Tue. Dec 6th, 2022

Banyak kisah inspiratif para peternak yang berhasil menciptakan kambing perah dari Indonesia. Tujuan utama kambing ini adalah susu yang mereka hasilkan, baik dari segi produksi, kualitas rasa, maupun cara budidayanya.

 

Salah satu contoh terbaik yang terbukti sukses dengan peternakan sapi perah kambing adalah Mas Yanto, seorang peternak dari Peternakan Lurisae di Desa Kebon Gunung, Purworejo, Jawa Tengah. Ini tidak terbatas pada jenis susu saja, tetapi sudah melebarkan sayapnya ke jenis kambing mini.

 

Pada Januari 2021 Mas Yanto telah membudidayakan sekitar 50 ekor kambing perah. Salah satunya adalah Sapera yang merupakan hasil persilangan dua ekor kambing perah. Persilangan antara kedua kambing itu tidak luput dari perhatian. Mas Yanto sudah memikirkan keuntungan antara Saanen dan Etawa.

 

Menurut ahli, Saanen memiliki banyak produksi susu. Etawa adalah susu yang kaya dan enak. Sehingga kedua breed tersebut dapat menghasilkan susu yang sangat nikmat dalam jumlah yang sangat banyak. Juga, ada keseimbangan antara kuantitas dan kualitas.

 

Jenis Kambing Perah yang Menguntungkan untuk Peternakan

Ada berbagai jenis kambing yang digunakan untuk tujuan produksi susu di dunia. Dimulai dari Saanen, Etawa, Sapera, Alpin, dan Anglo Nubian. Artikel ini akan memberikan penjelasan tentang masing-masing varietas tersebut.

 

1. Kambing Saanen

Manfaat utama dari kambing ini, seperti yang dikatakan Mas Yanto, adalah produksi susunya yang banyak. Konon ambing susu kambing Saanen lebih berisi dibandingkan kambing etawa lokal Indonesia. Saanen berasal dari pegunungan Swiss dan terkenal dengan produksi susunya yang melimpah.

 

2. Kambing Etawa

Jenis lainnya yaitu Etawa dari Indonesia dan menjadi favorit peternak untuk dibudidayakan. Hal ini karena produk susu kambing etawa sangat terkenal dan lebih mudah ditemui dibandingkan jenis lainnya. Karena rasa dan cita rasa susu kambing etawa yang padat nikmat, kaya rasa dan terjamin nilai gizinya yang tinggi.

 

3. Kambing Sapera

Sapera hasil persilangan kambing Saanen fullblood jantan dan etawa betina. Hasilnya adalah keluaran yang layak antara 2 dan 3 1 liter susu per ekor setiap hari. Kambing jenis ini sangat cocok bagi peternak untuk tumbuh subur di iklim Indonesia, terutama di pegunungan.

 

Saanen terkenal dengan produksi susu berkualitas tinggi (murni 100-100 persen) dan kambing etawa yang juga dikenal sebagai PE betina dapat menghasilkan susu berkualitas tinggi. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam susu Sapera adalah protein, kalsium, magnesium, vitamin, karbohidrat, dan lemak baik.

 

4. Kambing Alpen

Susu berkualitas yang berkualitas tinggi dengan jumlah produksi yang sama. Kambing fullblood Alpine adalah pembiakan yang cukup mahal, oleh karena itu peternak jarang melakukan pembibitan dengan menggunakan kambing Alps. Namun, kualitas dan jumlah persilangan antara pejantan dan betina dari Pegunungan Alpen fullblood memberikan hasil yang paling sukses di kelasnya. Kambing ini asli pegunungan Alpen.

 

5. Kambing Anglo Nubia

Tidak hanya sebagai kambing perah, peternak Anglo Nubian menggunakan dagingnya karena memiliki tubuh yang kekar seperti Boer. Seolah-olah Anglo Nubian mampu memenuhi kebutuhan daging dan susu.

 

Mas Yanto tetap menerapkan sistem persilangan kambing luar negeri dengan kambing lokal untuk memastikan anak ayam penghasil susu dengan kualitas terbaik. Misalnya, Anglo Nubian fullblood jantan dapat menghasilkan susu dengan kualitas lebih tinggi dan lebih unggul. Mas Yanto juga sudah melakukan lebih dari 2 tes genetik. Ada Etawa, Saanen, dan Anglo Nubian yang ternyata bisa diterima.

 

Sistem penangkaran sendiri Namun, hal itu juga bergantung pada konsep kandang individu kambing yang menghasilkan susu. Kambing dapat bergerak dan berputar dengan bebas, yang membuat kambing merasa lebih nyaman. Saat kambing merasa nyaman dan rileks, mereka akan menghasilkan susu yang lebih baik.

 

Mas Yanto juga menegaskan bahwa beternak tidak sekedar meniru, namun perlu dikembangkan konsep sesuai dengan karakteristik masing-masing peternak. Dalam hal ini, ini menyiratkan bahwa kreativitas dan inovasi untuk pertanian diperlukan.

 

Harga Kambing Perah Fantastis

Kambing fullblood yang memiliki kandungan darah murni 100% jauh lebih mahal dari kambing campuran F1. Kambing penghasil susu fullblood biasa digunakan sebagai indukan untuk pengembangan ternak dengan meningkatkan kualitas dan kuantitasnya. Biayanya sesuai dengan keuntungan yang akan dipetik oleh peternakan.

 

Anglo Nubian fullblood jantan dan betina dewasa mulai dari 24jt, sedangkan Anglo Nubian F1 super mulai dari 3jt. Berdasarkan contoh harga di atas, jelas genetika yang benar-benar terpelihara dan rantai keturunan jelas memiliki harga premium.

 

Alps Fullblood dewasa pria dan wanita mulai dari 21 juta. Saanen fullblood pria dan wanita dewasa Indonesia mulai dari 21 juta. Kambing yang berkualitas baik harus didatangkan langsung dari peternakan Australia. Dalam semua sistem manajemen, pertumbuhan kambing dikontrol dengan ketat.

 

Mas Yanto juga melakukan hal yang sama, mendatangkan kambing unggul (impor) dari luar negeri. Peternakan kambingnya sangat berkembang. Bisa dikatakan demikian Secara umum, Mas Yanto berhasil membuka gerbang kesuksesan.

 

Impor Kambing Perah Fullblood untuk Meningkatkan Mutu dan Kualitas Ternak

Peternakan yang mendatangkan kambing perah impor mungkin tidak langsung produktif. Untuk itu diperlukan penggunaan teknik pemuliaan yang meliputi pembuatan kandang, pakan dan faktor lain yang mempengaruhi pertumbuhan kambing.

 

Keterampilan manajemen yang dijalankan dengan baik akan lebih membantu Anda. Oleh karena itu, ada baiknya menimba ilmu secara langsung melalui kunjungan ke peternakan kambing penghasil susu. Peternakan ini telah berkembang. Selalu tambahkan informasi dari berbagai sumber untuk mendapatkan lebih banyak dengan mengamati pengalaman masa lalu.

 

Di zaman modern ini, kita banyak menemukan informasi mengenai peternakan di internet maupun internasional. Tidak banyak peternakan terkemuka yang membagikan kisah inspiratif mereka tentang bagaimana menjadi sukses dan mencapai titik ini. Kisah inspiratif ini juga merupakan cara terbaik untuk mendapatkan motivasi.

 

Setelah termotivasi, jangan hanya puas. Anda harus bergerak cepat, bergerak dari satu titik bahkan ke arah yang produktif!

 

Jual Kambing Perah Fullblood Original Import dari Australia

GibasBarokah.com merupakan supplier kambing ras import yang terjamin kualitasnya. Kontrol kualitas yang ketat menghasilkan kambing yang sehat, produktif dan tidak cacat. bebas penyakit, dan siap berkontribusi dalam peningkatan kualitas kambing lokal.

 

Susu kambing masih sangat banyak peminatnya, karena susu mirip dengan susu sapi dapat bermanfaat bagi tubuh manusia. Namun rasa pada susu kambing bisa gurih dan nikmat. Mulai dari anak-anak hingga orang tua menikmati rasanya.

 

Saat ini adalah waktu yang tepat untuk mulai membudidayakan kambing perah penghasil susu. Anda juga bisa menjual anak ayam sapih (cempe) gratis. Ini juga bukan masalah, Anda memilih arah dan pertumbuhan pertanian Anda. Pada umumnya semua peternakan akan diawali dengan mendatangkan kambing perah yang baik, seperti halnya Mas Yanto.

 

Hubungi GibasBarokah.com untuk konsultasi tanpa biaya atau pembelian produk khusus kambing perah impor. GibasBarokah.com juga menyediakan produk tambahan seperti domba F1, perlengkapan hewan fullblood hingga olahan ternak.

By roket