Asuransi Terbaik di Indonesia: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Asuransi Jiwa

Asuransi memiliki banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika memilikinya. Seperti ketika memiliki asuransi jiwa, maka bisa membantu meminimalisir dampak kerugian finansial yang timbul akibat mengalami suatu resiko di masa mendatang. Bagi yang sudah berkeluarga, asuransi jiwa menjadi pilihan perlindungan yang tepat. Karena asuransi jiwa bisa menjadi pengganti penghasilan keluarga jika tertanggung yang berperan sebagai tulang punggung keluarga mengalami resiko meninggal dunia. Untuk mendapatkan produk asuransi jiwa ini, Anda bisa membelinya dari perusahaan asuransi terbaik di Indonesia.

 

Asuransi jiwa selain bisa digunakan sebagai pengganti penghasilan saat tertanggung meninggal dunia, juga memiliki banyak manfaat lainnya. Mulai dari untuk investasi, melindungi ahli waris, memberikan perasaan aman dan tenang, membantu mengelola keuangan secara tepat, untuk melunasi hutang, dan masih banyak lagi. Sehingga menjadi keputusan yang tepat jika Anda ingin memilikinya saat ini. Namun dalam membeli asuransi jiwa, sebaiknya perhatikan hal berikut terlebih dahulu agar nantinya Anda bisa mendapatkan produk asuransi jiwa yang memang tepat, yaitu:

 

1. Pahami alasan kenapa mengajukan permohonan asuransi jiwa.

Memiliki asuransi jiwa dimaksudkan agar setelah kematian pasangan atau orang tua, keluarga yang ditinggalkan tetap aman secara finansial. Selain itu juga bisa memberikan ketenangan bagi pemegang polis. Tidak cukup sampai disitu saja, asuransi jiwa juga bisa digunakan untuk membantu membayar cicilan rumah, biaya pendidikan, biaya pensiun, dll. Itulah sebabnya kenapa asuransi jiwa sangat penting dimiliki oleh keluarga, terutama yang memiliki sumber penghasilan tunggal. Nah, dalam membeli asuransi jiwa, sebaiknya ketahui terlebih dahulu alasan apakah yang melatarbelakangi Anda harus memiliki asuransi jiwa.

 

2. Tentukan jumlah cakupan biaya yang diperlukan.

Ketika membeli asuransi jiwa, sebaiknya pastikan uang pertanggungan yang didapatkan bisa mencukupi sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengetahuinya, bisa dengan melakukan estimasi kasar dengan mengkalikan delapan gaji tahunan Anda. Cara lainnya yaitu dengan mengkalikan pendapatan tahunan dengan banyak jumlah tahun yang tersisa sebelum masa pensiun dimulai. Perhitungan atau estimasi kasar ini hanya untuk sekedar bayangan saja. Akan lebih baik jika berkonsultasi dengan agen asuransi profesional dalam hal ini agar bisa menentukan besaran uang pertanggungan yang tepat.

 

3. Menentukan polis yang tepat.

Dalam membeli asuransi jiwa, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis polis asuransi yang terbaik sesuai dengan kebutuhan. Polis merupakan kontrak antara pihak asuransi dengan pihak pemohon. Pihak asuransi akan mengumpulkan premi dari pemegang polis dan membayarkan klaim setelah kematian dari pemegang polis ini. Ada dua jenis polis asuransi, yaitu term life atau asuransi berjangka dan asuransi jiwa permanen. Sebaiknya ketahui perbedaan antara kedua jenis polis asuransi jiwa ini agar bisa menentukan produk mana yang tepat dimiliki.

 

4. Pilih perusahaan asuransi terbaik di Indonesia yang terpercaya.

Ada banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang menawarkan produk asuransi jiwa untuk memenuhi kebutuhan Anda. Sebaiknya beli asuransi dari perusahaan yang sudah terpercaya, yaitu yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain itu, sebaiknya kumpulkan banyak informasi terkait perusahaan asuransi yang bersangkutan untuk mengetahui rekam jejaknya. Sehingga Anda bisa mengetahui bagaimana layanannya, klaim asuransi dipermudah ataukah dipersulit, dlsb.

 

Itu tadi sedikit tips mengenai hal-hal apa sajakah yang perlu dilakukan ketika membeli asuransi jiwa. Bagi Anda yang sedang mencari produk asuransi jiwa dari perusahaan asuransi terbaik di Indonesia, maka bisa mempertimbangkan produk Flexi Life dari asuransi Astra I Love Life. Produk Flexi Life memungkinkan Anda untuk lebih fleksibel dalam menentukan besaran premi dan uang pertanggungan. Sehingga dengan produk ini bisa menyesuaikan dengan kebutuhan seiring dengan perubahan tahapan kehidupan Anda. Untuk lebih jelasnya mengenai produk Flexi Life, segera kunjungi website resminya.