Thu. Feb 9th, 2023

Satu Viral – Guru pun berharap adanya suatu aplikasi yang efisien untuk guru mempersiapkan segala keperluan mengajar, dan di dapatilah dua poin yang disederhanakan berdasarkan media pembelajaran dengan mobile technology, yaitu: 

Video 

            Video adalah media yang menghasilkan gambar dan suara dalam waktu bersamaan (Yunita, D., & Astuti, W., 2017). Hasil video pelaksanaan pembelajaran yang dimaksud adalah rekaman situasi kongkit pada proses pembelajaran berlangsung melalui aplikasi mobile learning. Aplikasi mobile learning dapat di akses dimanapun, kapanpun dengan mudah tanpa dibatasi ruang dan waktu atau siapapun bisa mengakses. Berbagai aplikasi mobile learning lebih mudah di akses karena di indonesia sendiri jumlah pengguna aktif handphone lebih dari 100 juta orang (Wahyudi, Ade. 2015). Selain itu, banyak hal positif juga yang didapat dari penggunaan mobile technology berbentuk video. 

          Pada video pelaksanaan pembelajaran STEM diambil gambar agar tidak shaking, pengeditan video agar dilakukan tidak jumping saat pengeditan dari satu frame ke frame yang lain, dan dalam video harus disertai dengan langkah langkah yang sudah tertera di dalam RPP agar pengguna tidak bingung ketika menonton video. Karena video pelaksanaan ini berguna bagi guru dalam referensi pelaksanaan pembelajaran STEM sebagaimana yang dikemukakan (Seidel, Tina, Geraldine, B., & Alexander, R. 2013) pada pengamatan video dapat membantu guru untuk menghubungkan pembelajaran STEM dengan praktik yang nantinya akan dilaksanakan di kelas. Penayangan video tersebut dirasa efektif karena mampu menampilkan secara visual apa yang guru atau calon guru pelajari sewaktu pelatihan atau perkuliahan. Kegiatan melihat dan mendengar media video memiliki proses pengindraan terbanyak jika disamakan terhadap media lain (Syaparuddin & Elihami, 2020). Ditambah lagi Rahardjo (2019) mengemukakan bahwa ponsel android merupakan perangkat yang paling banyak digunakan untuk kegiatan mobile learning karena penggunaannya murah dan mudah untuk digunakan. 

Dalam isian aplikasi mobile learning yang dinamakan “STEMPedia” memiliki komponen yang memang bisa membantu guru untuk pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Video pelaksanaan pembelajaran memuat langkah-langkah yang nyata yang sesuai dengan langkah yang tertera di rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dengan demikian, guru tidak akan bingung dan tidak mengalami kesulitan ketika melaksanakan pembelajaran STEM di sekolah sebab video pelaksanaan pembelajaran dalam aplikasi mobile learning ini dapat memberi para guru kesempatan untuk berlatih dan belajar secara mendalam dimanapun.

By roket