Sun. Oct 2nd, 2022
Cara Mengurus Permit di Indonesia

Bagi tenaga kerja, umumnya dalam bekerja di perusahaan lain dibutuhkan pembuatan surat permit. Surat permit sendiri merupakan surat izin kerja yang berkaitan dengan K3LH. Kamu yang bekerja di wilayah NKRI penting untuk mengetahui cara mengurus permit di Indonesia.

Cara Mengurus Permit di Indonesia dengan Mudah

Surat permit biasanya bisa kamu dapatkan melalui atasan kamu ketika bekerja. Bisa melalui supervisor, mandor, pengawas ataupun pekerja lainnya. adapun isi permit sendiri harus ditulis sejelas-jelasnya. Untuk lebih jelasnya, simak cara mengurus permit di Indonesia berikut ini.

Syarat Pengajuan Surat Permit

Pengurusan surat permit bagi para tenaga kerja harus memenuhi persyaratan administasi. Dimana kamu perlu melampirkan berkas-berkas penting di tempat kerjamu. Apa saja dokumen yang dipersyaratkan, simak poin-poinnya berikut ini.

  1. Pendidikan yang kamu tempuh telah memenuhi posisi serta syarat pekerjaan yang telah ditetapkan.
  2. Kamu memiliki sertifikat atas kompetensi, adanya pengalaman kerja sesuai dengan posisi jabatan yang dibuka.
  3. Membuat surat penyataan pelatihan atas keahlian relevan yang pernah diikuti.
  4. Menunjukkan bukti keikutsertaan jaminan asuransi di negara Indonesia.
  5. Memiliki NPWP.

Cara Mengurus Surat Permit

Untuk mendapatkan surat permit kerja, kamu harus melalui beberapa tahapan yang harus dilalui dengan runtut. Berikut ini tahapan cara mengurus permit di Indonesia yang dirangkum secara umum.

  1. Perusahaan tempat kamu bekerja telah mendapatkan acc proposal RPTKA yang diberikan oleh Kementerian Tenaga Kerja Indonesia.
  2. Perusahaan tempat kamu bekerja wajib melewati masa izin pra-kerja. Lalu harus mengetahui pula berapa lama kamu bisa tinggal serta bekerja di wilayah Indonesia.
  3. Adanya biaya di muka yang dibayarkan kepada DKP TKA sebesar $100 per bulannya.
  4. Jika telah mendapatkan izin IMTA/izin kerja, maka kamu sudah bisa bekerja secara resmi di lingkungan NKRI.
  5. Izin IMTA yang kamu miliki bisa dijadikan pendukung untuk mendapatkan VITAS dari lembaga pengurus imigrasi.
  6. Setelah sampai di Indonesia, kamu juga perlu mengubah VITAS menjadi KITAS.

Itulah pembahasan tentang cara mengurus permit di Indonesia dengan mudah. Walaupun prosesnya cukup panjang, namun pengurusan permit di Indonesia bisa dikatakan lebih simple. Hanya saja kamu masih perlu bersabar hingga perusahaanmu berhasil mengeluarkan permitmu.

By arief