Fri. May 14th, 2021

Instrumen gitar pasti selalu ada disetiap musik yang dimainkan. Dimana suara antara gitar yang satu dengan lainnya pastilah berbeda, hal ini karena memang gitar memiliki banyak jenisnya dengan suara yang berbeda-beda. Mau tahu jenis gitar apa saja yang populer dan banyak dimainkan di dunia, simak ulasannya dibawah ini.

Jenis – jenis Gitar

1. Gitar Senar Baja

Jenis gitar ini tergolong dalam gitar akustik. Jenis gitar ini mempunyai senar terbuat dari baja, karena itu karakteristiknya keras dan terkadang membuat sakit jari-jari saat pertama kali memainkannya. Gitar ini cocok dimainkan ketika bersantai atau dimainkan dalam ruang kecil, Jika dimainkan dalam pertunjukan atau konser, maka diperlukan adanya amplifier, pickup, serta mikrofon built-in.

Baca Juga: chord gitar

2. Gitar Baja

Jenis gitar yang satu ini berasal dari Hawai dan berbeda dengan gitar senar baja. Gitar ini mempunyai bobot lebih berat ketimbang jenis gitar lainnya, jadi ketika memainkannya pun harus dipangku. Jenis gitar baja terdiri dari 2 jenis, yaitu lap guitar dan gitar yang menggunakan pedal saat dimainkan secara horizontal di atas pangkuan.

3. Gitar Klasik

Jenis gitar selanjutnya adalah gitar klasik yang sering disebut juga dengan gitar Spanyol yang merupakan daerah asalnya. Gitar ini memiliki bentuk yang lebih kecil dari gitar akustik senar baja. Tapi, gitar klasik mempunyai pinggang yang lebih kecil sehingga menjadikannya lebih nyaman bila dimainkan sambil duduk. Bedanya dengan gitar senar baja yaitu pada bagian lehernya.

Gitar klasik mempunyai leher lebih lebar, serta tidak memiliki fret dan dot inlays yang lebih tinggi, serta menggunakan senar nilon bukan senar baja. Suara yang dihasilkan lembut, tebal dan mellow. Gitar klasik ini cocok digunakan dalam permainan musik klasik atau latin.

By dzail