Thu. Mar 4th, 2021
cara mengatasi sakit kepala

Foto : pixabay

Sakit kepala memang masalah ringan dan sering terjadi, terlebih lagi saat sedang bekerja. Walau terbilang ringan dan bisa hilang sendiri hanya dengan beristirahat, akan tetapi sakit kepala bisa membuat mood seseorang hilang seketika.

Hal ini juga banyak membuat orang untuk melakukan sesuatu untuk meredakanya seperti bersantai sejenak dengan ngopi dan merokok atau keluar ruangan sambil melihat pemandangan segar.

Namun kamu tak perlu khawatir pasanya ada banyak cara untuk meredakan sakit kepala saat sedang melanda. Penasaran? Simak dibawah ini beberapa cara untuk meredakan sakit kepala secara alami.

1. Akar Jahe

Jahe adalah tanaman rempah herbal yang bisa menjadi obat rumahan untuk meredakan sakit kepal. Jahe juga dapat membantu mengurangi efek peradangan pembuluh darah di kepala, sehingga mampu mengurangi dari rasa sakit saat timbul.

Disisi lain jahe juga baik untuk pencernaan, karena membantu meredakan mual perut yang terjadi selama sakit kepala menyerang. Kamu bisa mencobanya sendiri dengan cara mencampurkan akar jahe dan lemon yang kemudian direbus, dan setelah itu dikonsumsi.

2. Peppermint

Peppermint mempunyai aromanya yang menyegarkan, tanaman peppermint dapat membantu melebarkan dan melenturkan pembuluh darah yang tersumbat, salah satu penyebab sakit kepala. Ini dikarenakan peppermint mengandung mentol yang dapat mengatur aliran darah keseleuruh tubuh.

Cukup hirup aroma rebusan daun peppermint dengan tenang di ruangan yang sejuk dan santai. Atau kamu juga bisa mencampurkan dengan beberapa tetes minyak peppermint ke dalam satu sendok makan minyak almond, yang kemudian kamu oleskan sambil dipijat pada area pilipis kamu.

3. Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah-rempah herbal ajaib yang diketahui sebagai salah satu obat herbal dalam meredakan sakit kepala.

Cara menggunakanya cukup giling beberapa rempah kayu manis menjadi bubuk halus, lalu tambahkan dengan sedikir air guna membuatnya menjadi adonan pasta.

Kemudian oleskan pasta tersebut ke area dahi dan bagian pelipis kamu, setelah itu istirahat sejenak selama 30 menit. Dan bersihkan kembali menggunakan air hangat.

4. Menggunakan Air Es

Cara selanjutnya meredakan sakit kepala ialah menggunakan air es, menerapkan kompres es ke area belakang leher kepala diketahui dapat meredakan sakit kepala dab migrain, karena rasa dingin yang ditimbulkan dari es dapat membantu mengurangi efek peradangan yang menimbulkan rasa sakit kepala.

5. Merendam Kaki

Tahu kah kamu bahawa merendam kaki menggunakan air hangat diketahui dapat membantu menghilangkan sakit kepala yang sedang melanda.

Nah itulah beberapa cara untuk meredakan sakit kepala yang sedang melanda. Tertarik untuk mencoba?

Sumber https://www.healty99.com

By laurel