Fri. Jan 21st, 2022
peralatan fitness

Olahraga baik untuk tubuh dan menyenangkan. Ada banyak bentuk olahraga yang bisa Anda lakukan, seperti cardio, endurance training, home workout, jogging, dan lainnya. Atau Anda juga bisa membeli beberapa peralatan fitness untuk diletakkan di rumah. Namun, esensi dari olahraga adalah kesehatan tidak dapat dicapai hanya dengan berolahraga saja, Anda harus mengonsumsi makanan yang tepat untuk menjalani gaya hidup sehat. Bagi Anda yang suka berolahraga, berikut beberapa makanan yang harus dikonsumsi sebelum berolahraga.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat tetap di butuhkan saat berdiet dan berolahraga, banyak orang menghindari karbohidrat karena dianggap bisa membuat gemuk. Sedangkan karbohidrat sendiri mengandung glukosa yang digunakan otot untuk bahan bakar saat berolahraga, jadi jika Anda tidak mendapatkan karbohidrat yang cukup, tentunya dapat memberikan efek negatif bagi tubuh Anda. Selain itu, karbohidrat juga dapat disimpan sebagai glikogen yang dapat digunakan sebagai cadangan energi. Namun, perlu dicatat bahwa glikogen yang tidak terpakai berubah menjadi lemak yang dapat membuat Anda gemuk, jadi konsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup dengan aktivitas fisik yang teratur.

  1. Protein

Banyak orang yang aktif dalam dunia kebugaran atau binaraga sangat akrab dengan kandungan yang satu ini. Protein dibutuhkan untuk membangun otot dan sel darah merah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otot. Sebenarnya, Anda bisa mengonsumsi protein sebelum dan sesudah berolahraga, namun ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi protein sebelum berolahraga, yaitu meningkatkan kekuatan dan massa otot, membantu pemulihan otot, dan meningkatkan kinerja otot. Bagi Anda yang ingin menjalani gaya hidup sehat sekaligus memperbaiki bentuk tubuh, sangat penting untuk mendapatkan protein yang cukup.

  1. Lemak

peralatan fitness

Jangan berasumsi bahwa lemak selalu merupakan nutrisi yang buruk, karena sebenarnya lemak terbagi menjadi dua jenis, lemak baik dan lemak jahat. Biasanya, lemak adalah glikogen yang tidak digunakan, sehingga menjadi sumber energi yang dapat digunakan untuk latihan intensitas sedang hingga tinggi, tetapi Anda juga bisa mendapatkan sumber lemak dari beberapa jenis makanan dan bukan hanya makanan yang mengandung karbohidrat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi makanan yang mengandung 40% kandungan lemak memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik saat melakukan latihan kardiovaskular seperti jogging, dan olah raga lainnya. Kesehatan merupakan hal dasar yang sering diremehkan, apalagi di kalangan anak muda, mereka sering sedikit berolahraga dan cenderung mengonsumsi makanan tanpa memperhatikan nutrisi yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan gaya hidup sehat sesegera mungkin untuk meminimalkan penyakit yang Anda dapatkan ketika Anda bertambah tua.

Hidup sehat dapat dicapai dengan menerapkan pola makan yang teratur dan juga gaya hidup yang sehat seperti berolah raga, tidur yang cukup dan lain sebagainya. Namun hal ini bukan berarti kamu tidak boleh memakan makanan yang lezat seperti makanan yang digoreng dengan deep fryer gas dan makanan lainnya. Makanan tersebut masih boleh dikonsumsi dengan takaran yang cukup dengan kebutuhan.