Thu. Feb 9th, 2023

 

Cara mengusir semut dari rumah

Semut bisa menjadi gangguan di rumah, apalagi jika sudah merambah makanan yang kita simpan di meja. Semut juga dapat menyebabkan banyak kerusakan. Sangat tidak higienis jika banyak semut di dalam rumah Anda. Beberapa jenis semut bahkan dapat menggigit manusia. Semut tukang kayu, di sisi lain diketahui bisa merusak bahan bangunan. Semut di dalam rumah tentu akan mengotori makanan. Mereka membawa bakteri yang dapat mereka pindahkan ke makanan atau luka terbuka. Semut memiliki keluarga yang beragam. Kita semua tidak suka saat semut memasuki rumah kita. 

 

Celah dan retakan rumah dapat menjadi sarang semut. Karena itu jika Anda menemukan celah atau retakan, segeralah tutup. Anda bisa renovasi rumah Anda sekalian dengan menggunakan Jasa kontraktor bangunan Jogjakarta atau bisa Anda lakukan sendiri jika Anda bisa.

 

Di luar renovasi, ada beberapa cara yang mungkin bisa membantu untuk mengusir semut; salah satunya adalah menjaga rumah Anda benar-benar bersih. Yang Anda perlukan sekarang adalah memastikan tidak ada semut di rumah Anda. Berikut cara membasmi semut di rumah. 

 

1. Kapur

Salah satu pengobatan rumahan untuk menghilangkan semut adalah dengan menggunakan kapur. Kapur mengandung kalsium karbonat yang membantu mengusir semut. Semprotkan kapur bubuk di area yang menjadi titik masuk semut atau buat garis kapur di pintu masuk. Untuk mengusir semut di rumah Anda, buatlah garis kapur agar serangga ini tidak masuk. Meskipun tidak jelas mengapa garis ini bisa menghentikan semut masuk, tetapi ini pasti efektif. Pastikan Anda membuat garis dengan cara yang jauh dari jangkauan anak mana pun di rumah. 

 

2. Lemon Peras 

Tempatkan kulit lemon di tempat yang dimasuki semut. Anda juga bisa mencuci lantai dengan air yang ditambahkan sedikit jus lemon. Semut ternyata tidak menyukai bau sari lemon sehingga mereka akan menjauh. Apa pun yang asam dan pahit dapat menjauhkan semut, tetapi gula apa pun adalah sahabat terbaik semut. Jadi pastikan Anda tidak menyimpan sesuatu yang manis yang dapat menarik semut dengan cara tertentu. Jaga agar tempat cuci piring Anda benar-benar bersih dan letakkan kulit lemon di sana.

 

3. Jeruk

Jeruk sama dengan lemon, mereka bisa menjauhkan semut dari mengunjungi rumah Anda. Buatlah pasta dari satu cangkir air hangat dan beberapa kulit jeruk yang akan membantu menyingkirkan semut. Sebarkan pasta ini di sekitar titik masuk semut dan bersihkan setelahnya. Anda juga bisa meletakkan kulit jeruk di atas lempengan dapur atau di mana pun menurut Anda semut-semut ini bisa masuk. Ini bertindak sebagai pencegah alami bagi semut yang mungkin tidak hanya menjauhkan mereka tetapi juga bisa mengusir mereka. Jadi, manfaatkan kulit jeruk dan pastikan tidak ada semut yang mengunjungi rumah Anda lagi. 

 

4. Lada

Semut sangat menyukai gula tetapi mereka membenci lada. Taburkan lada di area tempat semut memasuki rumah Anda. Ini akan membantu menyingkirkan semut. Cabai rawit atau lada hitam sangat dibenci semut. Anda juga bisa membuat larutan merica dan air dan menyemprotkannya di dekat area masuk. Lada tidak akan membunuh semut tetapi pasti menghalangi mereka untuk kembali ke rumah Anda. Pastikan Anda membersihkan area tempat Anda ingin menyemprotkan larutan merica. 

 

5. Garam

Menyebarkan garam  di dekat celah dan sudut tempat semut memasuki rumah akan membantu menjauhkan semut. Garam meja adalah salah satu cara terbaik dan termurah untuk membasmi semut secara alami. Gunakan garam meja biasa bukan garam batu penambah kesehatan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah merebus air dan menambahkan garam dalam jumlah besar ke dalamnya, aduk hingga larut. Tuangkan ke dalam botol semprot dan semprotkan di tempat yang menurut Anda cenderung dimasuki semut. 

 

6. Cuka Putih

Semut tidak tahan dengan bau cuka putih. Siapkan larutan air dan cuka putih dalam jumlah yang sama. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalamnya dan kocok dengan baik. Simpan larutan ini dan taburkan di tempat masuknya semut. Ulangi ini sekali sehari. Sekali lagi, solusi ini mungkin tidak membunuh semut, tetapi pasti menjauhkan mereka dari memasuki zona larangan masuk. Semprotkan di sekitar ambang jendela, pintu, dan tempat lain di mana Anda biasanya melihat semut datang.

 

7. Kayu manis

Letakkan kayu manis dan cengkeh di pintu masuk rumah dan area yang menurut Anda bisa dimasuki semut. Ini cara yang bagus untuk juga menjaga rumah Anda tetap segar dan bersahaja. Kayu manis sering dianggap sebagai opsi pengendalian semut yang efektif. Dipercayai bahwa kayu manis bertindak sebagai penolak alami karena semut tidak tahan dengan bau yang kuat. Untuk hasil yang lebih efektif, Anda bisa menambahkan sedikit minyak esensial ke dalam bubuk kayu manis agar berbau lebih kuat dan menjauhkan semut. 

 

8. Pepermin

Peppermint adalah pengusir serangga yang dapat membantu Anda menyingkirkan semut. Semut tidak menyukai bau peppermint dan cenderung menghindari area yang mengandung jejak peppermint. Peppermint memiliki aroma yang kuat yang tidak dapat ditoleransi oleh semut, yang membuat mereka tidak dapat masuk ke dalam rumah. Siapkan campuran 10 tetes minyak esensial peppermint dan secangkir air dan taburkan di mana pun Anda menemukan semut. Ulangi ini dua kali sehari. Anda bahkan bisa menaburkan peppermint kering sebagai pengganti campuran cair.

 

Demikian tips kali ini semoga bermanfaat.

By roket