Tue. Nov 24th, 2020
Gejala Umum Pada Ibu Hamil Saat Usia Kandungan Sudah Mencapai 2 Bulan

Ada banyak gejala yang bunda harus pahami ketika memasuki masa usia kandungan di bulan ke dua ini. Gejala ringan yang belum pernah bunda rasakan akan tiba tiba hadir dan setia menemani.

Beberapa gejala umum misalkan adanya rasa nyeri pada bagian payudar, kemudian sering ke toilet untuk buang air, sampai dengan terkadang sering merasa lelah padahal tidak sedang aktifitas berat.

Semua kondisi ini bunda alami tidak lain karena adanya janin yang ada di dalam perut bunda yang ukuranya sudah mulai membesar dan hampir terbentuk menjadi cabang bayi yang sudah sempurna.

Kami akan mencoba berbagi sedikit saja bagiamana proses perkembangan janin di usia 2 bulanan ini kepada bunda supaya lebih paham nanti dalam menjaga kondisi kesehatan bunda sehingga janin tetap dalam kondisi baik baik saja sampai melahirkan.

Secara singkat kondisi janin sudah mulai lengkap dari pergelengan kaki, kemudian telinga, tangan dan sisitem kerja organ lainya juga sudah sangat sempurna, meskipun memang ukuranya masih sangat kecil kisaran 30mm.

Lebih jelas nanti bunda bisa tanyakan ke dokter kandungan tempat bunda USG dia akan senang menjelaskan proses tumbuh kembang janin bunda.

Adapun perubahan yang akan bunda alami dalam masa masa perkembangan bayi 2 bulan dalam kandungan antara lain:

Morning sickness

Ini sangat umum, bunda akan sering mual dan sesekali muntah. Kondisi ini berlangsung kebanyakan pada usia kandungan 4 sampai dengan 5 minggu. Yang jelas adalah bunda jangan malas makan paksa makan meskipun sedikit.

Perubahan mood

Kemudian bunda akan sering mengalami kondisi jiwa yang tidak stabil dalam artian mood bunda tidak bisa terkontrol. Lebih mudah emosi dan marah-marah dan beberapa perubahan dari sisi emosional lainya.

Kondisi perubahan ini tidak lain disebabkan karena adanya perubahan hormon pada tubuh bunda. Bunda akan sering emosi, maka dalam kondisi ini terkadang suami juga harus tahu dan maklum.

Malas Makan

Kondisi bunda malas makan ini dikarenakan adanya rasa mual yang datang dan pergi. Namun tentu saja terkadang banyak bunda mau makan kalau makananya pedas saja, nah ini juga usahakan dalam batas normal apakah masih baik untuk kesehatan janin.

Malas makan jangan dibiarkan berlarut-larut paksa diri anda makan meski hanya sedikit karena janin yang masih dalam bentuk embrio dalam perut anda sangat membutuhkan nutrisi.

Sembelit

Pada awal kehamilan kondisi sembelit susah buang air besar ini terkadang banyak di alami oleh wanita hamil pada periode 3-4 bulan pertama.

Sembelit ini bisa dikatakan masih dalam batas normal, karena adanya pengaruh hormon progesteron, yang bisa memperlambat pencernaan.

Dalam usia kehamilan minggu ke delapan ini setidaknya anda sudah bisa mengetahuinya jauh lebih dini. Usahakan jangan lali cek kondisi perkembangan kehamilan anda secara rutin di dokter kandungan.