Sat. Dec 3rd, 2022

Level meter adalah alat ukur untuk mngukur dan menentukan ketinggian suatu media baik itu media cair maupun solid seperti powder, biji-bijian atau pasir. Level meter mempunyai jenis yang beragam sesuai dengan type sensor level yang digunakan .

Pada umumnya,  yang dikenal masyarakat adalah level sensor yang digunakan sebagai level switch seperti pada penampungan air atau tandon air di rumah-rumah. Level ini digunakan untuk mematikan dan menghidupkan pompa guna memenuhi tandon air.

 

Fungsi Level Meter

Level sensorl adalah alat yang digunakan untuk menentukan atau mengukur ketinggian permukaan ( level) atau jumlah cairan atau solid yang mengalir dalam sistem terbuka maupun tertutup sperti tanki. Terdapat dua jenis pengukuran level yaitu pengukuran level padada suatu titik atau pemngukuran aliran secara kontinyu seperti mrnggunakan Fill Rite Flow Meter.

Level sensor jenis kontinyu digunakan untuk mengukur level hingga batas tertentu, dengan harapan hasil pengukuranya akurat. Sementara untuk level sensor titik biasanya digunakan untuk menentukan batas ketinggian apakah media tersebut levelnya rendah atau tinggi atau diantaranya.

Dengan diketahui level dari material dalam tanki , maka kita bisa mengetahui jumlah material dalam tanki tersebut dengan satuan unit volume atau lainnya.

 

Komponen Level Meter

  • Level Sensor
  • Level Transmitter, Level Gauge, Level Control

By Drajad