Tue. Dec 6th, 2022

Ketika anda mengganti smartphone lama dengan yang baru, pasti ada beberapa hal hilang. Selain dokumen, biasanya beberapa chat penting yang ada di WA akan hilang juga. Kenapa chat WA bisa hilang sendiri? Berikut beberapa penyebab kenapa chat WA bisa hilang sendiri.

Penyebab Chat WA hilang Sendiri

Salah satu penyebab chat dapat hilang sendiri adalah karena nomor yang anda gunakan adalah nomor lama. Selain karena nomor lama yang anda gunakan, penyebab lainnya adalah karena data dab cache. Data dan chace yang tersimpan otomatis pada aplikasi WA tanda terhapus.

Itulah penyebab yang paling umum terjadi ketika chat WA hilagn sendiri. Hal ini bisa disebabkan karena ada kesalahan ketika anda membersihkan menggunakan tools cleaner. Selain itu, bisa juga karena data WA anda ternyata corrupt atau pergantian smartphone.

Jika hal itu terjadi, maka anda tidak perlu khawatir. Jika chat dalam WA anda hilang sendiri atau ketika ganti smartphone yang baru, jangan khawatir! Karena, ada cara mengembalikan chat WhatsApp yang hilang dan terhapus tersebut. 

Simak berikut caranya!

Solusi Chat Hilang Karena Smartphone Baru

Melakukan backup data termasuk pesan atau WA ke Google Drive adalah hal yang wajib bagi anda lakukan. Karena, secara otomatis data anda dapat kembali lagi ketika anda ganti smartphone.

Untuk itu, lakukanlah cara berikut ini untuk mengaktifkan fitur backup data WA ke Google Drive sebelum anda ganti smartphone. Caranya adalah:

  1. Buka aplikasi WA (WhatsApp)

  2. Klik tombol menu (titik tiga kanan pojok atas)

  3. Klik Setting > Chats > Chat Backup

  4. Klik Backup to Google Drive

  5. Pilih frekuensi waktu yang anda inginkan

  6. Anda akan diminta untuk memilih akun Google yang akan digunakan untuk backup data

  7. Klik Backup untuk memilih jaringan akan anda gunakan untuk backup process

  8. Selesai

Itulah kedelapan cara yang dapat anda lakukan ketika chat anda hilang atau terhapus karena ganti smartphone. Jika anda menggunakan cara diatas, maka secara otomatis chat anda akan tersimpan.

Solusi Chat Karena Hilang Sendiri

Ketika anda sudah membackup file chat anda ke Google Drive, maka chat yang hilang dapat mudah dipulihkan. Untuk memulihkan chat anda yang sudah tersimpan dai Google Drive adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi Manajer File

  2. Buka sdcard > WhatsApp > Database

  3. Ganti nama file yang dipulihkan menjadi msgtore.db.crypt12 dari mgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12

  4. Install dan uninstall WhatsApp

  5. Pilih PULIHKAN

  6. Selesai

Itulah kedua cara yang dapat anda gunakan untuk menjawab pertanyaan anda kenapa chat WA bisa hilang sendiri. jika dengan cara tersebut tidak bisa, anda bisa mengunjungi Sinyal Tekno sebagai aplikasi alternatif untuk mengatasi masalah Chat WA yang hilang.

By roket