Fri. Jan 21st, 2022

Pada usaha jenis distro, terdapat beragam jenis dan macam sablon desain kaos polos yang digunakan. Beberapa jenis sablon tersebut digunakan sesuai desain yang akan dicetak pada kaos. 

Berbagai desain gambar hasil karya sang desainer, akan dicetak dengan sablon pada kaos polos. Sebelumnya, telah disiapkan jenis kaos berkualitas yang menjadi pilihan distro. 

Terdapat beberapa jenis kaos polos seperti cotton combad 20s atau 30s. Kedua jenis kaos tersebut biasanya dipakai untuk dicetak dengan sablon. 

Sablon desain kaos polos pun berbeda jenis dan macamnya. Tergantung kebutuhan dan sesuai dengan desain gambar yang ada. 

Berikut adalah beberapa jenis sablon kaos polos, yang sering dipakai pada usaha distro dengan beragam jenis dan variannya: 

  1. Sablon Plastisol

Merupakan jenis sablon unggulan pada usaha desain kaos polos distro. Sablon yang berguna dalam menampilkan efek warna yang cerah sehingga desain yang tercetak sangat bagus di kaos. 

Terdapat berbagai warna tinta yang tersedia. Sehingga dapat disesuaikan dan diatur dengan warna kaos polos yang akan dicetak.  Sablon plastisol juga memiliki kualitas standar internasional. 

Namun kekurangan dari sablon plastisol adalah mudah terkelupas dan tahan panas. Oleh karena itu terdapat peringatan untuk menyeterikanya dengan terlalu panas. 

  1. Sablon DTG

Merupakan sablon digital dengan teknik langsung cetak. Menggunakan printer yang akan langsung mencetak desain atau gambar melalui computer. 

Sablon ini memakai metode DTG, dimana penggunaannya bergantung pada sistem digital yang mengandalkan mesin.  

  1. 3. Sablon Flocking

Jenis sablon flocking, merupakan sablon yang memberikan efek flock atau bulu halus. Disebut juga tampak seperti beludru pada permukaan hasil cetakan. Jenis sablon ini tidak menggunakan tinta. 

Sablon flocking memakai bubuk atau serbuk pewarna. Sehingga menghasilkan hasil cetakan warna yang tebal. 

  1. 4. Sablon Pigmen

Merupakan salah satu jenis sablon terbaik yang digunakan pada jenis kaos distro. Pigmen disebut memiliki hasil warna yang terang. Sablon Pigmen juga mudah meresap pada serat kain tertentu. 

  1. Sablon Rubber

Sablon rubber merupakan salah satu jenis sablon yang cukup sering digunakan serta diaplikasikan pada kaos. Sablon untuk desain kaos polos yang satu ini memiliki karakteristik yang dapat dilihat berdasarkan tingkat lekatannya, baik pada bahan kaos dan elastis sehingga membuat sablon yang satu ini terkenal sebagai jenis sablon terbaik. 

Sablon rubber paling sering digunakan pada usaha distro dikarenakan sangat mudah digunakan dan tidak terlalu mahal.  

 

 

By toha