Tue. Nov 24th, 2020
Informasi Tentang Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi

Salah satu penyakit yang sering diderita masyarakat akibat kolesterol tinggi adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner (PJK) adalah suatu kondisi di mana kolesterol jahat yang membentuk plak menyumbat pembuluh jantung (arteri koroner) yang menyuplai darah kaya oksigen ke jantung. Penyakit akibat kolesterol tinggi ini bisa dialami oleh siapa saja bukan hanya orang tua namun yang berusia muda.

Penyakit jantung koroner sendiri merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia dengan persentase 35% yang juga termasuk kelompok usia yang lebih muda yaitu 25-29 tahun. Salah satu pemicu penyakit jantung koroner adalah tingginya kolesterol jahat (LDL).

Gejala Penyakit Jantung Koroner

Penderita penyakit jantung koroner dapat merasakan gejala-gejala berikut ini:

  1. Nyeri dada bisa ringan atau parah yang berlangsung selama beberapa menit, dan kemudian secara bertahap menyebar ke dagu, leher, bahu, sisi kiri perut, punggung, dan tangan kiri.
  2. Penderita sering merasa lelah dan atau disertai pusing, mual, muntah dan keringat dingin
  3. Penderita penyakit jantung koroner juga bisa mengalami sesak napas karena fungsi jantung yang tidak normal
  4. Irama jantung yang tidak stabil atau lebih serius akan menyebabkan henti jantung dan dapat menyebabkan kematian

Pencegahan Penyakit Jantung Koroner

Kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Oleh karena itu, kebiasaan tersebut haruslah diubah untuk menghindari penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi termasuk penyakit jantung koroner.

Kebiasaan gaya hidup yang harus diubah yaitu berhenti merokok, tidur yang cukup, mengontrol stres, menjaga berat badan, mengontrol kadar gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol, rajin olahraga atau aktif beraktivitas secara teratur, serta mengonsumsi makan dan minuman sehat dan menghindari makanan tinggi kandungan gula, garam, dan kolesterol.

Inilah informasi terkait penyakit yang disebabkan oleh kolesterol yaitu penyakit jantung koroner, apa saja gejalanya dan bagaimana cara mencegahnya. Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu penyebabnya adalah kadar kolesterol jahat yang tinggi.

Salah satu cara untuk mencegah kolesterol tinggi adalah dengan mengonsumsi minuman penurun kolesterol seperti Nestlé Acticor. Acticor mengandung beta glucan dari oat dan inulin dari sawi putih yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, Nestlé ACTICOR juga termasuk sebagai minuman susu rendah lemak.

Cobalah 4 rasa Nestlé ACTICOR, termasuk Avocado, Banana, Chocolate, dan Green-Tea Latte. Untuk rasa yang lebih enak, anda bisa menyimpannya terlebih dahulu di kulkas untuk menikmatinya secara dingin. Nestlé ACTICOR dapat dikonsumsi oleh orang dewasa di atas 18 tahun yang peduli akan kesehatannya. Jantung koroner memang merupakan penyakit akibat kolesterol tinggi yang harus dicegah dan dihindari agar tidak membahayakan nyawa.