Mon. Oct 3rd, 2022

Pemanfaatan energi baru terbarukan merupakan salah satu solusi tepat untuk membangun kota berkelanjutan. Energi ini juga dapat mengurangi aktivitas penamambangan yang tak terkendali untuk pemenuhan energi. Salah satu jenis sumber energi terbarukan yang dapat digunakan hingga berabad-abad adalah energi surya atau matahari.

Sebagai negara yang letaknya berada di wilayah garis khatulistiwa dan memiliki iklim tropis, Indonesia memiliki potensi yang tinggi dalam pemanfaatan energi surya untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakatnya, baik untuk keperluan rumah tangga sehari-hari maupun untuk kepentingan bisnis.

 

Cara Kerja Panel Surya

Untuk mengkonversi sinar matahari menjadi energi listrik, dibutuhkan panel surya yang berperan sebagai pembangkit listrik. Lalu bagaimanakah cara kerja panel surya dalam menghasilkan energi listrik?

Cara kerjanya cukup sederhana, panel surya akan menyerap paparan sinar matahari menggunakan sel fotovoltaik untuk kemudian diubah menjadi energi listrik. Sel fotovoltaik yang ada di antara lapisan bahan semikonduktor tersebut biasanya terbuat dari material silikon. Ketika matahari menyinari panel surya, elektron akan terlepas dan menghasilkan aliran listrik. 

Sebagai salah satu jenis sumber energi baru terbarukan yang ramah lingkungan, sinar matahari dapat menjadi solusi untuk menciptakan energi bersih di masa yang akan datang. Panel surya juga tidak akan memancarkan emisi karbon yang berbahaya bagi manusia dan juga lingkungan. 

Ketersediaan sinar matahari yang terjamin tentu membuat energi surya menjadi sumber energi listrik yang ideal dan stabil sebagai pasokan listrik untuk keperluan industrial, seperti sektor tekstil dan garmen.

Selain itu sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) tidak membutuhkan biaya untuk membeli pancaran sinar matahari sehingga pemanfaatan tenaga surya ini terbilang murah dan praktis. PLTS hanya memerlukan investasi di awal pemasangan panel saja dan kemudian dapat menghemat biaya listrik perusahaan di tahun-tahun berikutnya. 

 

Jasa Pembangkit Listrik PTPJB

Bagi perusahaan-perusahaan di daerah pulau Jawa yang membutuhkan jasa pembangkit listrik berkualitas. PT PJB (Pembangkitan Jawa-Bali) berkomitmen untuk menyediakan energi baru terbarukan serta pembangkit listrik yang berkelanjutan, salah satunya dengan memanfaatkan energi surya sebagai sumber energi listrik. Kami siap menjadi mitra bagi perusahaan yang ingin mengembangkan bisnis pembangkit listrik dengan konsep eco-friendly melalui website https://www.ptpjb.com/.