Island Hopping di Kepulauan Derawan, Daya tarik Alam yang Tidak Terlewatkan

Island Hopping di Kepulauan Derawan ya Kepulauan di timur pulau Borneo ini populer akan keelokannya dan jadi tempat wisata favorite sampai luar negeri. Island hopping di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur, beberapa pulau dengan kecantikan dan daya tarik alam yang tidak terlewatkan. Salah satunya lokasi berlibur berpetualang hebat dan membahagiakan. Yok baca pembahasan berikut ini.

1. Pulau Derawan

Pertama ada Pulau Derawan di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Populer dengan keelokan bawah lautnya khususnya ada beragam tipe terumbu karang. Lantas aktivitas yang pas ialah diving dan snorkeling. Pantai pasir putih dan birunya laut, rimba bakau, dan padang lamun jadi daya magnetnya juga. Menelusuri pulau ini kurang cukup cuman satu hari, karena itu ada beberapa pemondokan.

Ke arah Pulau Derawan ada pilihan perjalanan laut, darat dan udara, bila di luar pulau Kalimantan Rekan Pelancong harus terbang ke arah Balikpapan selanjutnya melalui Tarakan untuk seberang dengan speed boat atau lewat jalan darat memakai bis dengan jalur langsung ke Pulau Derawan. Dan udara dari Balikpapan ke arah Lapangan terbang Kalimarau, diteruskan ke arah Derawan.

baca : Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Spot Terhebat Rasakan Sunset

2. Pulau Maratua

Seterusnya ada Pulau Maratua yang berada di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Selatan. Terletak tidak jauh dari Pulau Derawan sekitaran 1 jam memakai kapal. Pulau ini disebutkan serupa dengan Maldives karena keelokan lautan biru dan pasir putihnya. Rekan Pelancong bisa santai di pantainya, snorkeling dan diving menyaksikan keelokan bawah laut, atau trackking ke arah Gua Halo Tabung berisi air kebiruan jernih.

baca : 34 Tempat Rekreasi Di Bandung yang Harus Didatangi

3. Pulau Kakaban

Selanjutnya ada Pulau Kakaban berada di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Mempunyai kekhasan dan daya magnet, ada danau Kakaban berada di tengah-tengah pulau ini yang disebut serapan air laut dan kucuran hujan. Didalamnya ialah komunitas ubur-ubur Golden Jellyfish dan Moon Jellyfish yang jinak.

Rekan Pelancong saat sebelum sampai danau harus jalan 500 mtr. dengan jalur naik 45 derajat, melalui jembatan kayu ulin. Sepanjang perjalanan trackking bakal ada panorama sekitaran yang asri dan menentramkan. Setelah tiba beberapa pelancong bisa berenang atau snorkeling bersama ubur-uburnya.

Jalur ke arah Pulau Kakaban yakni naik pesawat terbang ke arah Balikpapan atau Samarinda, selanjutnya ada opsi lajur darat dengan memakai travel arah Kabupaten Berau sepanjang 15 jam perjalanan. Dan lajur ke-2  melalui udara dari Balikpapan atau Samarinda langsung ke arah Lapangan terbang Kalimarau, Tanjung Redeb lalu meneruskan perjalanan ke Derawan sepanjang 2 jam.

baca juga : paket wisata pulau macan jakarta

4. Pulau Sangalaki

Selanjutnya ada Pulau Sangalaki yang berada di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sebagai tempat pelestarian Penyu Sisik dan Penyu Hijau, pantainya ialah lokasi beberapa penyu dewasa bertelur. Disamping itu keelokan bawah lautnya benar-benar pas untuk snorkeling atau diving, Rekan Pelancong bisa juga menemui Pari Manta yang mencari makan di lautan dekat pulau. Langkah ke arah Pulau Sangalaki dapat memakai speed boat atau kapal dari Pulau Kakaban.

Begitu pembahasan island hopping di Kepulauan Derawan dengan pulau-pulaunya yang cantik dan memesona. Dapat menjadi rekomendasi berlibur Rekan Pelancong sesudah PPKM usai. Janganlah lupa selalu mengaplikasikan prosedur kesehatan.