Mon. Oct 3rd, 2022

Kalau kamu adalah seorang editor video maka kehadiran aplikasi edit video adalah hal yang kerap kamu temukan di kehidupan sehari hari. Kini kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kehadiran para youtuber yang membagikan video terbaru mereka hampir setiap hari.

Video yang kamu tonton merupakan hasil video yang sudah melalui proses editing oleh para editor. Proses editing tersebut tentu saja memerlukan berbagai tahapan dan alat tempur tentunya. Salah satu alat tempur yang dipakai adalah sebuah aplikasi untuk mengedit video yang akan menghasilkan hasil akhir video layak tonton.

Umumnya para konten creator akan mempekerjakan para editor untuk bagian editing video sebab tidak semua konten creator yang juga ahli dalam mengedit video. Kalau kamu juga adalah seorang pemula yang ingin terjun dalam dunia edit video maka tentu kamu akan sangat akrab dengan aplikasi edit video.

Aplikasi Edit Video yang dapat diunduh

Ada beberapa daftar aplikasi yang dapat mengedit video dan bisa kamu unduh secara gratis di laptop kamu. Kalau kamu seorang pemula, maka aplikasi yang gratis akan sangat membantu kamu dalam belajar dan mengasah skill. Tentu saja kamu harus melihat tutorialnya secara lengkap di youtube.

Adapun daftar aplikasi tersebut yaitu Adobe Premiere pro, AVS Video Editor, VirtualDub, Sony Vegas Pro, Corel Video studio, Windows Movie Maker, Avidemux, Pinnacle Studio, Camtasia, Kate’s Video Toolkit, VSDC Free Video Editor, OpenShot, dan Invideo.

Semua aplikasi tersebut bisa kamu unduh secara gratis di google atau playstore. Kamu cukup memasukkan keyword dengan nama aplikasi yang sudah tertera dan aplikasi yang kamu inginkan akan muncul di layar laptop kamu. Pilih unduh lalu aplikasi tersebut akan secara otomatis terpasang di laptop kamu.

Menggunakan Aplikasi Edit Video

Ketika kamu mulai belajar edit video menggunakan aplikasi khusus mengedit video, maka kamu harus memperhatikan banyak hal. Hal pertama yang paling penting setelah kamu mendownload salah satu dari aplikasi edit video yaitu dengan memahami istilah yang ada dalam menu dan alat aplikasi.

Setelah kamu mengerti maka selanjutnya adalah kamu harus memperhatikan bagian bagian dari video yang harus diingat. Pertama yaitu memainkan warna video. Warna akan menjadi elemen penting ketika kamu mengedit video apalagi kalau digunakan sebagai konten. Penikmat video kamu akan merasa kamu memiliki ciri khas tersendiri.

Kemudian memperhatikan noise yang ada. Jangan sampai saat orang menonton video kamu yang terdengar adalah suara bising tidak diinginkan. Usahakan ketika mengedit kamu menggunakan earphone atau headset supaya kamu dapat mendengar apakah terdapat suara sumbang yang tidak seharusnya ada.

Belajar edit video menggunakan aplikasi bisa kamu pelajari lebih lengkap dengan membaca buku panduan, artikel di internet, atau video di youtube. Kalau kamu bersungguh sungguh maka kamu pasti bisa cepat memahami mengenai aplikasi edit video dan menghasilkan kualitas video yang baik.