Sat. Oct 1st, 2022

Banyak yang menanyakan apakah itu non-fungible token (NFT)?

Token non-fungible atau NFT pertama kalinya dikenalkan di tahun 2017. Tidak seperti token kripto biasa, NFT sebagai wakil aset digital unik yang tidak bisa direplikasi. Cryptocurrency apa saja pada intinya ialah token, baik itu Bitcoin atau Ether atau yang lain. Token ini bisa dipertukarkan karena bisa diperjualbelikan keduanya, dan nilainya masih tetap stabil. Karena itu, Anda bisa secara mudah mengganti satu Bitcoin dengan Bitcoin yang lain. Tapi ini tidak berperan dengan token yang tidak bisa dipertukarkan, yang tampilkan hak atas aset unik dari macamnya. Pada intinya, NFT ialah token untuk sebuah aset.

Misalkan, Anda bisa mendigitalkan hak atas sebuah kreasi seni dan memiliki token sebagai bukti kepemilikan. Hanya ada satu token yang berkaitan dengan aset Anda dan Anda tidak bisa mendapati persamaan yang serupa dengannya. Bahkan juga bila Anda mengganti token Anda dengan object seni dengan token yang lain sebagai wakil object seni, mereka berbeda atau sama dengan. Sama dengan aset dunia riil, NFT yang mewakili aset digital juga unik.


Non-Fungible Token (NFT) yang dipertukarkan mempunyai beberapa karakter khusus, mencakup:

  1. Keunikan. Tiap token NFT berisi kelompok data unik dan sebagai wakil aset unik  tidak bisa dipisah. 
  2. Indivisibilitas, Anda tidak bisa membagikan NFT jadi denominasi yang lebih kecil, tidak seperti token yang sebanding seperti Bitcoin contohnya
  3. Orisinalitas. Karena NFT disokong oleh blockchain, lumayan gampang untuk mencari legalitas token Anda dan pemiliknya karena property blockchain seperti keterlacakan dan kekekalan.

Selain itu, NFT tidak bisa langsung diperjualbelikan dipasar umum atau semacamnya namum Anda bisa beli dan jual NFT di pasar khusus kripto.

Keuntungan khusus NFT ialah keunikannya, yang memungkinkannya kita untuk mengaplikasikannya ke object apa saja di dunia riil, tanpa resiko penipuan. Seperti yang kita pahami, semua data yang direkam di blockchain masih tetap berada di sana. Maka bagi sebagian orang, NFT ialah kesempatan untuk memperdagangkan aset dunia riil di bursa digital.

Awal mula penggunaan NFT dikaitkan dengan gaming. Game seperti CryptoKitties dan Blockchain Cuties telah memungkinkan pengguna untuk membuat item langka, dan memonetisasinya. Dalam game Gods Unchained, pengguna dapat mengumpulkan dan menjual kartu unik. Dalam contoh-contoh ini, blockchain terlihat seperti alat yang menarik untuk menjaga ekonomi online dunia virtual, tetapi secara bertahap model ini mulai diterapkan di dunia nyata. Token yang tidak dapat dipertukarkan sangat bagus untuk tokenisasi aset nyata. Tokenisasi membantu meningkatkan likuiditas aset di berbagai bidang seperti real estat, seni, barang koleksi, dan lainnya.

Berikut kegunaan NFT selain sebagai token barang koleksi dan games:

  • Karya Seni – NFT sudah buka kesempatan baru untuk pasar seni. Token memungkinkannya perpindahan hak atas object seni berbentuk digital, yang memungkinkannya untuk mendapatkan uang dari pemakaian beberapa objek ini di ruangan digital. Blockchain memungkinkannya Anda untuk mencari siapakah yang sebetulnya mempunyai object seni dan membuat perlindungan hak-hak penulis. Anda dapat mendapati basis untuk mengeluarkan seni digital seperti OpenSea, Rarible, dan lain-lain.
  • Identitas – NFT dapat dipakai untuk identitas digital karena memungkinkannya karakter unik dari tiap token. Dengan kontribusi token yang tidak bisa dipertukarkan, kami bisa mendigitalkan kualifikasi akademis, kisah klinis, dan info unik yang lain. Ini akan memberikan pemakai kontrol penuh atas pemakaian data mereka.
  • Nama domain – NFT ialah alat yang efisien untuk service nama domain terdesentralisasi. Token saat ini bisa mengonfirmasi pemilikan domain kripto tertentu, seperti name.eth atau token.crypto.

Meningkatnya ketertarikan pada NFT menggerakkan pertumbuhan pemakaian baru untuk token ini. Dan hal jika trend ini terus meningkat, maka kedepannya harga-harga aset digital di NFT tentu juga akan terkerek naik. Dan tentu saja hal itu dipandang sebagai peluang bagi para pelaku NFT dan aset digital lainnya.
https://buzztrend.id/apa-itu-nft/

By arifnur