Kedokteran Gigi Kosmetik dan Berbagai Jenisnya

Kedokteran Gigi Kosmetik dan Berbagai Jenisnya : Kedokteran gigi tradisional lebih memperhatikan kebersihan mulut yang tepat dan pencegahan, diagnosis, dan pengobatan penyakit mulut, sedangkan kedokteran gigi kosmetik lebih peduli dengan peningkatan penampilan. Ini biasanya memecahkan masalah seperti gigi bengkok atau terkelupas, perubahan warna, atau gigi yang hilang.

Jenis Perawatan Kedokteran Gigi Kosmetik:

Reklamasi Gigitan

Perawatan ini dilakukan untuk mengubah dimensi vertikal orang-orang yang giginya telah aus selama bertahun-tahun karena penggilingan yang berlebihan dan asam lambung. Setelah perawatan, pasien memiliki penampilan tertutup dan lebih pendek dalam senyum dan wajah mereka.

Ikatan Gigi

Ikatan membantu memperbaiki penampilan gigi jika terkelupas, patah, retak, bernoda, atau memiliki ruang berlebih di antaranya. Prosedur ini melibatkan aplikasi resin komposit mirip email ke permukaan gigi, dibentuk menjadi suatu bentuk, dikeraskan dengan sinar ultraviolet atau laser, dan kemudian dipoles. Hasilnya menyatu secara alami dengan struktur gigi di sekitarnya dan bagian gigi lainnya, meningkatkan senyum seseorang.

Prosedur perawatan gigi kosmetik ini adalah yang paling mudah dan dapat dilakukan dengan satu kali kunjungan ke kantor. Ikatan gigi juga dapat digunakan untuk mengisi rongga kecil atau melindungi akar gigi yang terbuka. Dokter gigi modern juga menggunakan bonding sebagai pengganti, atau alternatifnya, tambalan perak atau amalgam.

Kawat Gigi

Saat ini, baik anak-anak maupun orang dewasa sama-sama mendapat manfaat dari kawat gigi. Kawat gigi tidak hanya memperbaiki gigi yang bengkok atau cacat, tetapi juga dapat membantu memperbaiki gigitan yang tidak teratur, gangguan sendi rahang, atau posisi rahang yang tepat.

Kawat gigi bekerja dengan memberikan tekanan yang stabil pada gigi untuk secara bertahap memposisikannya agar sejajar. Maklon Kosmetik Dokter gigi atau ortodontis menggunakan braket logam, keramik, atau porselen dan menempelkannya pada gigi Anda.

Kabel lengkung dijalin melalui braket untuk memandu gigi ke posisi yang benar. Kawat gigi ortodontik biasanya dipakai selama sekitar 1-3 tahun setelah itu retainer menggantikan kawat gigi untuk menahan gigi pada posisi barunya.

Jembatan Gigi

Jembatan juga kadang-kadang disebut gigi tiruan sebagian cekat dan digunakan untuk mengganti gigi yang hilang atau untuk menutup celah di antara gigi. Bahan yang digunakan untuk gigi tiruan biasanya terbuat dari emas, porselen, paduan, atau kombinasi dari bahan-bahan tersebut. Prosedur ini membutuhkan 2 kunjungan per jam per janji. Jembatan dapat bertahan dari 3-15 tahun jika kebersihan mulut yang tepat diikuti dengan ketat.

Mahkota Gigi

Juga dikenal sebagai topi, mahkota ditempatkan di atas gigi yang rusak untuk mengembalikan bentuk, ukuran, kekuatan, dan penampilannya. Mahkota atau tutup dapat dibuat dari keramik, logam, resin, atau porselen yang direkatkan ke logam dan digunakan secara kosmetik untuk memperbaiki gigi yang rusak atau bernoda parah.

Prosedur mahal, mahkota hanya direkomendasikan oleh dokter gigi ketika prosedur lain tidak akan memberikan hasil yang efektif. Mahkota bisa bertahan 5-15 tahun.

Gigi Palsu

Gigi palsu adalah gigi tiruan lepasan yang menggantikan gigi yang hilang dan jaringan di sekitar gigi. Ada dua jenis gigi palsu, lengkap dan sebagian. Gigi tiruan sebagian digunakan ketika hanya ada sedikit gigi asli yang tersisa, sedangkan gigi palsu lengkap digunakan ketika semua gigi hilang baik pada baris atas atau bawah.

Kontur dan Pembentukan Enamel

Juga dikenal sebagai odontoplasty, enameloplasty, stripping, sculpting, re-contouring, atau contouring, prosedur gigi kosmetik ini berlaku jika Anda memiliki gigi yang sehat dan normal. Ini melibatkan pengangkatan atau pembentukan email gigi untuk mengubah panjang, posisi, atau bentuk gigi untuk memperbaiki penampilannya.

Digunakan untuk memperbaiki ketidaksempurnaan kecil pada gigi dan hasilnya dapat langsung terlihat. Prosedur ini biasanya dikombinasikan dengan bonding, pemutihan gigi, atau veneer.

Inlay/Onlay

Juga dikenal sebagai tambalan tidak langsung, ini sering dibuat dari porselen atau bahan komposit yang digunakan untuk mengisi kerusakan gigi atau kerusakan struktural lainnya pada gigi. Tidak seperti tambalan yang ditempatkan langsung selama kunjungan kantor Anda, inlay dan onlay harus dibuat di laboratorium gigi sebelum dokter gigi Anda dapat memasang dan mengamankannya di tempatnya.

Saat bahan tambalan direkatkan ke bagian tengah gigi, ini disebut “inlay”; ketika tambalan dibuat pada satu atau lebih titik pada gigi atau termasuk permukaan gigitan, ini disebut “onlay”. Prosedur kedokteran gigi kosmetik ini dapat menjadi alternatif mahkota dan dapat menjaga kesehatan gigi dalam waktu yang lama.

Cangkok Gusi

Sensitivitas terhadap panas dan dingin mungkin karena resesi gusi dan akar gigi yang terbuka. Kondisi ini membuat gigi terlihat panjang dan dapat menyebabkan akar gigi membusuk atau bahkan keropos tulang.

Cangkok gusi adalah perawatan yang melibatkan pencangkokan jaringan lunak yang dapat memindahkan jaringan gusi yang sehat ke bagian lain dari mulut untuk mencegah atau menghentikan resesi gusi dan pengeroposan tulang selain meningkatkan penampilan estetika garis gusi.

Mencangkok

Implan adalah solusi jangka panjang untuk menggantikan gigi yang hilang dan merupakan salah satu perawatan kosmetik kedokteran gigi yang paling mahal. Mereka adalah pengganti akar gigi tiruan titanium yang dimasukkan ke dalam soket tulang dari gigi yang hilang. Ini adalah alternatif yang baik untuk jembatan dan gigi palsu lepasan.

Mereka ditanamkan melalui pembedahan ke dalam tulang rahang oleh ahli bedah mulut atau maksilofasial. Jika keropos tulang disebabkan oleh penyakit periodontal, ahli bedah mungkin harus mencangkok tulang terlebih dahulu untuk mengamankan implan.

Ada tiga bagian implan gigi: logam titanium yang pas dengan tulang rahang, penyangga yang pas dengan bagian implan yang menonjol dari gusi, dan mahkota untuk memberikan implan/gigi tampilan alami.

Veneer Gigi

Veneer adalah potongan porselen atau resin sewarna gigi yang direkatkan ke permukaan gigi. Perawatan ini dilakukan untuk mengubah warna atau bentuk gigi, atau untuk memperbaiki dan memperbaiki gigi yang patah, terkelupas, retak, atau menganga di antara gigi.

Veneer juga digunakan untuk menangani masalah yang sama seperti prosedur bonding, dan bisa menjadi alternatif yang paling murah untuk mahkota. borobuddur Prosedur kedokteran gigi kosmetik ini memakan waktu sekitar 2 pertemuan terpisah. Veneer dapat bertahan 15-20 tahun jika perawatan yang tepat diikuti.

Perbaiki gigi yang bengkok

Orang yang berpotensi diluruskan adalah mereka yang memiliki gigi bengkok, berjejal, atau bengkok yang dapat menjebak sisa-sisa makanan yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Tidak seperti kedokteran gigi ortodontik yang menggunakan kawat gigi untuk mengatasi masalah, pelurusan gigi kosmetik melibatkan pemberian anestesi lokal kepada pasien, dan kemudian dokter gigi menggunakan perangkat bedah (unit bedah listrik) yang menggunakan panas untuk menghilangkan fragmen gusi. Ini akan membantu membentuk gusi dan menyesuaikan dengan bentuk veneer baru.

Gigi kemudian dibor agar siap menerima veneer, dan veneer direkatkan ke bagian depan gigi. Operasi sering memakan waktu satu jam dan sering berlangsung antara 2-5 tahun.

Pemutih gigi

Disebut juga pemutihan, pemutihan gigi telah menjadi prosedur kimia populer yang dilakukan banyak orang untuk menghilangkan noda, atau sekadar memutihkan gigi. Perawatan kedokteran gigi kosmetik ini adalah salah satu cara termurah dan paling sederhana untuk meningkatkan senyum dan penampilan Anda.

Seiring waktu, perubahan warna email ke-00 terjadi karena merokok, minum obat tertentu, penuaan, atau terus-menerus minum minuman seperti teh dan kopi. Meskipun berbagai pilihan pemutihan gigi tersedia akhir-akhir ini seperti produk yang dijual bebas dan peralatan rumah tangga, perawatan yang diawasi oleh dokter gigi tetap sangat dianjurkan untuk pemutihan gigi bernoda yang paling aman dan efektif. Namun, perawatan pemutihan gigi tidak untuk semua orang. Ini hanya cocok untuk individu dengan gigi dan gusi yang sehat dan tidak direstorasi.

Prosedur mana yang terbaik untuk Anda?

Kondisi gigi Anda dan hasil yang diharapkan akan menentukan prosedur kedokteran gigi kosmetik yang tepat untuk Anda. Dokter gigi Anda dapat menjawab pertanyaan apa pun untuk Anda tentang apa yang diharapkan selama perawatan, perubahan apa yang akan terlihat, dan jenis perawatan apa yang diperlukan jika ada.

Biaya Kedokteran Gigi Kosmetik

Biaya untuk kedokteran gigi kosmetik berbeda sesuai dengan jenis prosedur yang dibutuhkan oleh pasien. Kedokteran gigi kosmetik biasanya tidak ditanggung oleh asuransi gigi, tetapi ada beberapa rencana perawatan gigi yang dapat menutupi sebagian biaya prosedur lain seperti mahkota gigi. Mengetahui biaya perawatan kosmetik kedokteran gigi yang ingin Anda miliki sangatlah penting untuk diketahui terlebih dahulu.

Ringkasan:

Kedokteran gigi kosmetik menjadi semakin populer akhir-akhir ini untuk meningkatkan penampilan dan senyum banyak orang. Dengan munculnya teknologi baru, berbagai macam alat dan teknik tersedia bagi dokter gigi untuk membantu pasien mereka mencapai hasil yang diinginkan.

Namun, sebelum menjalani perawatan kedokteran gigi kosmetik, seseorang harus mengetahui terlebih dahulu risiko dan manfaat selain apa yang diharapkan selama dan setelah prosedur. Penting juga untuk mengetahui kredibilitas dokter gigi Anda untuk melakukan perawatan kedokteran gigi kosmetik, berapa biaya prosedurnya dan apakah perawatan khusus diperlukan setelah perawatan.