Display dalam Pertunjukan Drumband

Pada pertunjukan drumband melakukan display adalah hal yang menjadi penilaian plus secara keindahan tampilan visual. Mulai dari baris berbars, gerak tari, dan atraksi maupun membuat formasi. Sebelum melakukan display pada pertunjukan biasanya mereka sudah berlatih koreografi sebaik mungkin, untuk menampilkan sajian yang luar biasa. Sudah menjadi sebuah tuntutan bai para personiluntuk menempatkan diri dengan baik sesuai dengan bagian masing – masing. Karena display yang baik membutuhkan pastisipasi aktif dari para personil drumband.

Saat melakukan display setiap personil harus memperhatikan banyak hal. Seperti menjaga tempo musik yang dimainkam, melakukan gerak dalam barisan tetap rapi, menyelaraskan gerak tubuh dengan pemain lainnya. Sehingga dapat menampilkan formasi yang rapi dan indah. Dalam display biasanya dipandu oleh mayoret. Dia akan mengkomunikasikan gerakan dan kapan harus membentuk formasi display. Jadi dalam permainan musik drumband para personil harus tetap fokus. Agar mengetahui aba aba atau perintah dari mayoret.

Apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal saat melakukan display, maka setiap unit drumband perlu memperhatikan hal hal berikut :

Konsep Formasi Display, disini sebelum melakukan latihan display buatkan konsep formasi display yang matang. Komunikasikan konsep tersebut kepada semua personil drumband.

Latihan Teratur, Selanjutnya latihan melakukan display dilapangan. Pastikan para personil drumband baik player alat musik dan barisan colourguard mengetahui posisi masing masing. Dari posisi dalam barisan hingga membentuk formasi display.

Jarak, yaitu personil harus mampu mengatur bagiannya sendiri dan memperkirakan jarak antara satu titik dia berdiri dengan titik personil lainnya. Jarak ini dapat diselaraskan dengan mengatur tempo langkah kaki bersama. Hal hal yang bersifat teknis, seperti langkah kaki, pergesaran titik, membuka barisan dan menutup barisan kembali dapat langsung dipraktekkan di lapangan dengan panduan seorang mayoret dan pelatih drumband.

Alur, untuk alur display setiap personil harus sudah memahami dimana dia harus berdiri. Dari tempat dia berdiri lalu menuju ke tap berikutnya. Biasanya dalam display mereka akan bermain beregu dan membentuk formasi barisan sendiri. Semua dibagi berdasarkan jenis alat musik yang dimainkan, seperti grup perkusi drumb, grup marchingbell, grup musik tiup, dan colourguard atau pom pom. Biasanya grup colourguard ini bergerak lebih leluasa dengan memainkan bendera atau aksesoris yang dikenakan dengan mengelilingi formasi display.

Tata Letak, yang harus diperhatikan berikutnya adalah tata letak dan ketersediaan lapangan untuk formasi display. Seorang mayoret harus mampu mengatur dan menata agar semua personil bisa bergerak didalam lapangan. semua personil dapat melakukan formasi barisan masuk dilapangan atau diarena yang sudah disediakan. Selanjutnya pastikan formasi yang sudah dikonsepkan tidak rusak ditengah pertunjukan karena minimnya tempat atau tempat display yang terlalu luas. Yang sering terjadi adalah ketika arena display terlalu luas barisan display akan merenggang dan konsentrasi permainan alat musik terpecah. Begitu juga sebaliknya jika arena display terlalu sempit semua akan terlihat saling berhimpitan. Dan mereka tidak dapat melakukan display dengan sempurna. Jadi yang perlu dilakukan adalah mempelajari lokasi display dan bisa memperkirakan seberapa luas satu barisan bisa mengisi arena display tersebut.

Untuk informasi alat dan harga drumband silahkan klik disini.