Sat. Dec 3rd, 2022

3 Cara Follow Up Lamaran Kerja yang Tepat Beserta Tipsnya

Follow up lamaran kerja ini berfungsi untuk mengetahui sebilah informasi terkait lamaran kerja. Anda yang mungkin sedang tidak sabar untuk menunggu atau sekedar ingin tau tentang informasi lebih lanjut juga bisa melalui follow up lamaran kerja ini. Tenang saja melakukan follow up juga tidaklah sulit. Berikut cara untuk Follow Up Lamaran Kerja Beserta Tipsnya antara lain :

 

  1. Contoh follow up 1

Selamat Pagi,

Nama saya randy dan saya baru saja melamar pekerjaan sebagai desain grafis. Saya ingin menegaskan kembali minat saya untuk dipertimbangkan untuk peran tersebut, dan keyakinan pada kemampuan saya untuk membawa nilai terbaik untuk perusahaan yang Anda pimpin. Saya menantikan langkah berikutnya dan apakah ada informasi tambahan yang dapat saya berikan untuk membantu memajukan proses?

 

  1. Contoh follow up 2

Pelamar : maaf mengganggu Anda, saya sebagai salah satu pelamar kerja ingin bertanya tentang informasi terkait interview. Kira – kira kapan ya bu hasil interview ini dimuat?

HRD        : Untuk hasil interview bisa Anda tunggu informasi berikutnya

Pelamar : Kira – kira kapan ya bu informasinya akan ditampilkan?

HRD        : Sekitar 3 hari dari sekarang

Pelamar : Terimakasih bu atas informasinya, maaf mengganggu waktunya.

 

  1. Follow up melalui email

“Terima kasih telah mempertimbangkan saya sebagai salah satu dari banyak kandidat yang mungkin di Perusahaan Anda yang terhormat. Itu selalu merupakan aspirasi bagi saya untuk bekerja atas nama Perusahaan yang Anda pimpin. Saya telah mencari peran yang cocok untuk saya di perusahaan distribusi. Dihari kemarin saya begitu bersemangat, jadi saya sangat ingin mengisi posisi sebagai Dokter. Saya ingin mendiskusikan lebih banyak tentang pengalaman yang saya miliki agar dapat membantu Perusahaan terkait posisi yang dibutuhan di bagian Dokter.

 

  1. Follow up melalui whatsapp

Untuk melalukan teknik follow up melalui whatsapp akan lebih sopan jika Anda melakukannya pada jam kerja. Lakukan follow up di sekitar jam 10 hingga 11 siang dan hindari melakukannya diwaktu yang terbilang masih pagi. Anda bisa menanyakan hasil wawancara dan informasi lain yang terkait oleh seleksi penerimaan pegawai. Caranya sama seperti yang lain dan yang membedakan bahwa ini dilakukan dengan menggunakan whatsapp.

 

  1. Hindari follow up berulang

Nah untuk tips ketika melakukan follow up adalah dengan menghindari mengirimi pesan secara berulang. Apabila hasil follow up yang Anda lakukan tidak segera mendapat balasan, maka dari itu Anda bisa mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan lain. Anda bisa mencoba untuk memantau akun resmi perusahaan apakah tempat yang Anda lamar mengirim informasi terkait hasil recruitment ataukah tidak. Hindari untuk melakukan pertanyaan yang berulang kali agar Anda tidak menjadi sasaran oleh perusahaan dan dicap sebagai yang tidak kompeten. Tetaplah menunjukkan karakter yang baik apapun kondisinya.

 

  1. Tunjukan kesabaran

Penting untuk menjadi sabar ketika hasil dari follow up tidak kunjung mendapat jawaban. Hal ini bisa terjadi apabila perusahan yang Anda lamar merupakan salah satu perusahaan yang besar. Perlu waktu untuk mempersiapkan segalanya dan Anda haruslah sabar untuk menunggu hasil jawabannya.

 

  1. Sampaikan dengan bahasa formal

Anda haruslah tetap menggunakan bahasa formal untuk menunjukkan etika walau perusahaan yang Anda lamar berkonsep millenials. Hindarilah bahasa yang baku dan tetaplah menjadi sesosok yang sopan dan santun.

Follow Up Lamaran Kerja Beserta Tipsnya memiliki beberapa cara yang beragam. Anda bisa mencoba follow up jika itu diperlukan.

By Drajad