Ingin Bayi Prematur Cepat Gemuk? Lakukan 5 Hal Ini

Bayi prematur adalah bayi yang dilahirkan tidak mencukupi umur dan beratnya tidak sama dengan bayi yang lahir normal. Hal itu disebabkan karena kurangnya nutrisi dan kurangnya masa kandungan. Namun, hal tersebut bukan hambatan untuk menaikkan berat si bayi. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk hal tersebut salah satunya membeli susu formula yang baik di toko yang jual Morinaga.

Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Prematur

Kurangnya berat badan yang dimiliki bayi mungkin membuat Anda sebagai orangtua merasa khawatir jika sang bayi akan rentan terkena penyakit atau masa pertumbuhannya terhambat. Namun, Anda tak perlu khawatir berlebihan karena jika dirawat dengan baik berat badan bayi prematur akan naik secara bertahap. Perawatan yang dapat dilakukan antara lain:

1.     Berikan ASI Eksklusif

Untuk si kecil ASI merupakan komponen penting untuk menunjang kesehatan dan pertumbuhannya. Bahkan ditemukan fakta bahwa bayi yang telah diberi ASI secara rutin 24 minggu oleh sang ibu bisa membuatnya bertambah berat badan dengan baik.

Dengan diberikan ASI bayi bisa terlindung dari berbagai infeksi penyakit yang ringan maupun berbahaya.

2.     Menerapkan Skin-to-skin Contact

Skin-to-skin Contact atau bisa juga disebut Kangaroo care ternyata bisa membantu bayi agar bisa menambah berat badan. Cara ini juga membantu menjaga kehangatan badan si kecil, membuat tidurnya lebih nyenyak, dan membantu pernapasan bayi. Selain itu pemijatan pada bayi juga bisa menjadi salah satu cara Anda yang ingin membuat bayi cepat gemuk.

3.     Lakukan Pemeriksaan Rutin

Tentunya perlu dilakukan pemeriksaan rutin pada berat badan bayi agar mengetahui perkembangan bayi tersebut, sehingga Anda bisa mengetahui apakah masih diperlukan cara lain untuk menambah beratnya atau cara yang telah digunakan dirasa sudah cukup baik untuk mendukung pertumbuhannya ke depannya.

4.     Berikan Asupan Tambahan

Bila diperlukan biasanya dokter akan menyarankan bayi yang terlahir prematur untuk diberikan susu formula yang memiliki nutrisi lebih baik agar bisa menambah berat badan bayi secara signifikan.  Anda bisa membeli sendiri susu tersebut di toko atau tempat yang jual Morinaga atau susu lainnya.

5.     Pastikan Bayi Melekat pada Ibu

Untuk membuat bayi melekat dengan sang ibu memerlukan latihan ekstra. Pelekatan bayi yang baik jarang sekali terjadi secara alami dan sukar untuk dilakukan. Namun, Anda harus menguasainya agar bisa membuat bayi melekat dan mengisap payudara secara baik dan menyusu agar memperoleh ASI untuk asupan makanannya.

Selain melakukan hal di atas, juga bisa mengunjungi situs Orami Indonesia untuk informasi lebih rinci mengenai cara merawat bayi prematur. Pada situs itu juga Anda bisa menemukan toko yang jual Morinaga yang merupakan susu formula yang bagus dan bernutrisi lengkap untuk menambah berat badan bayi dengan kelahiran lebih awal.