Tue. Dec 6th, 2022

Sinopsis Mumun dan Film Inang, Mana yang Lebih Seram?

Perfilman Indonesia memang tidak bisa lepas dari film-film horor, bahkan pada rentang sebulan, ada setidaknya satu atau dua film genre horor Indonesia, rekomendasi film horror terbaru yang bisa kamu coba nonton yaitu Inang dan Mumun. Dua film tersebut secara bergantian rilis dan sama-sama ada mitos populer Indonesia di dalamnya, untuk pencinta horor, maka wajib menonton film-film tersebut.

Sebelum menikmati tontonan horror terbaru ini, simak sinopsis mumun dan film Inang tersebut di bawah ini.

Inang, Seramnya Rahasia Ritual Keji Kepada Ibu Hamil

Film INANG menceritakan mengenai tokoh Wulan, yang hamil tidak sesuai rencana atau di luar pernikahan. Wulan ditinggal kekasihnya dan kendati disarankan melakukan aborsi, Wulan memutuskan bertanggung jawab terhadap anaknya tersebut yang masih belum lahir.

Wulan lantas ikut saran sahabatnya mencari mereka yang berbaik hati bisa mengadopsi anaknya. Hal tersebut yang membuat Wulan bertemu kelompok daring Dukung Kehamilan dan kelompok ini menyatakan kalau mereka merupakan sukarelawan yang mendukung kehidupan janin.

Dari sinilah Wulan dikenalkan kepada keluarga Santoso, keluarga tersebut kaya raya, tetapi Wulan harus menghadapi aliran kepercayaan okultisme Jawa dan terdapat berbagai rahasia mencekam di baliknya. Pada trailer INANG berdurasi semenit awalnya memberikan narasi seputar Rabu Wekasan yaitu kepercayaan yang dianggap bisa merugikan bayi baru lahir.

Rebo Wekasan adalah hari keburukan yang menghampiri bayi dan menimbulkan kesialan.  Karena hal itu, maka muncul ritual ruwatan untuk mereka yang lahir saat Rabu Wekasan, seperti mandi air bunga, prosesi tertentu, pembakaran patung bayi dan sebagainya. Tampak juga ritual penyayatan kepada ibu hamil termasuk simbolisasi penyayatan melalui media tikus yang terpenggal tidak sempurna.

Adegan lainnya yaitu Wulan yang datang ke rumah kediaman Santoso, dan terdapat adegan Bergas yaitu karakter lain yang tampak mencari sesuatu hal yang ganjil. Pada adegan lainnya, ada beberapa orang tampak dibius sampai busa putih keluar dari mulutnya dan beberapa adegan sadis yang lainnya.

 

Mumun, Teror Hantu Pocong yang Mengerikan

Selanjutnya ada film Mumun, sinopsisnya yaitu diawali dengan cerita Mumun (diperankan Acha Septriasa) hendak menjalani pernikahan dengan Juned (diperankan Dimas Aditya). tapi menjelang pernikahan tersebut, Mumun sayangnya tewas.

Mumun sebelum tewas seolah ada sesuatu yang mengejarnya di hutan lalu ia jatuh dan akhirnya tewas. Pada saat pemakaman, penggali kubur yaitu Husein (diperankan Mandra) tidak melepas tali pocongnya.

Hal tersebut membuat Mumun pada akhirnya mati penasaran menjadi pocong yang bisa membawa malapetaka kepada warga. Lalu warga pun menyebarkan kabar Mumun menjadi pocong dan Juned tidak terima kekasihnya disebut Pocong Mumun.

Lalu Pocong Mumun mulai meneror penggali kubur, Pocong Mumun bahkan menghantui juga sang saudara kembar yaitu Mimin. Mumun bukan hanya bergentayangan menuntut tali dibuka saja, namun meneror juga Jefri (diperankan Volland).

Pada film Mumun ini diceritakan Jefri merupakan penagih hutang dan preman yang suka dengan Mumun. Ia sering memanfaatkan situasi agar menggoda Mumun ketika menagih hutang.

Tapi saat pocong Mumun hendak balas dendam kepadanya, Jefri ternyata telah meninggal dan meneror juga seluruh warga. Bukan hanya itu saja, teror Mumun berlanjut membuat warga-warga pun gelisah sampai warga berencana melakukan penyempurnaan makam jenazah Mumun.

Lalu apakah dari rencana menyempurnakan makam tersebut bisa menghentikan teror? Agar mengetahui kelanjutan cerita, bisa saksikan film Mumun di bioskop terdekat.

By Drajad