasi

 

 

Setelah langkah-langkah dasar misalnya perencanaan menurut analisis, selanjutnya merupakan merencanakan organisasi apa dan proses operasi seperti apa yg akan dilakukan dalam usaha. Perencanaan dalam arti ini bukan hanya merencana saja tetapi juga mulai melakukan persiapan.

 

Proses ini harus teliti dan termasuk porto awal, investasi permanen, & biaya  operasi. Biaya ini jua sudah termasuk alat-alat, metode perdagangan, bangunan, ketersediaan produk, dan lain-lain.

 

 

 

 

 

6. Membuat Keputusan buat Tahap Pelaksanaan

 

 

Tahap terakhir adalah menciptakan keputusan yg nantinya akan dilaksanakan. Keputusan ini yang sebagai penentu, menurut aneka macam analisis yg dilakuan apakah usaha layak didirikan.

 

Apabila memang sudah melalui baku kelayakan, maka yg dilakukan selanjutnya merupakan pelaksanaan. Tahap dimana mulai melaksanakan apa yg telah direncanakan dalam studi kelayakan usaha.

By roket