Tue. Dec 6th, 2022

AC 1 PK mungkin paling umum dicari untuk memenuhi kebutuhan rumah. Namun sebenarnya AC ini cocok untuk ruangan berukuran berapa? Setiap jenis AC tentunya memiliki ukuran ruangan idealnya masing-masing agar AC mampu bekerja dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal.

AC atau Air Conditioner sendiri merupakan salah satu alat elektronik yang memiliki fungsi untuk mengalirkan udara dingin sehingga nantinya ruangan yang ditempatkan AC akan terasa dingin dan sejuk. Keberadaannya tentu akan sangat membantu apalagi pada daerah yang memiliki cuaca panas.

AC 1 PK Cocok untuk Ruangan Ukuran Berapa?

AC memiliki banyak jenis yang masing-masingnya juga memiliki kemampuan yang berbeda dalam mendinginkan ruangan. Jenis AC tersebut juga bisa dilihat dari PK-nya yang merupakan satuan data pada kompresor AC. PK sendiri merupakan singkatan dari Paard Kracht yang dalam Bahasa Belanda berarti tenaga kuda atau horse power.

AC memiliki beberapa PK seperti 1/2, 1 dan 2. PK juga bisa dikonversi ke BTU, yaitu satuan kapasitas yang menunjukkan kecepatan AC untuk mendinginkan ruangan dalam hitungan jam. Misalnya yaitu 1/2 PK setara dengan 5.000 BTU/jam, 1 PK setara dengan 9.000 BTU/jam, 2 PK setara dengan 18.000 BTU/jam. Semakin tinggi PK maka kemampuannya dalam mendinginkan ruangan juga semakin besar.

Mungkin Anda jadi bertanya-tanya jika AC yang memiliki 1 PK cocok untuk ruangan berukuran berapa. Sebenarnya AC dengan PK 1 idealnya bisa dipasang pada ruangan yang memiliki ukuran luas 18 meter persegi. Misalnya yaitu ruangan dengan panjang 3 x 6 meter atau 4 x 4,5 meter. Untuk rumah standar di Indonesia ruangan dengan ukuran tersebut biasanya bisa digunakan untuk ruang tamu.

Bahkan pada rumah model minimalis modern ruangan tersebut bisa menjadi ruang tamu sekaligus ruang makan keluarga. Jadi jika ruangan yang hendak dipasangi AC memiliki ukuran luas 18 meter persegi maka Anda bisa memasang AC dengan 1 PK. Jika luas ruangan lebih kecil maka Anda bisa memasang AC dengan PK yang lebih kecil pula contohnya 1/2 PK. Begitu pula jika ruangan luasnya lebih besar maka Anda bisa memasang AC dengan PK 2.

Jangan sampai Anda salah memasang AC, misal AC 1 PK nya lebih kecil daripada kebutuhan ruangan maupun lebih besar daripada ruangannya. Jika PK terlalu kecil maka AC akan sulit mencapai suhu yang diinginkan, komponennya pun akan bekerja terus menerus. Jika PK terlalu besar maka ruangan memang akan lebih cepat dingin, namun dibutuhkan daya listrik yang lebih besar.

By roket