Tue. Dec 6th, 2022

Bagaimana langkah promosi di Instagram ya? Apakah kamu jadi tidak benar satu yang coba manfaatkan sarana sosial populer itu promosi?

Instagram (IG) sudah jadi tidak benar satu sarana sosial paling populer yang digunakan lebih dari 1 miliar pengguna setiap bulannya. Jumlah angka yang amat besar ini pasti menjanjikan sebagai layanan promosi bisnis.

Kalau kamu juga pemilik usaha online dan manfaatkan Instagram sebagai sarana promosi dan berjualan, maka kamu harus memahami langkah promosi di Instagram yang efektif.

Untungnya, terkandung fitur promosi di Instagram yang sanggup memudahkan para pemilik usaha untuk mengiklankan produk mereka, dan juga menarik banyak pelanggan baru. Fitur berguna ini disebut Instagram Ads.

Kalau kamu dambakan memahami lebih lanjut berkenaan fitur Instagram Ads, lihat penjelasan Jaka berkenaan langkah promosi di Instagram berikut ini.

Cara Promosi di Instagram Melalui Fitur Instagram Ads

Instagram Ads adalah platform iklan di Instagram untuk feed maupun Instagram Story. Sejak bergabung bersama dengan Facebook pada 2012, platform iklan keduanya disatukan di bawah Facebook Ads Manager, agar langkah pembuatan Instagram Ads hampir serupa bersama dengan Facebook Ads.

Kalau kamu dambakan memahami berapa tarif pasang iklan di Instagram, maka jawabannya amat terjangkau, geng. Hanya bersama dengan budget sekurang-kurangnya Rp10.000 per hari, kamu sudah sanggup beriklan di Instagram.

Kalau kamu tertarik memasarkan produk lewat Instagram Ads, ada sebagian hal yang harus kamu ketahui berkenaan fitur promosi di Instagram satu ini, layaknya tips promosi, format iklan, dan juga langkah membawa dampak iklan di Instagram Ads jasa followers instagram tertarget.

 

Tips Promosi di Instagram

Berpromosi di Instagram terbukti jadi langkah yang efisien untuk membesarkan nama merek dan meningkatkan penjualan. Instagram punya jenis konten visual, agar lebih menarik untuk diamati dan tingkat engagement sanggup lebih tinggi dibanding sarana sosial lain.

Supaya kamu sukses mempertahankan para pelanggan lama dan juga beroleh banyak pelanggan baru, ada sebagian hal yang harus kamu perhatikan kala jalankan promosi di Instagram.

 

1. Lengkapi Bio Instagram

Guna meningkatkan kepercayaan dari para pengguna Instagram, pastikan Bio pada account Instagram yang dambakan kamu promosikan sudah terisi bersama dengan lengkap dan jelas.

Kamu sanggup manfaatkan kata kunci, menambahkan deskripsi singkat soal produk yang kamu jual, melampirkan kalimat Call To Action, dan juga menyisipkan link website. Boleh juga manfaatkan emoji, lho, geng, agar tampilannya lebih menarik. Tapi, jangan amat banyak, ya.

 

2. Berikan Konten yang Bermanfaat

Supaya followers-mu tidak jadi dijejali bersama dengan konten-konten promosi secara terus-menerus, coba post foto atau video edukatif terkait produkmu. Dengan demikian, dapat timbul pertalian pada kamu bersama dengan followers, agar sanggup menciptakan kesetiaan yang tinggi.

 

3. Posting secara Konsisten

Kalau kamu rajin posting, barangkali besar foto atau videomu dapat sering muncul di bagian atas feed, agar followers-mu nggak harus scroll hingga bawah agar sanggup memandang post-mu. Manfaat lainnya adalah brand_ bisnismu dapat makin dikenal banyak orang.

Kamu juga sanggup menuliskan caption menarik agar followers nggak cuma memandang foto atau video iklan yang kamu post. Jangan lupa mencatat selagi paling baik untuk posting konten agar beroleh engagement tinggi.

 

4. Gunakan Hashtag

Fitur hashtag berguna untuk memudahkan pengguna Instagram dalam mencari sesuatu. Dengan demikian, post-mu dapat lebih mudah ditemukan kalau manfaatkan hashtag. Tapi, jangan menggunakannya amat banyak agar tidak diakui spam klik disini.

 

5. Share Testimoni Pelanggan

Testimoni jadi bukti paling bagus untuk membangun kepercayaan pembeli pada penjual. Agar tidak menyebabkan kerusakan feed, maka upload testimoni sebagai Instagram Story. Kemudian, masukkan pada fitur Highlights bersama dengan judul Testimoni.

 

6. Manfaatkan Fitur Instagram Ads

Tips lain yang nggak kalah mutlak adalah manfaatkan fitur promosi di Instagram yang bernama Instagram Ads. Seperti yang sudah Jaka jelaskan di atas, fitur ini strategis untuk menjangkau banyak pelanggan baru lewat konten foto atau videomu yang dipromosikan.

 

Format Iklan di Instagram Ads

Fitur Instagram Ads punya sebagian format yang tidak sama untuk iklan yang dipromosikan. Dengan demikian, ukuran gambar atau video yang dimasukkan ke satu format sanggup tidak sama bersama dengan format lainnya.

Supaya kamu nggak bingung bersama dengan format iklan di Instagram Ads, berikut penjelasannya untuk kamu.

1. Instagram Story

Gunakan jenis file .jpg atau .png untuk iklan foto, dan .mp4 atau .mov untuk iklan video.

Ukuran maksimal file iklan foto adalah 30MB dan untuk iklan video sebesar 4GB.

Durasi maksimal iklan foto adalah 5 detik, tetapi iklan video dapat ditampilkan maksimal 120 detik.

Dimensi sekurang-kurangnya iklan di Instagram Story adalah 600 x 1067 pixel, tetapi resolusi yang direkomendasikan adalah 1080 x 1920.

 

2. Iklan Foto

Gunakan format file .jpg atau .png

Iklan yang berupa persegi punya dimensi 1080 x 1080 pixel dan rasio 1:1, tetapi yang berupa persegi panjang berdimensi 1200 x 628 pixel bersama dengan rasio yang sama.

Gunakan resolusi sekurang-kurangnya 600 x 600 pixel.

 

3. Iklan Video

Gunakan format file .mp4 atau .mov

Resolusi video sekurang-kurangnya 600 x 315 pixel (1,91:1 landscape), 600 x 600 pixel (1:1 square), dan 600 x 750 pixel (4:5 vertical)

Durasi iklan video maksimal 60 detik.

Ukuran file video maksimal sebesar 4GB.

Maksimal frame rate adalah 30 fps.

 

4. Iklan Carousel (Slideshow)

Rekomendasi ukuran foto iklan carousel adalah 1080 x 1080 pixel bersama dengan rasio 1:1.

Resolusi sekurang-kurangnya video iklan carousel adalah 600 x 600 pixel, tetapi resolusi maksimalnya adalah 1080 x 1080 pixel.

Durasi video iklan carousel pada 3 hingga 60 detik.

Ukuran file video maksimal sebesar 4GB.

Maksimal frame rate adalah 30 fps.

 

5. Iklan Koleksi

Rasio foto atau video yang ditampilkan pada 16:9 hingga 1:1.

Judul iklan tidak muncul di iklan Koleksi Instagram.

Maksimal panjang teks adalah 90 karakter.

 

Cara Membuat Iklan di Instagram Ads

Setelah kamu memahami tips dan format yang tepat untuk iklan di Instagram Ads, maka kamu juga harus memahami langkah membawa dampak iklan di Instagram Ads. Seperti yang Jaka sebutkan di atas, pembuatan Instagram Ads jadi satu bersama dengan Facebook Ads lewat Facebook Ads Manager.

Dengan demikian, kamu harus punya account Facebook terutama dahulu sebelum membawa dampak iklan di Instagram Ads. Kalau kamu sudi memahami langkah lebih lengkap membawa dampak Instagram Ads, lihat langkah-langkahnya berikut ini.

 

Langkah 1 – Buka Facebook Ads Manager

Buka web Facebook Ads Manager lewat alamat https://www.facebook.com/business/tools/ads-manager. Pastikan juga bahwa kamu sudah login ke account Facebook.

Langkah 2 – Membuat Iklan untuk Instagram Ads
Buka menu Kampanye dan klik Buat Iklan. Facebook dapat menambahkan dua pilihan membawa dampak iklan, yakni Pembuatan Iklan Terpandu dan Pembuatan Iklan Cepat. Saran Jaka, sebaiknya pilih Pembuatan Iklan Terpandu agar iklan kamu lebih spesifik.

Selanjutnya, memastikan target iklan. Facebook Ads Manager sediakan tiga target iklan, yakni Kesadaran (Awareness), Pertimbangan (Consideration), dan Konversi (Conversion). Kali ini, Jaka dapat pilih target Pertimbangan – Lalu Lintas Kunjungan.

Setelah itu, pilih jenis iklan. Facebook Ads Manager sediakan dua jenis iklan, yakni Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Dua jenis iklan berikut tidak sanggup digunakan bersama.
Tulis nama iklan dan pilih target trafik. Kamu sanggup mengarahkan trafik ke website, aplikasi, Messenger, atau WhatsApp. Kali ini, Jaka pilih trafik ke website.

Tentukan spesifikasi target audience berdasarkan faktor-faktor layaknya pada gambar berikut.
Kemudian, memastikan penempatan iklan. Jika kamu pilih Penempatan Otomatis, maka iklanmu dapat ditampilkan di Facebook, Instagram, dan seluruh aplikasi yang bekerja serupa bersama dengan Facebook. Kalau kamu dambakan menampilkan iklan cuma di Instagram, kamu sanggup pilih Edit Penempatan dan mencentang Instagram saja.
Jika sudah, memastikan berapa lama iklanmu dambakan ditampilkan. Pada tutorial langkah promosi di Instagram kali ini, Jaka pilih untuk menampilkan iklan selama satu bulan.

Tambahkan account Instagram yang dambakan kamu hubungkan bersama dengan halaman Facebook-mu. Klik Tambahkan sebuah Akun untuk menghubungkannya.

Selanjutnya, pilih format iklan untuk Instagram Ads yang kamu inginkan. Kamu sanggup merujuk pada penjelasan Jaka berkenaan 5 format iklan Instagram Ads di atas.

Langkah setelah itu adalah tulis deskripsi iklanmu. Buat deskripsi yang menarik dan singkat agar audience sanggup segera memahami bersama dengan target iklan Instagram Ads yang kamu buat.

Pilih gambar yang cocok bersama dengan deskripsi iklanmu. Kamu sanggup merujuk pada penjelasan Jaka di atas berkenaan ukuran gambar untuk masing-masing format Instagram Ads. Selain itu, tambahkan juga judul iklan yang menarik dan juga URL tujuan.

Langkah paling akhir dari tutorial langkah promosi di Instagram kali ini adalah jalankan pembayaran. Kamu sanggup membayar manfaatkan kartu kredit maupun debit.

Setelah kamu membayar, Facebook dapat meninjau iklanmu dan dapat segera menampilkannya kalau sudah mencukupi seluruh syarat dan ketetapan yang berlaku.

By Drajad