Tue. May 17th, 2022

Meski PS5 telah di rilis dan di jual di pasaran Indonesia, PS 3 masih menjadi pilihan utama anak-anak di Indonesia.

Harga terjangkau yang menjadi faktor utama kenapa memilih membeli jenis PS yang satu ini.

Untuk kalangan menengah ke bawah, membeli PS 5 bukanlah pilihan yang bagus, Harga yang harus di bayar terbilang sangat mahal untuk anak-anak di Indonesia.

Sebelum membeli PS 3, sangat bermanfaat jika kamu mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan PS 3 dan kami sarankan juga untuk membaca Tips Membeli PS3.

Kelebihan PS3

  • Teknologi Cell Processor: Proses tercanggih garapan Sony, menjadi dapur pacu bekerja lebih optimal, agar bisa menjalankan operasi floating point. Kondisi ini berbeda dengan processor desktop lainnya. Karena cell processor memiliki kemampuan untuk menjalankan operasi floating float dengan lebih baik.
  • XMB atau Cross Media Bar: Sistem operasi tersebut telah disematkan pada Playstation portable, PSX dan semua televisi terbaru besutan Sony terutama tipe Sony Bravia.
  • Browser: PS 3 juga telah dilengkapi dengan Browser untuk internet layaknya sebuah komputer. XMB pada seri Playstation ini juga bisa membuka berkas yang memiliki format video, oto dan musik.
  • Kompatibel dengan Game PS 2: Buat kamu yang inging nostalgia ke jaman PS 2, PS 3 cocok untuk dipilih karena game PS 2 bisa dimakan di PS 3 juga.
  • DISC: PS 3 sudah dilengkapi blu-ray disc untuk sarana distribusi game. Fitur ini dipercaya bisa melakukan penyimpanan data lebih besar, daripada yang berformat DVD.
  • Grafik HD: Kemapuan dalam penyimpanan game berkualitas HD.
  • Desain: Desain ramping membuat PS3 lebih modern dilengkapi fitur sentuh yang diterapkan pada tombol open dan close di blu-ray.
  • Koneksi Internet: Dilengkapi dengan jarungan online berupa Playstation Network atau PSN, sehingga bisa menjalankan game online dari PS 3 bersama teman dari jarak jauh.

Kekurangan PS3

Selain beberapa kelebihan di atas, PS 3 juga memiliki beberapa kekurangan.

Sebelum dirilis, Sony sebagai produsen konsol game ini mengabarkan kalau akan menerapkan OS Linux sebagai sistem operasi pada PS3.

Tapi ternyata seluruh produk yang dilempar ke pasaran ini tidak menerapkan sistem operasi Linux.

Tapi kondisi inilah yang menjadi bumerang, dikarenakan banyak pengguna Linux bisa memainkan game bajakan pada PS3.

Pada peluncuran awal, Playstation 3 dirilis dengan dua versi yaitu dengan hard disk berkapasitas 20 G dan 60G.

Sayangnya untuk varian yang berkapasitas 20G tidak bisa di-upgrade atau ditingkatkan sampai 60G.

Sony juga memahami kondisi tersebut, sehingga meluncurkan versi alternatif berupa PS3 berkapasitas 40G.

Tidak adanya fitur seperti Backward Kompatibility juga menjadi salah satu kekurangan dari PS3. Dengan demikian tidak bisa memainkan Playstation versi pertama dan versi kedua.

Bagaimana? Setelah melihat beberapa kelebihan dan kekurangan PS3 ini, mungkin akan berguna untuk menentukan pilihan yang tepat untuk Anda, terimakasih!.

By arief