Tue. Dec 6th, 2022

Sampai saat ini, kanal berita pendidikan nasional terkini tak ada hentinya membahas tentang Ki Hajar Dewantara. Tokoh yang dijuluki sebagai “Bapak Pendidikan Indonesia” ini selalu dibahas di kanal berita pendidikan nasional terkini karena jasa-jasanya yang sangat besar dalam memperjuangkan pendidikan di Indonesia. Berikut telah kami rangkum biografi singkat Ki Hajar Dewantara di bawah ini.

 

Berita Pendidikan Nasional Terkini mengenai Biografi Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara merupakan seorang keturunan bangsawan Jawa yang memiliki nama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat. Semasa hidupnya, Ia sangat aktif memperjuangkan pendidikan di Indonesia, terutama bagi kaum pribumi. Pada masa itu, Indonesia masih dijajah oleh Belanda. Pemerintah kolonial Belanda menerapkan aturan pendidikan yang sangat diskriminatif bagi kaum pribumi di Indonesia, sehingga pada masa itu pendidikan yang layak bagi kaum pribumi sangat terbatas.

Oleh karena itu, Ki Hajar Dewantara terus memperjuangkan kesetaraan pendidikan bagi kaum pribumi dengan mendirikan perguruan Taman Siswa. Selain itu, Ki Hajar Dewantara juga sempat mengemukakan semboyan pendidikan yang sangat dikenal hingga saat ini, yaitu “ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani” yang berarti “di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan”.

Jasa-jasanya di bidang pendidikan Indonesia tidak hanya berhenti di situ saja. Pada masa pemerintahan Soekarno, Ki Hajar Dewantara juga sempat ditunjuk sebagai menteri pendidikan pertama. Selama masa jabatannya, beliau secara aktif menetapkan dasar-dasar aturan pendidikan formal di Indonesia yang terus berkembang hingga saat ini.

Pada tanggal 26 April 1959, Ki Hajar Dewantara menghembuskan nafas terakhirnya di Yogyakarta. Untuk menghargai jasa-jasanya, setiap tahun pada hari kelahirannya (tanggal 2 Mei) ditetapkan sebagai hari pendidikan nasional.

 

Kesimpulan

Demikianlah tadi berita pendidikan nasional terkini mengenai biografi Ki Hajar Dewantara. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa jasa-jasa Ki Hajar Dewantara sangat besar dalam memperjuangkan kesetaraan pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, di era sekarang ini kita tetap harus melanjutkan perjuangannya dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan berita pendidikan nasional terkini lainnya yang tak kalah menarik, Anda bisa dengan mudah mengaksesnya di situs terbaik seperti https://www.depoedu.com/. Dengan mengakses situs ini, Anda bisa mendapatkan ragam informasi dan berita pendidikan nasional terkini yang lengkap dan akurat hanya melalui satu situs saja.

By roket