Mon. Apr 12th, 2021

Resep Udang Goreng dan Cara Membuatnya yang Bikin Ketagihan

Salah satu olahan udang yang sering ditemui adalah udang goreng mentega. Masakan ini juga banyak dijual di warung makan hingga restoran. Namun, bila Anda tidak ingin membeli, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti tahap-tahap memasak yang benar.

Jangan khawatir, alat dan bahan untuk membuat masakan satu ini cukup mudah ditemukan. Anda tidak akan repot dalam menemukan alat dan bahannya. Anda bisa sajikan masakan ini di rumah untuk keluarga. Nah, langsung saja, inilah cara mudah membuat udang goreng mentega yang super lezat.

  1. Siapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan butir

Alat dan bahan yang diperlukan untuk memasak udang goreng mentega ini adalah satu buah wajan, spatula, dan mangkuk untuk wadah masakannya. Adapun bahan yang diperlukan adalah 500 gram udang yang sudah dikupas dan dibuang kepalanya, 1 buah jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis udang, mentega, dan minyak goreng.

Bahan yang diperlukan untuk membuat bumbu juga tidak terlalu banyak. Bahan-bahan tersebut adalah satu sendok teh garam dan gula dan seperempat sendok teh lada bubuk. Siapkan juga 3 siung bawang merah dan bawang putih, jahe, 2 lembar daun bawang, dan penyedap rasa.

  1. Cincang dan Haluskan Bahan

Bahan yang perlu dicincang dan dihaluskan adalah bawang merah, bawah putih, daun bawang dan jahe. Bawang merah dan bawang putih dicincang halus sedangkan daun bawang dicincang kasar. Kemudian jahe dimemarkan saja, jangan terlalu halus.

  1. Cuci dan Bersihkan Bahan

Cuci dan bersihkan semua bahan yang akan digunakan tak terkecuali. Hal tersebut wajib dilakukan agar masakan yang Anda buat terhindar dari kuman dan bakteri yang mungkin menempel di bahan-bahan.

Akan tetapi, sebelum Anda mencuci udang, campurkan terlebih dulu dengan jeruk nipis dan diamkan selama 15 menit. Hal tersebut agar bau amis dari udang tidak terlalu menyengat. Baru setelah itu, udang dapat dicuci dan dibersihkan supaya tidak ada bakteri yang mungkin menimbulkan penyakit.

  1. Tumis Bumbu Hingga Harum dan Masak Udangnya

Setelah semua bahan dicuci bersih, tumislah bahan untuk bumbu di dalam wajan yang telah diberi minyak dan lelehan mentega secukupnya. Jika aroma harum dari bumbu keluar, masukan udang yang tadi telah dicampur dengan jeruk nipis sedikit demi sedikit.

Tambahkan penyedap rasa atau garam, lada bubuk, dan gula sesuai selera. Aduk secara merata agar rasanya menyerap sempurna ke dalam udang. Tunggu dan aduk terus hingga udang matang berwarna orange. Jangan lupa untuk mencicipi rasa dari bumbunya, bila dirasa ada yang kurang, tambahkanlah penyedap rasa, garam, lada bubuk atau gula secukupnya.

  1. Angkat dan Sajikan

Setelah udang matang dan rasanya dari bumbunya sudah pas. Angkat udang goreng mentega tersebut dari wajan. Kemudian taruhlah di mangkuk yang telah Anda sediakan sebelumnya. Masakan pun siap disantap. Lebih nikmat jika dimakan dengan nasi.

Itulah cara mudah dalam membuat udang goreng mentega yang bisa Anda coba buat sendiri di rumah. Masakan yang mudah diikuti tahapannya ini sangat cocok untuk menu makan siang Anda. Apalagi jika dimakan dengan tambahan nasi hangat dan kerupuk, rasanya pasti akan lebih nikmat! Jadi, bagi Anda yang ingin bereksperimen memasak udang, coba resep di atas saja, pasti lezat dan disukai keluarga di rumah.

 

 

By sartika